Cara Memasukkan Beberapa Installer ke Satu Flashdisk (Membuat Multiboot USB Disk)

12711

Cara membuat multiboot usb installer pada Flashdisk atau Hardisk

Membuat sebuah flashdisk atau hardisk installer akan sangat bermanfaat jika hendak melakukan install ulang suatu Sistem Operasi. Ketimbang menggunakan CD atau DVD OS, maka Flashdisk akan membuat proses install OS anda menjadi semakin cepat. Alasan lainnya adalah bahwa sangat mudah memasukkan sebuah file ISO sistem operasi kedalam flashdisk sehingga akan tercipta sebuah Flashdisk installer atau USB Bootable yang bisa digunakan untuk Install ulang OS seperti Windows, Linux, dll.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika dalam satu flashdisk anda hanya bisa memasukkan satu file ISO sebagai installer atau satu installer OS pada setiap flashdisk saja. Dengan demikian ketika anda hendak menginstall jenis OS lain, maka anda harus memasukkan ulang file ISO OS baru tersebut dan menghapus yang lama. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan, terlebih lagi jika kapasitas Flashdisk atau Hardisk yang anda gunakan sebenarnya bisa menampung beberapa file ISO OS sekaligus.

Ada banyak sistem operasi yang bisa anda install pada setiap perangkat komputer yang akan digunakan. Masing-masing OS tersebut memiliki beberapa versi dan fitur unggulan serta daya tarik tersendiri. Sedangkan, tidak mungkin anda harus menyedikan flashdisk sebanyak jumlah sistem operasi yang akan anda buatkan installer. Akan lebih efektif jika anda memasukkan semua file ISO sistem operasi tersebut kedalam satu Flashdisk atau dengan kata lain membuat sebuah Multiboot USB Disk. Dengan demikian, selain hemat dana untuk membeli flashdisk, anda juga akan mudah menemukannya ketika hendak menginstall OS karena tersimpan dalam satu Flashdisk.

Cara Membuat Multiboot USB Disk pada Flashdisk atau Hardisk

Proses untuk membuat sebuah Multiboot USB Disk sebenarnya sangatlah sederhana dan dapat dilakukan dimana saja. Banyak tool atau alat bantu yang bisa anda gunakan, salah satu dari alat yang bisa anda gunakan tersebut adalah software WinSetupFromUSB. Tool ini memungkinkan anda memasukkan beberapa file ISO dalam satu disk instalasi. Anda dapat memasukkan installer OS Windows dan Linux pada flashdisk dan hardisk boot yang sama.

Sebelum memasuki bagaimana cara membuat Multiboot USB Disk menggunakan WinSetupFromUSB maka salah satu syarat yang mutlak harus dipenuhi adalah anda harus sudah memiliki file ISO sistem operasi yang akan dijadikan installer, jika belum maka anda bisa mendownload ISO OS tersebut. Selain itu pastikan ukuran Flashdisk atau Hardisk yang digunakan cukup besar untuk menampung semua file ISO OS yang akan dimasukkan. Jika anda sudah memilikinya silahkan lanjut ke cara membuat Multiboot USB Disk berikut ini.

Langkah 1

Pastikan anda sudah memiliki software WinSetupFromUSB yang akan digunakan sebagai alat bantu untuk membuat Multiboot USB Disk. Jika ternyata anda belum memilikinya, silahkan download file WinSetupFromUSB terlebih dahulu. Kemudian, silahkan masukkan Flashdisk ke Komputer anda sebelum memulai proses pembuatan multiple installer.

Langkah 2

Jalankan file WinSetupFromUSB yang sudah anda download, file tersebut akan melakukan proses ekstraksi sehingga dihasilkan sebuah folder WinSetupFromUSB. Silahkan buka folder tersebut kemudian jalankan aplikasi di dalamnya sesuai dengan type atau bit Windows yang anda gunakan. Jika menggunakan Windows 64 Bit silahkan jalankan yang versi 64 Bit atau versi x64, begitu juga sebaliknya. WinSetupFromUSB ini dapat digunakan secara portable sehingga anda tidak perlu menginstallnya terlebih dahulu.

Langkah 3

Pastikan nama Flashdisk atau Hardisk anda yang akan digunakan untuk membuat multiboot USB disk muncul pada menu drop down. Jika ternyata tidak tampil silahkan klik Refresh untuk memuat ulang semua prangkat penyimpanan eksternal.

Langkah 4

Selanjutnya, silahkan centang pada checkbox Auto Format it with FBinst (hanya dilakukan untuk ISO OS pertama). Kemudian pilih FAT32 jika installer akan digunakan pada komputer atau Laptop UEFI atau pilih NTFS jika installer akan digunakan pada komputer Legacy BIOS.

Langkah 5

Untuk menambahkan file ISO OS pada Multiboot USB Disk yang akan dibuat, silahkan centang pada checkbox yang sesuai dengan OS yang akan ditambahkan pada bagian Add to USB disk lalu klik tombol . Selanjutnya, silahkan cari dan pilih file ISO Sistem Operasi yang akan ditambahkan ke flashdisk atau hardisk installer.

Yang perlu diperhatikan adalah, ISO yang anda gunakan tidak boleh mengandung versi ganda didalamnya. Misalnya Windows 7 versi 32 Bit dan 64 Bit berada dalam satu file ISO. Jika ditemukan yang demikian maka akan muncul pesan error yang membuat anda tidak dapat melangkah ke tahap berikutnya. Selain itu, jika pada langkah sebelumnya anda memilih format FAT32 dan file ISO yang ditambahkan memiliki ukuran lebih dari 4GB, maka akan muncul keterangan “This file is too large to be placed on FAT32. it will be split in parts”. Anda tidak usah khawatir jika terjadi hal demikian karena anda tetap dapat lanjut dengan cara klik Ok, hanya saja file ISO yang ditambahkan akan dibagi menjadi beberapa file part.

Langkah 6

Selanjutnya, jika anda sudah menambahkan file ISO Windows maupun Linux, silahkan klik Advanced Options. Kemudian pada jendela yang muncul, silahkan beri centang pada checkbox Custom menu names for Vista/7/8/Server Source. Setelah itu tutup jendela Advanced Options dengan klik tombol X di pojok kanan atas. Langkah ini dilakukan agar anda dapat mengubah nama di daftar menu pada setiap file installer yang ditambahkan.

Cara membuat Multiboot USB disk menggunakan WinSetupFromUSB

Langkah 7

Jika sudah selesai, silahkan klik Go pada jendela utama software WinSetupFromUSB. Setelah itu akan muncul beberapa peringatan, seperti peringatan “Are you sure this is the correct disk?” untuk memastikan bahwa flashdisk atau hardisk yang anda pilih sudah benar. Untuk memastikannya silahkan perhatikan nama flashdisk atau hardisk dan ukurannya. Jika sudah yakin silahkan klik Yes untuk melanjutkan.

Cara membuat multi installer menggunakan hardisk

Pesan peringatan lainnya akan muncul untuk memberitahukan bahwa semua partisi pada Flashdisk anda akan dihapus. Pada bagian ini silahkan amankan data terlebih dahulu jika ternyata masih ada yang hendak dipindahkan. Jika sudah selesai mengamankan data silahkan klik Yes.

Cara membuat banyak installer dalam satu flashdisk

Langkah 8

Selanjutnya akan muncul jendela yang memungkinkan untuk mengubah nama folder OS pada multiboot disk nantinya. Jika yang anda masukkan adalah ISO Windows 7 32 bit maka anda bisa memberinya nama Win7_32 atau yang lainnya. Jendela ini hanya akan muncul selama beberapa detik, jika anda tidak mengubahnya maka nama default yang akan digunakan. Jika sudah selesai memasukkan nama folder yang diinginkan silahkan klik Ok.

Cara boot banyak os sekaligus

Langkah 9

Selanjutnya akan muncul jundela yang memungkinkan anda untuk mengubah nama OS pada daftar menu muliboot. Nama ini yang akan muncul pada daftar OS ketika anda menjalankan Multiboot USB Disk untuk melakukan instalasi OS. Jendela ini juga hanya akan muncul selama beberapa detik. Jika sudah mengatur nama Sistem Operasi yang sesuai, selesai klik Ok untuk melanjutkan.

Cara membuat multiboot usb multi installer di Windows

Langkah 10

Proses untuk memasukkan file ISO kedalam Flashdisk akan berlangsung. Silahkan tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai dan muncul jendela yang menampilkan informasi “Job Done”. Silahkan klik Ok pada jendela informasi tersebut.

Cara menambahkan file ISO ke dalam flashdisk installe

Langkah 11

Pada tahap ini anda sudah berhasil menambahkan file ISO Sistem Operasi pertama ke dalam Multiboot USB Disk. Untuk menambahkan file ISO OS yang kedua dan seterusnya silahkan lakukan langkah 3-10. Namun, bedanya adalah jangan lagi centang checkbox Auto Format it with FBinst. Karena jika anda mencentang lagi opsi tersebut, maka flashdisk atau Hardisk anda akan diformat ulang lagi dan file ISO sebelumnya yang anda masukkan tentu saja akan terhapus.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membuat USB Multiboot Anda?

Sekarang anda sudah berhasil membuat Multiboot USB Disk dan memasukkan banyak installer ke dalam satu Flashdisk. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencoba Multiboot USB Disk yang telah anda buat tersebut. Anda bisa menghubungkannya ke Komputer atau Laptop kemudian melakukan instalasi OS seperti biasanya.

Itulah cara atau metode untuk membuat USB flash drive multiboot yang memungkinkan Anda untuk memilih antara beberapa sistem operasi pada suatu waktu. Gunakan metode ini untuk menempatkan versi 32-bit dan 64-bit dari OS yang sama atau beberapa jenis OS berbeda dalam satu media yang dapat anda boot.

ARTIKEL TERKAIT

25 KOMENTAR

  1. Salam kenal bro semua yg ada di blog ini saya MASKANAH dari lombok ntb, saya iseng aja cobat masukkan versi 32 64 secara bersamaan hasilnya tanpa error dan berjalan lancar sampai sekarang masih saya pakai kok tapi saya tidak tahu kalau teman2 yg lain hasilnya gmna tapi saran saya di coba dulu kalau error baru di coba sesuai arahan penulis biar berjalan lancar. Terimakasih banyak buat yg punya blog ini terus kembangkan biar kita yg awam bisa menikmati karya2 orang lain dan sangat membantu pekerjaan saya sebagai tekhnisi otodidak yg mengandalkan google terus sebagai sumber pengetahua di setipa kasus yg saya alami

  2. Update nih…
    WinSetupFromUSB 1.9- 13.May.2019
    WinSetupFromUSB 1.9.exe (28 MB ; 34054 downloads)

    Changes from version 1.8
    added support for multi-version/dual Windows ISOs (32 and 64 bits in one ISO for example). Stock Microsoft dual ISOs are supported and tested, other such sources too, as long as they use unmodified bootmgr and default location for BCD store is in /boot/bcd. Tested in BIOS/UEFI with both Secure Boot on and off, stock Windows 10 dual and single ISO builds 1803, 1809, Server 2016 and 2019.
    added detection of Windows 10 build number which is added to the boot menu names
    updated ImDisk and WimLib
    minor bug fixes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here