Cara Membuat Icon Taskbar Agar di Tengah pada Windows 10/8/7

0
715

Cara membuat icon taskbar di tengah pada WIndows 10

Mempercantik tampilan Windows memang sesuatu yang sangat sering dilakukan oleh para pengguna. Tampilan Windows yang menarik tentu saja akan membuat pengguna merasa lebih nyaman saat beraktivitas dalam waktu yang lama menggunakan Laptop. Salah satu cara kostumisasi yang sering dilakukan adalah membuat icon taskbar Windows agar berada di tengah, entah itu pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10.

Beberapa pengguna mungkin ingin mempercantik tampilan Desktop Laptop Windows yang digunakan. Salah satunya adalah dengan memindahkan posisi icon aplikasi yang terdapat pada taskbar ke tengah. Tentu saja hal ini dilakukan agar tampilan taskbar mirip dengan tampilan di Komputer Apple. Selain itu, pengguna juga tentu ingin mempunyai tampilan taskbar yang berbeda dari yang lain.

Jika anda ingin membuat icon taskbar Windows agar berada di tengah, maka ada banyak cara yang dapat anda gunakan. Diantara cara-cara tersebut ada yang mengharuskan anda untuk menginstall aplikasi khusus. Jika menggunakan cara yang demikian , maka tentu akan repot karena harus menginstall software. Tapi, sebenarnya anda juga dapat memindahkan icon aplikasi di taskbar ke tengah tanpa harus install software atau aplikasi khusus. Yang perlu anda lakukan hanyalah sedikit mengubah pengaturan bawaan Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. (Baca juga: 2 Cara Menambahkan Aplikasi ke Taskbar Windows 10,8,7)

Cara Membuat Icon Taskbar Agar di Tengah Tanpa Software

Cara untuk membuat agar icon taskbar berada di tengah dapat dilakukan tanpa harus install software. Selain itu, pengaturan yang perlu dilakukan juga sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka kunci taskbar Windows pada Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Caranya adalah klik kanan pada taskbar, kemudian klik dan hilangkan centang pada bagian Lock the taskbar.

Selanjutnya, silahkan tambahkan toolbar Links ke taksbar Windows. Caranya adalah klik kanan pada taskbar, kemudian arahkan kursor ke Toolbars lalu klik Links.

Cara membuat ikon taskbar agar berada di tengah pada Windows

Setelah itu, silahkan geser pembatas bagian Links ke kiri hingga menyentuh tombol start menu dan semua icon aplikasi yang terdapat di taskbar berpindah ke kanan.

Cara memindahkan icon aplikasi di taskbar ke tengah

Selanjutnya, silahkan geser lagi pembatas yang terdapat di sebelah kiri icon-icon aplikasi tersebut. Silahkan geser ke kiri dan sesuaikan hingga semua icon aplikasi sudah berada di tengah.

Bagaimana cara agar icon aplikasi pada taskbar berada di tengah?

Tahap berikutnya anda harus menghilangkan tulisan Links di taskbar. Caranya adalah silahkan klik kanan pada taskbar, kemudian klik dan hilangkan centang pada bagian Show Text dan Show title.

Jika sudah selesai, maka silahkan kunci kembali taskbar, yaitu dengan cara klik kanan pada taskbar, kemudian klik untuk mencentang Lock the taskbar. Setelah itu, maka pembatas yang terdapat pada taskbar akan hilang.

Menyembunyikan tulisan links pada taskbar

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil memindahkan icon aplikasi yang terdapat pada taskbar ke tengah. Namun, jika ingin lebih menarik, maka silahkan lakukan kostumisasi tambahan berikut ini.

Pengaturan Tambahan Setelah Icon Taskbar Berada di Tengah

Setelah anda membuat icon taskbar berada di tengah, maka anda juga dapat melakukan pengaturan tambahan berikut ini agar tampilan Windows lebih menarik. Pengaturan apa saja yang mungkin untuk dilakukan, silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Menghilangkan Search dan Task view yang Masih di Sebelah Kiri

Agar lebih menarik, maka anda dapat menghilangkan tombol/kolom Search dan juga tombol Task View Button. Pengaturan ini hanya berlaku untuk pengguna Windows 10, karena kedua bagian tersebut hanya terdapat pada Windows 10. Jadi, jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1, maka silahkan abaikan pengaturan ini.

Untuk menghilangkan tombol Task View, silahkan klik kanan pada taskbar, kemudian klik dan hilangkan centang pada bagian Show Task View button.

Menyembunyikan tombol task view

Sementara untuk menghilangkan tombol/kolom Search di Taskbar, maka silahkan klik kanan pada taskbar, kemudian arahkan kursor ke Search dan klik Hidden.

Menyembunyikan tombol search di taskbar

Jika sudah selesai, maka bagian Search dan Task View akan hilang, sehingga yang tersisa di sebelah kiri hanya tombol start menu.

2. Menyembunyikan Icon-Icon di Bagian Kanan Taskbar (Dekat Jam)

Pengaturan selanjutnya untuk menyembunyikan atau membuat minimalis tampilan icon di bagian kanan taskbar Windows. Seperti yang sudah diketahui bahwa bagian kanan taskbar akan menampilkan icon System Tray. Jadi, agar lebih minimalis maka silahkan sembunyikan icon-icon System Tray tersebut dan hanya muncul jika anda klik tombol arah atas.

Untuk menyembunyikan icon System Tray tersebut, maka silahkan klik kanan pada taskbar, kemudian klik Taskbar settings untuk membuka pengaturan taskbar.

Membuka pengaturan taskbar di Windows 10

Selanjutnya, pada jendela Settings, silahkan scroll ke bawah dan cari bagian Notification area. Pada bagian tersebut, silahkan klik Select which icons appear on the taskbar.

Menyembunyikan beberapa icon system tray

Pada jendela selanjutnya, silahkan ubah toggle Always show all icons in the notification area menjadi Off. Kemudian, ubah setiap icon aplikasi yang ingin anda sembunyikan menjadi Off. Misalnya, jika anda hanya ingin icon jaringan saja yang tampil di System Tray, maka cukup bagian Network saja yang dibiarkan dalam posisi On. Semua icon yang anda ubah menjadi Off akan disembunyikan dan akan muncul jika anda klik Show hidden icons (tombol arah atas).

Mengatur icon system tray yang muncul di taskbar

Setelah itu, tampilan taskbar bagian kanan di Laptop Windows anda akan menjadi lebih minimalis.

3. Memindahkan Posisi Taskbar ke Atas

Pengaturan selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memindahkan posisi taskbar ke atas. Tapi ini hanya jika anda ingin merasakan tampilan yang betul-betul berbeda.

Untuk melakukannya silahkan klik kanan pada taskbar, kemudian klik Taskbar settings.

Selanjutnya, pada bagian Taskbar location on screen, silahkan ubah menjadi Top. Setelah itu, maka posisi taskbar Windows anda akan berpindah ke bagian atas layar.

Memindahkan posisi taskbar di Windows

Itulah cara mudah untuk membuat icon aplikasi pada taskbar agar berada di tengah. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Dan juga, cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan software apapun. Jadi, jika anda ingin memiliki tampilan taskbar yang berbeda, maka cukup lakukan pengaturan tersebut.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda