Cara Membuat Password Baru di Laptop Windows 10

0
239

Cara membuat password di Laptop Windows 10

Saat anda menginstall Windows 10, pada tahap akhir akan muncul jendela untuk membuat password. Anda dapat membuat password sebagai kunci membuka Laptop pada jendela tersebut. Sebuah password tentu saja sangat penting agar anda dapat mengunci Laptop atau Komputer. Tapi, jika pada saat itu anda melewati bagian membuat password, anda tetap dapat memberi password di Laptop Windows 10 dengan cara berikut.

Memasang password atau kata sandi pada Laptop dan PC Desktop Windows 10 merupakan salah satu hal dasar untuk menjaga keamanan data Laptop anda. Sebuah Laptop atau Komputer Windows yang sudah terpasang dan terkunci dengan password tentu saja tidak akan bisa sembarang orang menggunakannya. Setiap kali Laptop tersebut dihidupkan atau sedang terkunci, maka perlu memasukkan password untuk membukanya. Dengan demikian hanya orang yang tahu password Laptop Windows 10 tersebut yang bisa membukanya.

Pembuatan password pada OS Windows 10 yang sudah terinstall pada Laptop atau PC Desktop juga sangat mudah. Karena merupakan suatu hal yang penting, maka Windows sudah menyertakan opsi agar anda dapat memasang password dengan mudah. Jadi, tidak perlu software security khusus untuk memasang password agar anda dapat mengunci Laptop tersebut. Anda hanya perlu mengatur password akun di pengaturan Windows 10 untuk menambahkan sebuah sandi ke akun tersebut. (Baca juga: Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 10/8/7)

Cara Membuat Password di Laptop dan Komputer Windows 10

Setiap kali anda hendak menggunakan sebuah Laptop ataupun PC Desktop, maka harus masuk menggunakan akun. Akun tersebut bisa berupa local account yang anda buat saat menginstall Windows, maupun akun saat anda sudah masuk menggunakan akun Microsoft.

Baca Juga :
Cara Install Windows 7, 8, 10 di Hardisk Eksternal atau Flashdisk

Password untuk membuka sebuah Laptop Windows 10 tersimpan dan terkait dengan akun untuk masuk ke Windows tersebut. Artinya, jika ingin membuat password pada Laptop anda hanya perlu menambahkan password ke akun tersebut, baik itu ke akun lokal maupun akun Microsoft.

Pembuatan password di Windows 10 sangat mudah, anda hanya perlu membuatnya melalui pengaturan Windows 10. Untuk memberi password pada Laptop atau Komputer Windows 10 yang anda gunakan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Settings di Laptop atau Komputer Windows 10 anda. Untuk membukanya silahkan klik tombol Start kemudian klik icon Pengaturan. Atau, Anda juga dapat membukanya menggunakan shortcut Win + I di Keyboard.

Setelah jendela Settings terbuka, silahkan klik menu Accounts untuk membuka pengaturan akun.

Pengaturan akun Windows 10

Pada jendela selanjutnya, silahkan anda klik Sign-in options pada panel sebelah kiri. Setelah itu, pada panel sebelah kanan silahkan klik bagian Password. Karena anda ingin menambahkan atau membuat password, maka silahkan klik Add.

Cara membuat password di Laptop Window 10

Selanjutnya akan muncul jendela Create a password yang merupakan formulir pembuatan password. Silahkan masukkan password yang ingin anda buat pada kolom New Password dan masukkan lagi pada kolom Confirm password.

Tidak kalah penting, anda juga harus mengisi Password hint berupa kata atau kalimat petunjuk jika suatu saat lupa password tersebut. Jadi, pastikan untuk memasukkan petunjuk yang dapat membuat anda mengingat password tersebut. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Menambahkan sandi baru ke Windows 10

Jika password anda sudah cocok, maka pada jendela selanjutnya akan muncul keterangan bahwa anda sudah bisa masuk ke Windows 10 menggunakan password baru tersebut. Untuk menutup jendela pembuatan password tersebut, silahkan klik Finish.

Baca Juga :
3 Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Samsung Android

Cara buat password di Laptop Windows 10

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Laptop atau Komputer Windows 10 anda sudah berhasil terpasang password. Jadi, saat anda menghidupkan kembali atau sudah mengunci Laptop / Komputer tersebut, maka sudah harus memasukkan password atau sandi untuk membukanya. Anda juga bisa menghapus password Windows 10 kapan saja jika sudah merasa tidak memerlukannya.

Membuat PIN di Komputer Windows 10

Setelah membuat password menggunakan langkah-langkah di atas, anda juga dapat memberi PIN pada Laptop Windows 10 tersebut. Fungsi PIN dan password sebenarnya sama saja, yaitu sebagai pembuka kunci untuk login dan menggunakan Laptop.

Tapi, PIN biasanya dibuat lebih singkat dari password sehingga akan lebih cepat untuk memasukkannya dan membuka kunci Laptop. Karena alasan tersebut, sehingga banyak pengguna Windows 10 yang lebih nyaman menggunakan PIN untuk membuka kunci Laptop ketimbang password.

Perlu anda ketahui juga bahwa sebuah Laptop atau PC Desktop Windows 10 hanya bisa ditambahkan PIN jika sudah ada password di dalamnya. Jadi, jika anda sudah membuat password di Laptop tersebut, silahkan menambahkan keamanan PIN menggunakan langkah-langkah berikut.

Silahkan buka kembali pengaturan Sign-in options seperti pada langkah-langkah di atas. Pada pengaturan tersebut, silahkan anda cari bagian Windows Hello PIN. Untuk membuat atau menambahkan PIN baru, maka silahkan klik Add.

Menambahkan PIN di Komputer Windows 10

Setelah itu akan muncul jendela yang mengharuskan anda untuk memasukkan password. Silahkan masukkan password Windows 10 yang sudah anda buat sebelumnya. Jika password yang anda masukkan sudah benar, maka silahkan klik Ok.

Memberi password dan PIN pada Laptop WIndows 10

Pada jendela selanjutnya anda sudah bisa memasukkan PIN baru yang akan dibuat. Silahkan masukkan PIN baru kemudian konfirmasi PIN tersebut. PIN yang bisa anda masukkan hanya berupa karakter angka, jika ingin menggunakan karakter huruf, silahkan centang Include letters and symbols. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Ok untuk menyimpan PIN tersebut.

Baca Juga :
Cara Membuat Jadwal Shutdown Otomatis di Windows 10,8,7

Buat PIN pada PC Desktop Windows 10

Setelah itu, maka PIN sudah berhasil ditambahkan dan anda sudah bisa menggunakannya untuk membuka kunci Laptop Windows 10. Jadi, selain menggunakan password, kini anda juga bisa membuka Laptop Windows 10 menggunakan PIN.

Itulah cara mudah membuat password di Laptop atau Komputer Window 10. Gunakan cara ini jika anda ingin mengamankan Laptop dan data isinya dari gangguan orang yang bisa merugikan. Dengan memberi password pada Laptop, maka orang lain yang tidak memiliki password-nya tidak akan bisa menggunakan Laptop tersebut.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda