Cara Mengaktifkan Hotspot Laptop Secara Otomatis

4290

Bagi anda yang sering menggunakan Laptop untuk internetan, maka mungin anda pernah menjadikan Laptop yang digunakan sebagai Hotspot untuk membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Pada sistem operasi Windows, sudah diketahui bersama bahwa anda bisa membuat Hotspot menggunakan Laptop atau PC Dekstop. Cara yang digunakan pun tidak memerlukan aplikasi apapun, tetapi hanya memanfaatkan Command Prompt (CMD) yang terdapat pada bawaan Windows. Atau bisa juga melalui Windows Settings pada Windows 10.

Ketika anda mengaktifkan Hotspot Laptop atau PC Dekstop menggunakan CMD, maka tentu saja anda harus menjalankan CMD sebagai Administrator (Run as Administrator) kemudian mengetikkan beberapa perintah atau kode pada jendela CMD. Namun, yang jadi masalah adalah ketika anda mematikan atau melakukan restart Laptop atau PC Dekstop yang digunakan, maka Hotspot yang telah dibuat tadi secara otomatis akan mati juga. Dengan demikian, ketika anda menyalakan Laptop dan hendek membuat Hotspot dari Laptop lagi, maka anda harus membuka kembali CMD dan mengetikkan beberapa kode lagi.

Keadaan seperti ini tentu saja akan sangat merepotkan, terlebih jika setiap anda menyalakan Laptop anda selalu menjadikannya sebagai Hotspot. Sebenarnya ada solusi sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa memikirkan cara agar Hotspot dari laptop tersebut aktif secara otomatis ketika Laptop yang anda gunakan di hidupkan. Dengan demikian anda tidak perlu lagi membuka CMD kemudian mengetikkan kode yang mungkin saja sulit untuk anda hafal.

Mengaktifkan Hotspot Laptop Secara Otomatis

Jika ternyata anda sangat sering menggunakan Laptop sebagai Hotspot, dan tidak ingin terus-terusan mengaktifkan manual melalui CMD setiap Laptop dihidupkan, maka solusinya adalah dengan membuat Hotspot tersebut aktif secara otomatis. Sebenarnya konsepnya sangat sederhana, anda hanya perlu menjalankan sebuah program atau file secara otomatis pada saat Start Up atau Login Windows. Selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyimpan kode CMD yang selalu diketik ketika hendak mengaktifkan Hotspot Laptop ke dalam sebuah file. Caranya adalah, silahkan buka Notepad terlebih dahulu kemudian ketikkan kode berikut pada halaman Notepad.

@echo off
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="Nama Hotspot" key="Password"
netsh wlan start hostednetwork

Kode tersebut adalah kode yang sering diketikkan pada CMD ketika akan membuat Hotspot dari Laptop, dimana anda bisa mengganti “Nama Hotspot” sesuai dengan nama Hotspot yang anda inginkan dan juga mengganti “Password” sesuai keinginan.

Langkah selanjutnya adalah menyimpan file notepad tersebut, anda bisa klik File > Save atau tekan CTRL + S pada Keyboard. Kemudian pada jendela Save As silahkan lokasi penyimpanan yang anda inginkan. Yang perlu anda perhatikan adalah, ubah Save as type menjadi All Files kemudian pada bagian File name silahkan pilih nama file yang anda inginkan dan akhiri dengan .bat (Contoh: host.bat, hotspot.bat, dll). Setelah itu silahkan klik Save.

Sekarang, untuk membuat hotspot dari Laptop, anda tidak perlu lagi membuka CMD dan mengetikkan kode yang rumit. Anda hanya perlu menjalanakn file tersebut (Run as Administrator) untuk mengaktifkan Hotspot laptop. Mengapa demikian? karena ketika anda menjalankan file .bat yang telah dibuat tadi, maka sama saja ketika anda membuka CMD kemudian mengeksekusi kode yang diketik pada Notepad tadi.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat sebuah program yang akan akan digunakan untuk mengaktifkan Hotspot Laptop. Selanjutnya adalah bagaimana cara agar file program Hotspot yang sudah anda buat dapat dijalanakn secara otomatis ketika Laptop dihidupkan. Jadi anda tidak perlu menjalankannya secara manual.

Untuk masalah ini, anda bisa menggunakan fitur penjadwalan bawaan Windows yang disebut dengan Task Scheduler (pada Windows 7) atau Schedule tasks (pada Windows 8.1 dan Windows 10). Oleh karena itu silahkan buka Schedule tasks, anda bisa menemukannya dengan mengetikkan schedule task pada pencarian Start Menu.

Pada jendela utama Task Scheduler, silahkan klik Create Task….

Pada jendela Create Task yang muncul silahkan klik tab General kemudian lakukan langkah berikut.

  • Buat nama penjadwalan sesuai keinginan (Misalnya Hotspot) pada bagian Name:.
  • Pada bagian Description: anda bisa mengisinya atau mengosongkannya.
  • Klik opsi Run whether user is logged on or not.
  • Centang Do not store password. Thes task will only….
  • Centang Run with highest privilegas. Opsi ini fungsinya sama dengan Run as Administrator.
  • Pada bagian Configure for:¬†ubah menjadi Windows 7, Windows Server.

Klik tab Trigers lalu klik New…. Pada jendela New Trigger silahkan ubah Begin the task: menjadi At log on dan klik opsi Any User. Lalu klik Ok.


Klik tab Actions lalu klik New…. Pada jendela New Action silahkan pilih Start a program pada bagian Action:. Kemudian pada bagian Program/script: silahkan klik Browse… lalu cari dan pilih file hostpot (file .bat) yang sudah anda buat. Setelah itu silahkan klik Ok.


Klik tab Conditions. Pada bagian ini hilangkan centang Start the task only if the computer is on AC power dan Stop if the computer switches to battery power. Setelah itu klik OK.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat jadwal agar file Hotspot yang sudah anda buat dijalankan secara otomatis ketika Laptop dihidupkan. Anda bisa mencoba mematikan Laptop anda kemudian menghidupkannya lagi. Jangan lakukan apapun, dan silahkan cek pada perangkat lain. Anda akan menemukan bahwa Hotspot dari Laptop anda sudah aktif secara otomatis.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah, jika sebelumnya anda belum pernah menjadikan Laptop yang digunakan sebagai Hotspot, maka anda perlu membagikan koneksi internet ke hotspot yang sudah anda buat. Jika anda belum tahu caranya, silahkan baca langkah 6 sampai langkah 8 pada artikel Cara menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa software.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan Hotspot Laptop secara otomatis. Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencari cara untuk mengaktifkan hotspot laptop setiap dihidupkan, karena Hotspot tersebut akan aktif secara otomatis. Dengan demikian anda bisa langsung menggunakan Hotspot tersebut tanpa mengetikkan kode yang rumit pada CMD lagi.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here