2 Cara Menggunakan Dua Akun WA dalam Satu HP Android

0
200

cara menggunakan dua wa dalam satu hp

Aplikasi WhatsApp atau WA memang sudah menjadi aplikasi wajib yang pasti ada pada sebagian besar Smartphone. Aplikasi ini merupakan yang paling banyak digunakan untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan secara online. Bahkan, tidak hanya satu akun, ada juga yang menggunakan dua akun WA dalam satu HP Android.

Berbagai aktivitas komunikasi dalam beragam urusan sekarang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Misalnya saja chating, melakukan panggilan suara, maupun video call dilakukan melalui aplikasi WA, entah itu untuk urusan pribadi maupun bisnis.

Karena tidak ingin mencampur percakapan dalam satu akun WhatsApp untuk urusan yang berbeda, maka kadang kala dibutuhkan dua akun WA yang terpisah. Biasanya ini diperlukan untuk memisahkan akun WA untuk bisnis dan pribadi. Sebenarnya anda juga bisa menggunakan dua Smartphone. Namun, cara tersebut tidak efektif karena harus membawa dua HP kemana-mana. Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah menggunakan 2 akun WA dalam 1 HP Android.

Cara Menggunakan Dua Akun WA di Dalam Satu HP / Smartphone

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda memerlukan dua buah akun WhatsApp yang berbeda, maka anda tidak perlu menggunakan dua buah HP. Anda hanya perlu membuat dua akun WA agar bisa digunakan dalam satu HP. Jadi, meskipun anda hanya menggunakan satu HP, anda tetap dapat memisahkan dua akun WA yang berbeda.

Untuk menggunakan dua akun WA dalam satu HP ada beberapa cara yang bisa anda lakukan pada Ponsel Android. Anda bisa menggunakan fitur bawaan yang memang sudah disediakan oleh Smartphone Android tersebut. Namun, jika tidak tersedia fitur bawaan untuk menggunakan dua aplikasi sosial media pada HP yang anda gunakan, maka anda harus menginstall aplikasi tambahan.

1. Cara Pakai 2 Akun WhatsApp di 1 HP Menggunakan Dual Messenger

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika ingin menggunakan dua akun WA dalam satu HP adalah dengan Dual Messenger. Dual Messenger ini merupakan fitur bawaan Smartphone Android yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan dua akun sosial media dalam satu HP, termasuk akun WhatsApp.

Baca Juga :
2 Cara Sadap Whatsapp dan Mengatasi Whatsapp yang Tersadap

Tapi, tidak semua merk HP Android memiliki fitur ini, jadi silahkan anda cek ketersediaan fitur ini pada Smartphone Android yang digunakan. Salah satu merk HP yang memiliki fitur ini adalah Samsung yang sudah menggunakan OneUI.

Jadi, jika anda menggunakan Smartphone Samsung, maka anda bisa menggunakan dua akun WA tanpa harus install aplikasi tambahan. Sementara untuk merk HP Android yang lainnya, silahkan periksa ketersediaan fitur tersebut.

Untuk menggunakan dua akun WhatsApp dengan memanfaatkan fitur Dual Messenger ini, maka caranya sangat mudah. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Pengaturan di Smartphone Android yang anda gunakan. Kemudian, pada halaman pengaturan yang terbuka, silahkan ketuk Fitur lanjutan.

Pengaturan fitur lanjutan Android Samsung

Pada halaman selanjutnya yang terbuka, silahkan anda cari dan ketuk bagian Dual Messenger. Setelah itu anda cukup mengubah WhatsApp menjadi On agar bisa menggunakan dua akun WhatsApp pada HP yang digunakan.

Kemudian, pada pop-up untuk menginstall aplikasi WhatsApp kedua, silahkan ketuk Instal. Lalu, pada pop-up yang berisi ketentuan saat mengaktifkan aplikasi ganda tersebut, silahkan ketuk Konfirm.

Kloning aplikasi WhatsApp tanpa aplikasi tambahan

Selanjutnya, anda bisa memilih apakah ingin menggunakan daftar kontak yang terpisah atau tetap ingin menggunakan kontak yang sama dengan akun WA satunya. Jika anda ingin menggunakan daftar kontak yang sama, maka tidak usah mengaktifkan bagian ini dan langsung saja ketuk Berikutnya. Pada pop-up konfirmasi untuk menggunakan kontak reguler, silahkan ketuk Ya.

Cara menggunakan 2 akun WA di 1 HP

Setelah itu, Dual Messenger WhatsApp akan diaktifkan, jadi anda hanya perlu menunggu hingga fitur tersebut aktif. Jika sudah aktif, maka silahkan anda tutup pengaturan tersebut.

Selanjutnya, silahkan anda buka daftar aplikasi Android yang ada di HP anda. Pada daftar tersebut anda akan menemukan dua buah aplikasi WhatsApp, aplikasi kedua memiliki icon kloning berwarna orange di bagian bawah.

Baca Juga :
Cara Download dan Install WhatsApp Desktop di Windows 10 Terbaru

Cara masuk ke dua akun WhatsApp di 1 HP

Sekarang anda cukup membuka aplikasi WhatsApp yang kedua kemudian masuk menggunakan akun WhatsApp yang baru. Jika anda sudah masuk, maka kedua akun WhatsApp di HP anda tersebut akan aktif semua.

Dengan demikian, anda kini sudah bisa menggunakan dua akun WhatsApp tersebut secara bersamaan dalam satu HP. Jadi, anda sekarang bisa memisahkan akun WA untuk urusan pribadi dan untuk bisnis.

2. Cara Pakai 2 Akun WhatsApp di 1 HP dengan Aplikasi Parallel Space

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu HP adalah dengan menginstall aplikasi pihak ketiga. Cara ini bisa anda lakukan jika pada HP Android anda tidak memiliki fitur Dual Messenger ataupun fitur sejenisnya yang memungkinkan untuk mengkloning aplikasi sosmed.

Karena aplikasi yang akan digunakan adalah aplikasi umum, artinya anda bisa menggunakannya di Semua HP Android. Dengan demikian, anda bisa menggunakan cara ini jika ingin memakai dua akun WA di HP Android manapun.

Untuk melakukan cara ini juga tidaklah sulit, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda install aplikasi Parallel Space di Google Play Store terlebih dahulu. Jika sudah selesai terinstall, maka silahkan buka aplikasi tersebut untuk menggunakannya. Setelah anda membukanya, akan muncul informasi tentang ketentuan penggunaan aplikasi tersebut, silahkan ketuk Agree and continue untuk melanjutkan.

aplikasi parallel space untuk menggunakan dua akun WA di satu HP

Setelah itu, pada halaman selamat datang silahkan ketuk Lanjutkan. Kemudian, pada permintaan izin untuk mengakses panggilan telepon, lokasi dan media, silahkan ketuk Izinkan.

Selanjutnya, aplikasi ini akan melakukan persiapan agar anda bisa menggunakan dua akun sosial media seperti WhatsApp. Jika sudah siap, maka langsung saja ketuk tombol Mulai. Kemudian, pada halaman daftar aplikasi sosial media yang terinstall di HP anda, silahkan centang aplikasi WhatsApp. Jika anda sudah memilih aplikasi WhatsApp, silahkan ketuk Tambahkan ke Parallel Space.

Baca Juga :
3 Cara Menyimak Percakapan Grup WA Tanpa Ketahuan

Cara menggunakan dua akun WA di semua HP Android

Selanjutnya, jika muncul pop up yang meminta izin untuk mengumpulkan catatan anda, silahkan ketuk Tolak agar data anda tidak dikumpulkan. Setelah itu, silahkan ketuk icon aplikasi WhatsApp untuk membuka hasil kloning aplikasi WA.

Membuka aplikasi WhatsApp kedua

Kalau aplikasi WA hasil kloning tersebut sudah terbuka, maka silahkan masuk menggunakan akun WA seperti biasanya. Jika anda sudah masuk, maka anda sudah bisa menggunakan akun WhatsApp kedua tersebut.

Dengan demikian, anda sudah bisa menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu HP Android. Sebagai informasi tambahan, karena anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka setiap kali anda ingin membuka akun WhatsApp yang kedua, tidak bisa langsung. Anda harus membuka aplikasi Parallel Space terlebih dahulu kemudian mengaksesnya dari aplikasi tersebut.

Penutup

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin menggunakan dua akun WA dalam satu HP Android. Silahkan lakukan cara ini jika anda ingin memisahkan akun untuk urusan bisnis dan pribadi.

Jadi, anda tidak perlu membeli dua Smartphone Android hanya untuk menggunakan dua akun WhatsApp yang berbeda. Dengan demikian, tidak perlu juga repot membawa dua HP kemana-mana.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda