Cara Mengaktifkan Dark Mode File Explorer di Windows 10

0
63

Cara mengaktifkan dark mode File Explorer di Windows 10

Biasanya tampilan File Explorer atau Windows Explorer yang terdapat pada Windows berwarna putih. Namun, kini sudah ada variasi warna yang berbeda yaitu warna hitam. Sejak kehadiran Windows 10 versi 1809 sudah disertakan tema baru pada tampilan File Explorer atau File Manager Windows 10 tersebut. Dengan demikian, anda sudah dapat mengaktifkan dark mode atau tema gelap pada File Explorer Windows 10 dengan cara pada artikel ini.

Dark mode memang cukup digemari bagi sebagian besar pengguna gadget sejak dihadirkan pada pengaturan tampilan. Hal ini tentu saja karena tempilannya yang tidak silau sehingga membuat mata menjadi lebih nyaman saat menatap layar. Sebelumnya memang sudah terdapat pengaturan untuk mengaktifkan dark mode di Windows 10, tapi pengaturan tersebut masih tidak berefek pada tampilan File Explorer. Namun, kini sejak diluncurkannya pembaharuan Windows 10 versi 1809 yang dirilis pada tahun 2018, File Explorer juga sudah dapat diubah temanya menjadi berwarna hitam.

Kehadiran dark theme pada File Explorer Windows 10 tentu saja menjadi kabar baik bagi anda yang senang dengan tema gelap. Selain itu, anda juga akan lebih nyaman saat mengakses file-file Komputer menggunakan File Explorer di malam hari maupun di tempat yang minim cahaya. Dengan demikian, tidak hanya mengaktifkan dark mode Microsoft Edge, Windows Settings, Groove Music, Microsoft Store, Photos app dan aplikasi Movies & TV, tetapi File Explorer juga. (Baca juga: Mengubah Warna Text dan Background Command Prompt (CMD) Windows)

Cara Mengaktifkan Dark Mode File Explorer Windows 10

Anda dapat mengaktifkan dan menerapkan tema gelap atau dark mode pada File Explorer di Windows 10 tanpa harus menginstall aplikasi atau software apapun. Anda hanya perlu mengubah pengaturan yang sudah disediakan secara default pada Windows 10 versi 1809 atau yang lebih baru. Artinya, cara ini sangat mudah dilakukan dan pasti dapat diterapkan oleh siapa saja.

Untuk mengganti tema atau tampilan File Explorer Windows 10 menjadi berwarna gelap atau hitam dapat dilakukan pada pengaturan Windows. Untuk mengubah pengaturan tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan anda sudah menggunakan Windows 10 versi 1809 atau diatasnya. Jadi, silahkan cek versi Windows 10 anda terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini. Jika ternyata anda masih menggunakan versi Windows 10 dibawahnya, maka silahkan lakukan update Windows 10 terlebih dahulu.
  2. Jika versi Windows 10 yang anda gunakan sudah memenuhi syarat, silahkan buka Windows 10 Settings.
  3. Pada menu utama aplikasi Settings, silahkan anda klik menu Personalisation untuk mengubah tampilan Windows 10.
    Mengubah pengaturan tampilan Windows 10
  4. Pada halaman selanjutnya, silahkan anda klik menu Colours yang terdapat pada panel sebelah kiri.
  5. Setelah itu, pada bagian Choose your colour silahkan ubah tema Windows 10 dari Light menjadi Dark.
    Cara mengubah tampilan File Explorer menjadi dark theme
  6. Jika sudah selesai, maka tampilan aplikasi bawaan Windows 10 akan berubah menjadi gelap, termasuk File Explorer.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka anda sudah berhasil mengubah tampilan atau tema File Explorer Windows 10 menjadi berwarna hitam. Jadi, kini anda sudah dapat mengakses dan mengelolah file yang ada di Laptop dengan lebih nyaman karena tampilan File Explorer sudah tidak terlalu silau.

Mengubah tampilan File Explorer Windows 10 menjadi berwarna gelap

Jika ternyata suatu saat anda hendak mengembalikan tampilan File Explorer agar berwarna putih lagi, maka cukup ubah kembali tema Windows 10 menjadi Light.

Itulah cara mengaktifkan dark mode File Explorer Windows 10 agar temanya menjadi berwarna hitam. Silahkan lakukan cara ini jika anda senang dengan tema gelap atau sering menggunakan Laptop di malam hari. Dengan demikian mata anda akan terasa lebih nyaman saat mengakses file-file di File Explorer Windows 10.

Windows 10 Murah Original

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda