Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

1650

Penyebab komputer tidak mau hidup atau nyala

Personal Computer atau sering disingkat dengan PC adalah komputer yang biasa anda temui di rumah-rumah dan perkantoran. Fungsi umum dari PC adalah mengelola data-data menjadi sebuah informasi yang dibutuhkan. Pada dasarnya fungsi dan kegunaan sebuah PC Desktop sama saja dengan perangkat Laptop, hanya saja Laptop memiliki ukuran yang lebih kecil serta dapat dibawa kemana-mana.

Dalam menggunakan PC Desktop atau komputer untuk membantu pekerjaan sehari-hari, sering kali ditemukan permasalahan. Salah satu masalah yang sering menimpa PC Desktop adalah kondisi dimana komputer tidak mau hidup. Tentu saja hal ini membuat jengkel penggunanya, rasa ingin cepat menyelesaikan sebuah pekerjaan justru harus menunggu ketidakpastian. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi, biasanya karena faktor PC yang mengalami kelebihan panas (overheat).

Komputer yang tidak mau hidup atau nyala belum tentu menunjukan bahwa komputer atau PC Desktop tersebut sudah rusak. Sebenarnya cara paling mudah untuk mengetahui masalahnya adalah dengan membawanya ke tempat perbaikan komputer. Namun, anda jangan terburu-buru melakukan langkah tersebut. Ada beberapa pertolongan pertama (first aid) atau pemeriksaan awal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, sebelum membawanya ke tempat servis komputer.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup

Ada beberapa kemungkinan atau kondisi yang menjadi penyebab komputer di rumah anda tidak mau hidup atau tidak mau menyala. Maka, yang perlu anda lakukan adalah memeriksa setiap penyebab, kemudian selanjutnya baru anda dapat mengatasi masalah tersebut.

  1. Penyebab pertama yang harus anda periksa jika komputer di rumah tidak mau hidup adalah terkait dengan aliran listrik. Pastikan anda sudah menghubungkan kabel power komputer dengan sumber listrik di tempat anda. Karena jika kabel power belum ditancapkan ke terminal listrik, berapa kalipun anda mencoba menyalakannya tentu komputer atau PC Desktop tersebut tidak akan mau menyala. Jadi, pastikan terlebih dahulu kabel power sudah anda hubungkan ke terminal listrik dengan baik.
  2. Penyebab kedua yang tidak boleh anda lewatkan adalah bahwa listrik yang anda gunakan dalam kondisi hidup atau tidak padam. Hal yang penting tapi seringkali diabaikan selain poin yang pertama diatas adalah memastikan bahwa tidak sedang terjadi listrik padam. Meskipun pada poin pertama dan kedua terlihat sepele tapi seringkali dihiraukan dan tidak disadari, sehingga terburu-buru membawa komputer yang tidak mau hidup tersebut ke tempat servis. Padahal masalahnya hanya pada kabel power atau sedang terjadi pemadaman listrik.
  3. Jika komputer atau PC Desktop yang anda gunakan tiba-tiba mati sendiri, maka kemungkinan besar masalah terdapat pada prosesor. Kondisi komputer yang tiba-tiba mati sendiri bisa diakibatkan karena suhu prosesor yang terlalu panas. Selain itu, komputer tersebut tidak akan bisa dinyalakan hingga suhu prosesor menjadi dingin kembali. Masalah ini akan terjadi pada semua jenis prosesor yang beredar dipasaran, hal ini dilakukan agar prosesor tidak mengalami kerusakan akibat suhu yang terlalu ekstrim. Sebagai langkah penanganan agar tidak terjadi lagi, maka anda dapat membersihkan dan menghilangkan debu motherboard, terutama pada bagian sekitar prosesor, termasuk kipas prosesor. Selain itu, anda juga disarankan mengganti pasta prosesor agar suhunya dapat tetap normal saat digunakan.
  4. Pastikan anda sudah menancapkan kabel daya dari power supply ke dalam slot daya di motherboard (lokasinya di sekitar prosesor). Jika anda lupa melakukan hal ini, atau terjadi masalah pada sambungan daya tersebut, maka seluruh komponen komputer tidak akan mendapat asupan listrik.
  5. Penyebab lain yang harus anda periksa adalah terkait kondisi power supply yang digunakan dalam kondisi baik. Kondisi power supply yang sedang rusak tentu saja tidak akan dapat mengalirkan listrik dari luar ke dalam komputer. Cara paling mudahnya adalah dengan memeriksa kipas power supply tersebut, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
    Cara mengatasi komputer tidak bisa hidup
  6. Jika komputer berhasil menyala, monitor menyala tapi gagal booting dan hanya terdengar bunyi “beep” berulang-ulang, maka hal ini menandakan bahwa ada komponen-komponen yang salah pemasangannya. Kemungkinan terbesar adalah VGA Card yang salah dipasang. Selain itu, anda juga sebaiknya memeriksa kabel sambungan ke hardisk agar terpasang dengan baik.Penyebab dan cara mengatasi komputer tidak bisa dihidupkan
  7. Jika komputer menyala tetapi tidak muncul gambar di monitor, maka ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab masalah tersebut. Kemungkinan pertama adalah kondisi monitor yang memang sudah rusak sehingga tidak akan dapat menampilkan gambar. Sementara itu, jika ternyata monitor masih dalam kondisi baik, maka besar kemungkinan masalahnya ada pada pemasangan RAM di Motherboard. Jika RAM komputer atau laptop anda tidak terpasang dengan baik, maka yang tampil di layar hanyalah tampilan blank hitam. Oleh karena itu, pastikan anda memasang RAM dengan posisi yang baik dan sempurna memasang penjepit kanan dan penjepit kiri dari memory card hinga berbunyi “klik”. Selain itu, kadang juga cara pemasangan sudah benar namun pada slot RAM terdapat banyak debu, sehingga anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jika komputer atau PC Desktop yang anda gunakan tidak mau atau tidak bisa hidup. Jika anda mengalami masalah ini, maka anda dapat melakukan beberapa pemeriksaan awal sebelum membawanya ke tempat perbaikan komputer. Namun, jika semua poin diatas sudah diperiksa dan tidak ada masalah, maka ada kemungkinan komputer anda mengalami kerusakan serius. Jika sudah demikian, disarankan untuk membawanya ke orang yang lebih berpengalaman, yaitu di tempat perbaikan komputer.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here