Review IObit Malware Fighter, Anti-Malware untuk Windows

0
141

review IObit Malware Fighter

Saat menggunakan Komputer PC maupun Laptop, maka salah satu faktor penting yang harus selalu diperhatikan adalah terkait keamanan. Anda harus selalu memastikan bahwa Laptop yang digunakan selalu aman dari serangan malware dan virus.

Untuk membuat Laptop atau Komputer PC anda tetap aman dari serangan malware, tentu anda membutuhkan software yang bisa melakukan pekerjaan tersebut. Anda butuh aplikasi yang bisa melindungi Laptop dari serangan serta menghapus virus dan malware yang ditemukan.

Windows 10 / 11 sendiri sebenarnya sudah memiliki antivirus bawaan, yaitu Windows Defender / Security. Namun, jika anda masih kurang yakin dengan kemampuan Windows Security bawaan Windows, maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Saat ini ada banyak perangkat lunak anti malware yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Salah satunya yang bisa dijadikan pilihan adalah IObit Malware Fighter.

Apa Itu IObit Malware Fighter?

Software IObit Malware Fighter adalah sebuah aplikasi penghapus malware yang akan menjaga Komputer dari serangan malware, virus, spyware, keylogger, adware, trojan, worm, dan file berbahaya lainnya. Aplikasi ini sangat powerfull karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan melindungi Laptop dari ancaman terbaru.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk dikombinasikan dengan antivirus lain. Jadi, jika anda masih merasa kurang cukup, anda bisa menambahkan aplikasi pelindung lainnya yang dianggap memiliki kemampuan memadai.

Soal kompatibilitas, software ini bisa digunakan pada berbagai versi Windows, mulai dari Windows XP, Windows 7, 8.1, 10, hingga Windows 11. Jadi, Windows berapapun yang terinstall pada Laptop atau Komputer PC anda, bisa dilindungi oleh software ini.

Kenapa Menggunakan IObit Malware Fighter?

Ada banyak software antivirus diluar sana yang bisa anda gunakan, namun tentu anda butuh alasan untuk memutuskan harus menggunakan yang mana. Salah satu software anti malware yang bisa anda gunakan adalah IObit Malware Fighter. Berikut beberapa alasan yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk menggunakan software ini.

a. Tampilan Sederhana dan Mudah Digunakan

Dalam menggunakan sebuah aplikasi Komputer, salah satu yang terpenting adalah tampilan. Tampilan yang lebih sederhana akan lebih memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya dan mengakses semua fitur yang dibutuhkan dengan mudah.

Baca Juga : Apakah Windows Defender Antivirus Terbaik untuk Windows 10?

Software IObit Malware Fighter memiliki tampilan antar muka yang sederhana sehingga bisa dengan mudah digunakan oleh siapa saja. Jadi, anda bisa mengakses dan menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya dengan mudah dan cepat.

b. Pemindaian yang Cepat

Salah satu tugas yang pastinya akan dilakukan oleh sebuah software antivirus adalah melakukan scan atau pemindaian. Software IObit Malware Fighter memiliki fitur untuk melakukan pemindaian atau scanning dengan cepat. Meskipun demikian, anda juga bisa melakukan scan secara menyeluruh yang pastinya butuh waktu lebih lama jika diperlukan.

c. Bisa Digunakan Secara Gratis

Jika anda membutuhkan software antivirus yang bisa digunakan secara gratis, maka IObit Malware Fighter bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik. Anda bisa menggunakan perangkat lunak ini secara gratis dengan versi Free.

Namun, jika anda menggunakan versi Free, maka ada beberapa batasan fitur karena tidak semua fitur aplikasi ini bisa digunakan. Jika anda ingin menggunakan semua fitur yang ada pada aplikasi ini, maka harus memiliki versi Pro.

d. Memiliki Beragam Fitur Menarik

Bagian utama yang harus menjadi perhatian dari sebuah software adalah fitur apa saja yang ada di dalamnya. Software IObit Malware Fighter memiliki beragam fitur yang tidak hanya untuk melindungi data-data di penyimpanan Laptop, tapi juga bisa melindungi anda saat sedang berselancar di internet.

Apa Saja Fitur Menarik IObit Malware Fighter?

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa ada beragam fitur menarik yang dimiliki oleh software ini. Berikut daftar fitur menarik yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk menggunakan software ini.

1. Jenis Pemindaian

Fitur yang pertama dan yang paling penting adalah scan atau pemindaian untuk memeriksa keamanan penyimpanan Laptop. Untuk melakukan pekerjaan tersebut, IObit Malware Fighter memiliki tiga jenis pemindaian yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.
Fitur scan IObit Malware Fighter

  • Smart Scan, pemindaian cepat yang hanya memeriksa bagian-bagian penting dari Komputer anda.
  • Full Scan, pemindaian secara menyeluruh pada semua penyimpanan Laptop yang pastinya juga butuh waktu lebih lama.
  • Custom Scan, fitur yang memungkinkan anda untuk memilih file dan folder mana saja yang ingin dipindai.

Selain itu, pada masing-masing jenis pemindaian anda juga dapat menyesuaikan ukuran dan jenis file yang akan dipindai, memasukkan file dan folder ke white list atau karantina, membuat jadwal scan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Anda juga bisa melacak riwayat pemindaian sehingga bisa mengawasi berapa banyak file yang telah dilindungi selama beberapa pemindaian terakhir yang sudah dilakukan.

2. Perlindungan Browser

Jika anda merupakan orang yang sering internetan, maka tentu sudah menyadari bahwa ada banyak sekali ancaman di internet. Oleh karena itu, fitur perlindungan saat anda berselancar di internet sangat penting. Beberapa fitur yang akan membantu aktivitas browsing anda adalah sebagai berikut.
Fitur perlindungan browser IObit Malware Fighter

  • Homepage Advisor, memonitor dan memberitahu anda jika ada perubahan pada homepage dan mesin pencari untuk menghindari modifikasi yang tidak diinginkan.
  • Anti Tracking, membersihkan cookies secara otomatis ketika anda menutup browser.
  • Download Protection, memindai setiap file yang anda download termasuk lampiran email untuk mencegah file berbahaya.
  • DNS Protect, mencegah malware yang ingin mengubah pengaturan DNS di Windows anda.
  • Surfing Protection, melindungi anda dari berbagai ancaman online saat sedang browsing.
  • Anonymous Online, memungkinkan anda berselancar di internet tanpa mengungkap identitas.

Jika tidak ada fitur-fitur pengamanan browser tersebut atau tidak diaktifkan, maka kemungkinan besar anda bisa menjadi sasaran empuk bagi orang-orang tidak bertanggung jawab di internet.

3. Perlindungan Data

Untuk melindungi data-data yang ada di Laptop anda, maka software IObit Malware Fighter memiliki kemampuan yang bisa diandalkan. Fitur ini akan selalu standby untuk mencegah file-file berbahaya memasuki penyimpanan Laptop anda.Fitur perlindungan data IObit Malware Fighter

  • Anti-malware Engine, mencegah dan melindungi Laptop dari serangan malware dan virus.
  • Anti-ransomware Engine, mencegah dan melindungi Laptop dari serangan virus ransomware.
  • Bitdefender Engine, mesin Bitdefender yang akan semakin mengintensifkan keamanan Laptop karena dapat menghapus lebih dari 200 juta ancaman tersembunyi dan terbaru.

Selain itu, ada juga fitur perlindungan lain yang bisa anda matikan atau aktifkan seperti Network Guard, File Guard, Process Guard, MBR Guard, Camera Guard, USB Disk Guard, Behavior Guard, dan Browser Password Guard.

4. Alat Tambahan

Selain fitur-fitur perlindungan data dan browsing yang sudah dijelaskan, masih ada lagi beberapa fitur dan alat tambahan yang mungkin juga anda butuhkan. Beberapa fitur tambahan tersebut adalah sebagai berikut.
Alat tambahan IObit Malware Fighter

  • Save Box, memungkinkan anda untuk lebih mengamankan file dan folder dengan memasukkannya ke kotak penyimpanan khusus.
  • Sandbox, memungkinkan anda menjalankan aplikasi yang mencurigakan secara terisolasi.
  • Free & Fast VPN, memungkinkan anda untuk internetan dengan aman dan privasi terjaga menggunakan VPN.
Baca Juga : Cara Mematikan Windows Defender / Security Windows 11 10 8

Ketiga fitur tambahan tersebut tentu saja akan membantu untuk lebih melindungi dan mengamankan perangkat Komputer atau Laptop Windows anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan IOBit Malware Fighter Secara Gratis?

Jika anda ingin menggunakan software ini untuk melindungi Komputer dari serangan malware, maka tersedia versi gratis. Anda cukup membuka halaman download IObit Malware Fighter, kemudian klik Free Download pada halaman yang terbuka untuk mendownloadnya secara gratis.

Jika sudah mendownloadnya, maka anda cukup install di Laptop Windows yang digunakan. Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya ada beberapa batasan pada versi Free, karena beberapa fitur penting hanya bisa digunakan pada versi Pro.

Giveaway Akun Pro IObit Malware Fighter

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa batasan fitur jika anda menggunakan versi gratis. Jika anda ingin menggunakan IObit Malware Fighter versi Pro, bisa menggunakan lisensi atau product key berikut: 42A61-A43C8-0C37C-98B3N.

Namun, perlu diketahui bahwa product key tersebut hanya tersedia untuk 100 orang pertama, dan hanya berlaku selama 6 bulan.

Bagaimana Cara Menggunakan IObit Malware Fighter?

Jika anda sudah selesai mendownload dan menginstall IObit Malware Fighter, maka untuk menggunakannya cukup mudah. Langsung saja anda membuka aplikasi anti malware tersebut pada Laptop Windows yang digunakan.

Untuk melakukan pemindaian dengan cepat, maka silahkan klik saja tombol Smart Scan. Setelah itu tunggu saja hingga proses pemindaian penyimpanan Laptop anda selesai. Jika sudah selesai dan terdeteksi ancaman, maka anda bisa mengizinkan file tersebut atau justru menghapusnya.

Smart scan IObit Malware Fighter

Jika belum puas dengan hasil pemindaian cepat tersebut, maka anda juga bisa melakukan Full Scan atau Custom Scan.

Penutup

Demikian penjelasan tentang kemampuan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh software IObit Malware Fighter. Jadi, jika anda sedang membutuhkan aplikasi antivirus dengan kemampuan memadai, maka software ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda