8 Cara Membuka Task Manager di Laptop Windows 10

|Diupdate 3 September 2020
0
44

Cara membuka Task Manager di Windows 10, 8.1, 7

Task Manager merupakan salah satu fitur penting yang terdapat pada sistem operasi Windows. Utilitas ini memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi tentang aplikasi dan services yang sedang berjalan pada Laptop Windows anda. Artinya, anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh Laptop melalui fitur ini. Tapi, agar dapat menggunakannya, maka anda harus membuka Windows Task Manager menggunakan salah satu cara berikut.

Melalui Windows Task Manager, anda dapat memonitor software dan services apa yang sedang berjalan pada Laptop anda. Anda dapat menghentikan sebuah software maupun services jika dianggap memberatkan Laptop. Atau, anda juga dapat membuka dan menjalankan program dan layanan melalui Task Manager.

Secara sederhana, Task Manager dapat digunakan untuk memonitor dan mengelolah sistem Windows di Laptop atau Komputer. Umumnya Task Manager banyak digunakan untuk mematikan paksa program yang membuat Laptop menjadi not responding. Hal ini dapat dipantau dengan memperhatikan penggunaan daya sistem CPU, RAM, Disk, maupun GPU. Tapi, agar dapat menggunakannya untuk keperluan apapun, tentu saja anda harus tahu cara membuka atau menjalankan Windows Task Manager tersebut.

Cara Membuka atau Menjalankan Task Manager di Windows 10

Anda dapat menggunakan Task Manager untuk memantau penggunaan resource dari setiap program atau services yang berjalan. Dengan demikian, jika terdapat program yang membuat Laptop atau Komputer kelebihan beban, maka bisa dihentikan paksa.

Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk membuka atau menjalankan Task Manager di Laptop Windows 10. Semua cara tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan dapat diterapkan oleh siapa saja.

1. Buka Task Manager Menggunakan Pintasan Keyboard

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika hendak menjalankan Task Manager di Windows adalah dengan menekan shortcut Keyboard. Cara ini bisa dikatakan yang paling mudah dan paling sering digunakan.

Untuk membuka Task Manager Windows menggunakan pintasan Keyboard, anda hanya perlu menekan kombinasi tombol pada Keyboard Laptop atau Komputer yang digunakan. Silahkan tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan pada Keyboard.

Menjalankan Task Manager menggunakan pintasan keyboard

Setelah itu, maka akan terbuka jendela Task Manager Windows yang dapat anda gunakan.

2. Buka Task Manager Melalui Start Menu

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menjalankan Windows Task Manager adalah dengan membukanya di Start Menu. Cara ini juga sangat umum dilakukan mengingat pada Start Menu anda dapat membuka program apa saja.

Untuk melakukan cara ini, silahkan klik Start Menu Windows 10 yang anda gunakan. Pada daftar aplikasi yang muncul silahkan scroll ke bawah kemudian cari dan klik bagian Windows System lalu klik Task Manager.

Buka pengelolah tugas Windows

Setelah itu jendela Task Manager akan terbuka pada layar Windows 10 anda.

3. Buka Task Manager Melalui Pencarian

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menjalankan Windows Task Manager adalah dengan mencarinya di Pencarian Windows 10. Windows 10 memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk mencari aplikasi dan file yang terdapat pada penyimpanan Komputer. Artinya, anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mencari dan menjalankan Windows Task Manager.

Untuk melakukannya, silahkan klik icon Search yang terdapat pada Taskbar Windows 10. Kemudian, pada kolom pencarian silahkan ketikkan kata kunci “task manager” dan klik Task Manager pada hasil pencarian yang muncul.

Cara membuka Windows Task Manager

Jika anda hendak menggunakan cara ini, pastikan tidak menyembunyikan Pencarian dari Taskbar Windows 10.

4. Buka Task Manager Melalui Taskbar

Cara keempat yang juga sangat mudah dilakukan untuk menjalankan Windows Task Manager adalah melalui Taskbar. Cara ini sangat ringkas dan dapat dilakukan dengan cepat.

Untuk melakukan cara ini, silahkan klik kanan pada Taskbar kemudian klik Task Manager untuk menjalankan Windows Task Manager.

Jalanin Task Manager Windows

5. Buka Task Manager Melalui WinX

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menjalankan Windows Task Manager di WinX atau Menu Context Start. Cara ini mungkin asing bagi beberapa pengguna, tapi juga sangat mudah dilakukan.

Untuk melakukannya, silahkan klik kanan pada Start Menu, atau tekan tombol kombinasi Win + X di Keyboard. Kemudian, pada daftar menu context yang muncul silahkan klik Task Manager untuk menjalankannya.

Open Windows Task Manager

6. Buka Task Manager Melalui Run

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menjalankan Task Manager di Windows adalah menggunakan perintah di jendela Run. Anda dapat menjalankan program apa saja melalui jendela Run, termasuk Task Manager.

Silahkan buka jendela Run dengan menekan tombol Win + R di Keyboard Laptop atau Komputer. Kemudian, pada jendela yang muncul silahkan ketikan “taskmgr” pada kolom Open dan klik Ok.

Run pengelolah tugas Windows

Setelah itu, maka akan terbuka jendela Task Manager di Komputer Windows yang digunakan.

7. Buka Task Manager Melalui CMD

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah membuka Task Manager dengan mengetikkan perintah di Command Prompt atau CMD. Command Prompt memang dapat menjalankan perintah apapun, apalagi kalau hanya menjalankan program seperti Task Manager.

Untuk membuka Task Manager melalui CMD, silahkan buka program Command Prompt terlebih dahulu. Setelah itu, pada jendela CMD silahkan ketikkan perintah taskmgr kemudian tekan Enter di Keyboard.

Eksekusi pengelolah tugas Windows

Jika sudah selesai, maka akan terbuka jendela Task Manager di layar Komputer anda.

8. Buka Task Manager Melalui Windows Security Screen

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuka Task Manager di Windows Security Screen atau kadang juga disebut layar darurat. Cara ini memang hanya digunakan saat dalam keadaan darurat dimana jika semua cara di atas tidak dapat dilakukan.

Untuk melakukan cara ini anda hanya perlu menekan tombol kombinasi di Keyboard untuk menampilkan Windows Security Screen. Silahkan tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan pada Keyboard. Kemudian, pada tampilan yang muncul silahkan klik Task Manager.

Buka Task Manager saat Windows not responding

Setelah itu maka akan terbuka jendela Task Manager jika Laptop atau Komputer anda tidak sedang hang.

Itulah beberapa cara mudah untuk membuka atau menjalankan Task Manager di Windows 10. Cara-cara tersebut di atas juga dapat anda gunakan pada Windows 7 dan Windows 8.1. Jadi, jika anda hendak memonitor aplikasi Windows yang sedang berjalan, silahkan gunakan salah satu cara di atas untuk membuka Task Manager.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda