Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Tanpa Software

6789

menjadikan laptop sebagai hotspot

Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Tanpa Software – Bagi beberapa orang, Internet kini sudah menjadi kebutuhan primer. Kemudahan dalam mengakses informasi membuat masyarakat semakin ketagihan dalam menggunakan internet. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka tentu saja dibutuhkan sebuah penyedia akses ke internet, dalam hal ini yang paling populer adalah WiFi.

Jika anda adalah salah satu orang yang sering menggunakan laptop dalam mengakses internet, maka ada kalanya tidak cukup ketika anda hanya menggunakan Laptop saja, kadang juga ingin menggunakan pada Smartphone. Maka dari itu, anda bisa menjadikan laptop anda sebagai Hotspot.

Menjadikan Laptop sebagai Hotspot, Buat apa?

Anda mungkin akan berfikir bahwa untuk apa menjadikan Laptop sebagai hotspot, dan apa manfaat yang bisa diperoleh. Jika anda sering menggunakan WiFi umum, trlebih lagi yang berbayar atau mengharuskan login, maka cara ini akan sangat bermanfaat. Ketika anda merasa tidak cukup hanya dengan mengunakan Laptop, dan ingin mengakses internet pada Smartphone juga, maka tidak perlu membeli voucher lain, anda bisa menjadikan Laptop sebagai hostpot yang kemudian akan dikoneksikan pada Smartphone.

Pada kasus lain, kadang anda datang secara ramai-ramain ke tempat WiFi umum, maka anda hanya pelu membeli satu voucher inernet kemudian membagikan koneksi internetnya ke teman-teman anda. Dengan demikian semuanya bisa mengakss Internet meskipun tidak semua membeli voucher.

Manfaat lain yang bisa anda peroleh adalah, anda bisa saling berbagi file antarkomputer, dimana mungkin ditempat anda tidak tersedia WiFi, sedangkan untuk bisa berbagi file antarkomputer harus terhubung ke jaringan yang sama, maka hotspot dari Laptop ini bisa anda manfaatkan.

Selain berbagi file antar komputer, jika laptop atau komputer anda terhubung dengan Printer, maka anda bisa mengubah printer tersebut menjadi printer wireless sehingga tidak perlu lagi menggunakan kabel baik USB maupun kabel LAN. Tentu saja anda tidak perlu membeli perangkat wifi tambahan, melainkan hanya memanfaatan hotspot yang dibuat dari Laptop.

Bagaimana cara menjadikan Laptop sebagai Hotspot tanpa software?

Sebenarnya sudah banyak aplikasi yang bisa membantu anda untuk menjadikan Laptop sebagai hotspot, namun tentu saja anda akan repot menginstall aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, bisa saja aplikasi-aplikasi tersebut membuat laptop anda menjadi semakin lambat karena system yang semakin berat akibat adanya aplikasi hotspot ini.

Anda tidak membutuhkan apliaksi apapun untuk membuat hostpot dari laptop, sehingga tidak perlu repot menginstall aplikasi-aplikasi hotspot maker dan sebagainya. Yang digunakan disini adalah fitur bawaan Windows seperti Command Prompt (CMD) dan Control Panel. Bagaimana melakukannya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Command Prompt, caranya bisa dengan mencari nya di start menu. Hal yang tidak kalah penting adalah CMD ini harus anda Run as administrator.

Langkah 2

Pada jendela CMD silahkan ketik kode berikut kemudian tekan Enter.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="nama wifi" key="password wifi"

Silahkan ganti nama wifi menjadi nama wifi hotspot yang akan anda gunakan, nama inilah yang akan tampil sebagai hotspot. Ganti juga password wifi sesuai dengan password yang anda inginkan, perlu diingat bahwa password ini tidak boleh kurang dari 8 karakter.

menjadikan laptop sebagai hotspot

Langkah 3

Untuk mengaktifkan hotspot, Ketik kode berikut pada jendla CMD kemudian tekan Enter.

netsh wlan start hostednetwork

menjadikan laptop sebagai hotspot

Langkah 4

Untuk mematikan hotspot, Ketik kode berikut pada jendla CMD kemudian tekan Enter.

netsh wlan stop hostednetwork
Langkah 5

Sekarang hotspot dari Laptop sudah berhasil dibuat, namun belum bisa digunakan untuk terhubung ke Internet. Agar dapat digunakan untuk terhubung ke internet maka anda harus membagikan koneksi dari adapter yang terhubung ke internet.

Langkah 6

Untuk membagikan koneksi silahkan buka Control Panel kemdudian pergi ke

Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center

Anda bisa juga melakukannya denga cara klik kanan pada ikon wifi atau lan di taskbar kemudian klik open network and sharing center. Kemudian pada panel sebelah kiri klik Change adapter settings.

menjadikan laptop sebagai hotspot

Langkah 7

Pada jendela yang muncul, akan terlihat semua adapter jaringan yang ada pada laptop anda. Silahkan klik kanan pada adapter yang terhubung koneksi internet, misalnya yang terhubung adalah adapter wifi (bukan LAN atau Ethernet) maka klik kanan pada adapter Wi-Fi. Pada opsi yang muncul pilih Properties.

menjadikan laptop sebagai hotspot

Langkah 8

Pada jendela Propesties klik tab Sharing. Kemudian centang pada checkbox Allow other network user to connect…. Kemudian pada bagian Home networking connetion: silahkan pilih hotspot yang telah anda buat, bisanya bernama Local Area Connection*. Setelah itu klik Ok.

menjadikan laptop sebagai hotspot

Langkah 9

Sekarang anda sudah berhasil membuat hotspot dari laptop, silahkan gunakan hotspot tersebut agar bisa mengakses internet melaui Smartphone kesayangan anda atau kepada teman.

Yang perlu dicatat adalah, Hotspot yang anda buat dari laptop bisa digunakan untuk mengakses Internet selama laptop yang dijadian Hotspot terkoneksi dengan internet. Jika koneksi laptop anda terputus maka tentu saja koneksi internet dari Hostpot yang telah dibuat juga akan terputus.

Itulah cara menjadikan Laptop sebagai Hotspot tanpa software. Cara ini sangate efisien bagi anda yang sering mengakses internet menggunakan banyak perangkat. Selain itu cara ini juga tidak memerlukan sofware tambahan dan bisa dilakukan pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here