2 Cara Menonaktifkan Update Otomatis pada Windows

551

cara menonaktifkan update otomatis pada windows
Saat ini perkembangan Windows sudah memasuki generasi kedelapan. Versi terbarunya adalah windows 10. Pada generasi terbaru seperti Windows 8 dan Windows 10 banyak keunggulan yang diberikan. Salah satunya kemudahan dalam melakukan update windows. Secara default Windows 8 dan 10 telah diatur untuk melakukan update windows secara otomatis jadi tidak perlu melakukannya secara manual.

Namun, tidak sedikit juga yang merasa dirugikan dengan adanya update otomatis. Hal ini dirasa mengganggu dan belum lagi untuk sekali update memakan paket data yang cukup besar. Untuk itu ada beberapa cara menonaktifkan update otomatis pada windows. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

Cara Menonaktifkan Update Otomatis pada Windows

Ada dua cara untuk menonaktifkan update otomatis yang ada pada Windows 10. Anda bisa menggunakan Setting Windows Update dan fitur Metered Connection. Kedua cara ini bisa Anda gunakan untuk meminimalisir terjadinya update windows secara otomatis.

Menggunakan Setting Windows Update

Pada cara pertama Anda bisa melakukan pengaturan pada Windows Update yang ada pada menu setting Windows. Perlu diingat bahwa cara ini tidak bisa mematikan update otomatis pada windows secara total atau permanen. Cara ini hanya menunda pembaharuan update selama beberapa bulan.

Meski demikian, cara yang satu ini patut dicoba karena dengan melakukan setting pada Windows Update Anda bisa mencari wifi area terlebih dahulu, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan paket data untuk melakukan update windows.

Untuk melakukan setting pada Windows Update Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Menu Setting

Langkah pertama adalah masuk ke menu Settings, kemudian cari Update & Recovery.

2. Masuk ke Windows Update

Pada menu Update & Recovery pilih Windows Update, setelah itu akan terlihat informasi mengenai update windows. Jika ada update terbaru maka akan terlihat atau Anda juga bisa melakukan Check for update untuk melihat update windows terbaru.

Nah, untuk mematikan update windows secara otomatis tekan Choose how update get installed kemudian Anda bisa memilih beberapa tindakan. Setidaknya ada empat tindakan yang bisa Anda pilih.

Pertama, Install update automatically. Tindakan ini akan mengunduh dan menginstall update/pembaruan windows secara otomatis. Pada beberapa versi windows seperti Windows 8 dan 10 tindakan ini diatur secara default.

Kedua, Download update but let me choose whether to install them. Tindakan ini akan otomatis mengunduh pembaruan tapi Anda bisa memilih akan menginstalnya atau tidak.

Ketiga, Check for update but let me choose whether to download and install them. Pada tindakan ini Anda bisa memeriksa pembaruan dan memilih apakah ingin mengunduh dan menginstalnya tidak.

Keempat, Never check for update. Tindakan yang terakhir ini tidak akan memeriksa pembaruan windows.

Pada keempat tindakan tersebut, Anda bisa memilih tindakan ketiga atau keempat untuk mematikan update windows otomatis. Namun, pada tindakan keempat tidak begitu direkomendasikan karena perangkat windows perlu dilakukan pembaruan. Hal ini bertujuan untuk menjaga performa serta keamanan.

Menggunakan Fitur Metered Connection

Cara menonaktifkan upadate otomatis pada windows yang kedua adalah dengan menggunakan fitur Metered Connection. Cara ini akan membatasi akses internet yang digunakan oleh aplikasi atau software ketika terhubung ke jaringan internet, sehingga pada windows update tidak bisa melakukan update secara otomatis karena akses data yang dibatasi.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Menu Settings

Pada menu Settings pilih Network & Internet.

2. Masuk ke Wi-Fi

Pada Network & Internet masuklah ke munu Wi-Fi kemudian pilih Advanced options. Setelah itu ubah pengaturan Set as metered connection menjadi on.

Itulah tadi dua cara menonaktifkan update otomatis pada windows. Anda juga bisa membaca cara mengatasi gagal update pada windows 10.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here