2 Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop atau PC Desktop

0
3040

Cara menggunakan WhatsApp di Laptop Windows

Dalam kehidupan sehari-hari keberadaan sosial media tentu sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi kalangan milenial. Salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer dan banyak penggunanya adalah aplikasi WhatsApp. Aplikasi buatan facebook ini memang sudah menjadi primadona sejak kemunculannya pada tahun 2009 lalu.

Tidak butuh waktu lama hingga layanan pesan WhatsApp menjadi sangat populer dan menggeser para pesaingnya di dunia messanger. Tentu saja ada banyak alasan yang membuat WhatsApp sangat populer bagi para pengguna gadget. Misalnya saja kemampuan aplikasi WhatsApp untuk mengirim berbagai jenis pesan dengan cepat.

Selain itu, aplikasi pengirim pesan melalui internet ini juga sangat ringan dan tidak terlalu banyak menghabiskan kuota internet. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai kalangan sangat menggemari dan menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Bahkan, aplikasi WhatsApp sepertinya sudah menjadi pengganti aplikasi SMS di ponsel. Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa sadar atau tidak layanan SMS saat ini sudah sangat jarang penggunanya.

Para pengguna gadget lebih memilih untuk mengirim pesan melalui internet, salah satunya melalui aplikasi WhatsApp. Namun, apa jadinya jika anda sedang bekerja menggunakan Laptop dan juga ingin tetap terus menerima dan mengirim pesan menggunakan WhatsApp. Tidak mungkin anda harus setiap saat memeriksa aplikasi WhatsApp di Smartphone.

Oleh karena itu, pada tahun 2015 WhatsApp mengeluarkan sebuah fitur yang sangat keren yang memungkinkan anda menggunakan WhatsApp di Laptop maupun Komputer. Meskipun sudah menjadi fitur yang sangat lama, namun fitur ini merupakan fitur WhatsApp yang sangat bermanfaat dan memudahkan bagi pengguna.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan layanan WhatsApp di Laptop ataupun PC Desktop yang anda gunakan untuk bekerja. Untuk masalah tersebut anda tidak usah khawatir karena pada tulisan ini akan membahas berbagai jenis cara yang dapat anda gunakan ketika hendak menggunakan WhatsApp di Laptop maupun PC Desktop.

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop atau PC Desktop

Jika anda hendak menggunakan layanan WhatsApp di Laptop agar lebih mudah dalam berkomunikasi sambil bekerja, maka anda dapat menggunakan dua cara. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah bahwa ketika anda menggunakan salah satu cara berikut, Smartphone anda yang terpasang aplikasi WhatsApp harus terus aktif dan terkoneksi ke internet.

Baca Juga :
Cara Mudah Atasi Whatsapp dan Instagram yang Eror

Mengapa harus demikian? berikut ini penjelasan yang harus anda pahami tentang penyimpanan WhatsApp. Bagi anda yang belum tahu, aplikasi WhatsApp memiliki metode penyimpanan pesan yang berbeda dengan aplikasi messanger lain. Jika aplikasi messanger lain seperti Telegram, Line, dll menyimpan pesan pada database, hal ini tidak berlaku pada WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp menggunakan memori penyimpanan ponsel sebagai tempat untuk menyimpan pesan. Hal inilah yang membuatnya mampu mengirim pesan dengan sangat cepat karena tidak perlu tersambung ke database terlebih dahulu.

Masalahnya adalah, karena Smartphone bisa dikatakan sebagai database semua pesan WhatsApp anda, sehingga ketika anda menggunakannya di Laptop, maka semua data pesan akan terambil dari Smartphone. Dengan demikian Smartphone anda harus tetap aktif dan terkoneksi dengan internet.

Jika anda sudah memahami hal ini, maka anda sudah bisa melakukan salah satu cara berikut untuk menggunakan WhatsApp di Laptop maupun PC Desktop.

1. Menggunakan WhatsApp di Laptop atau PC Desktop Melalui Web

Cara pertama yang dapat anda lakukan ketika hendak menggunakan WhatsApp di Laptop adalah dengan cara membukanya melalui web di browser. Cara ini merupakan yang paling mudah karena anda hanya membutukan koneksi internet dan sebuah browser di Laptop. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pastikan Laptop atau PC Desktop anda sudah terkoneksi ke internet, kemudian silahkan buka web browser. Selanjutnya, pada aplikasi browser di Laptop silahkan buka laman WhatsApp Web yaitu web.whatsapp.com. Selanjutnya, anda harus melakukan scan QR Code agar bisa login ke akun WhatsApp.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp di Smartphone kemudian ketuk Menu (icon titik tiga) di pojok kanan atas, lalu ketuk Perangkat tertaut. Setelah itu, silahkan ketuk tombol Tautkan Perangkat agar laman scanner QR Code WhatsApp Web tampil.

Baca Juga :
Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun WA Agar Aman

Cara menggunakan WhatsApp Web

Selanjutnya, silahkan scan QR Code yang terdapat di layar Laptop dengan menggunakan Smartphone anda. Pastikan QR Code tepat berada pada kotak scanner di Smartphone anda. Jika sudah cocok maka akun WhatsApp anda secara otomatis akan terbuka di Laptop maupun PC Desktop yang anda gunakan.

Cara menggunakan WhatsApp di browser

Setelah itu anda dapat menggunakan WhatsApp dan mengirim berbagai jenis pesan melalui browser di Laptop. Cara ini dapat anda lakukan pada semua jenis Windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10.

Cara mengirim pesan di WhatsApp Web

2. Menggunakan WhatsApp di Laptop Melalui Aplikasi WA Windows 10

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika hendak menggunakan WhatsApp di Laptop adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop. Namun, cara kedua ini hanya dapat anda lakukan jika komputer anda menggunakan Windows 10. Untuk menggunakan WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp Windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Sama seperti pada cara yang pertama, pastikan Laptop yang anda gunakan sudah terkoneksi ke internet. Kemudian silahkan buka Microsoft Store di Windows 10 agar anda bisa install aplikasi WhatsApp dari Microsoft Store.

Jika anda baru pertama kali menggunakan Microsoft Store, maka silahkan masuk dengan akun microsoft terlebih dahulu. Lalu pada Microsoft Store silahkan cari dan klik aplikasi WhatsApp Desktop.

Cara menggunakan WhatsApp Desktop

Langkah selanjutnya silahkan klik Install untuk memasang aplikasi WhatsApp Dekstop di Laptop anda. Kemudian anda hanya perlu menunggu hingga proses download dan install selesai.

Cara install WhatsApp Desktop

Jika sudah selesai, silahkan klik Launch untuk membuka aplikasi WhatsApp Desktop di Laptop atau PC Dekstop anda. Kemudian, sama seperti cara pertama yaitu anda harus melakukan scan QR Code terlebih dahulu agar dapat login ke akun WhatsApp di Laptop.

Cara login ke WhatsApp Desktop

Silahkan buka aplikasi WhatsApp di Smartphone anda kemudian ketuk tombol Menu (ikon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas, lalu ketuk Perangkat tertaut. Setelah itu, silahkan ketuk tombol Tautkan Perangkat untuk membuka laman scanner QR Code.

Baca Juga :
2 Cara Menggunakan Dua Akun WA dalam Satu HP Android

Setelah itu, silahkan scan QR Code yang terdapat di aplikasi WhatsApp Desktop pada layar Laptop atau PC desktop anda dengan menggunakan Smartphone. Pastikan QR Code di layar Laptop tepat berada pada kotak scanner di Smartphone anda. Jika sudah cocok maka akun aplikasi WhatsApp Desktop akan masuk ke akun anda dan menampilkan semua pesan.

Setelah itu anda dapat menggunakan WhatsApp dan mengirim serta menerima berbagai jenis pesan melalui aplikasi WhatsApp Desktop di Laptop. Selain itu, dengan aplikasi ini anda juga sudah bisa melakukan panggilan telfon dan video call WA di Laptop.

Kekurangan Menggunakan WhatsApp di Komputer

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa dengan menggunakan WhatsApp di Laptop maka anda bisa bekerja dan bertukar pesan melalui WhatsApp tanpa harus mengecek Smartphone setiap saat. Namun, ketika anda menggunakan layanan WhatsApp di Laptop, Smartphone  harus tetap aktif dan terkoneksi ke internet. Jika WA di HP menjadi tidak aktif, maka WhatsApp di Laptop juga akan terputus.

Logout atau Berhenti Menggunakan WhatsApp di Laptop

Jika anda sudah selesai dan hendak mengeluarkan akun WhatsApp di Laptop maka caranya sangat mudah. Silahkan klik pada tombol Menu (ikon titik tiga) kemudian pilih Log Out. Setelah itu, maka akun WhatsApp anda di Laptop akan segera keluar.

Cara logout dari WhatsApp Dekstop atau Web

Dengan demikian ketika orang lain menggunakan komputer anda, maka tidak akan dapat mengakses akun WhatsApp anda.

Penutup

Itulah cara menggunakan WhatsApp di Laptop maupun PC Desktop yang dapat anda lakukan selama memiliki koneksi internet. Dengan menggunakan cara ini maka anda akan sangat mudah dalam mengirim berbagai jenis pesan. Terlebih lagi jika anda hendak mengirim file atau gambar yang tersimpan di Laptop, anda tidak perlu repot mengirimnya dulu ke Smartphone.

Anda dapat langsung mengirim berbagai jenis file dari Laptop menggunakan fitur WhatsApp Web maupun WhatsApp Desktop. Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa cara ini hanya akan bekerja jika Smartphone anda tetap terkoneksi ke internet.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda