Dampak Negatif Mencabut Flashdisk dari Laptop Tanpa di Eject

0
28

dampak negatif mencabut Flashdisk dari Laptop tanpa di eject

Semenjak ada Flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya, anda bisa menyimpan data pada tempat yang kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana. Jadi, tidak heran jika pengguna Laptop atau Komputer PC sangat sering menggunakan Flashdisk untuk menyimpan ataupun memindahkan data. Dalam menggunakannya, terkadang pengguna langsung mencabut Flashdisk tanpa di eject terlebih dahulu, yang mana ini berbahaya.

Mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal memang memiliki prosedur tersendiri yang harus anda lakukan dengan benar agar semuanya aman dan tidak terjadi masalah. Anda harus melakukan proses eject pada Flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB Laptop dan Komputer PC.

Proses ini sangat penting karena eject berfungsi untuk memastikan bahwa Flashdisk tersebut siap untuk dicabut. Meskipun demikian, seringkali pengguna langsung saja mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal dari Laptop. Biasanya karena pengguna Komputer sedang terburu-buru, atau memang tidak peduli dengan prosedur eject. Padahal, kebiasaan ini bisa merugikan anda karena dapat menimbulkan kerusakan pada Flashdisk yang digunakan.

Dampak Negatif Cabut Flashdik Secara Mendadak Tanpa di Eject

Sekali lagi dikatakan bahwa beresiko untuk langsung mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal dari Laptop tanpa melakukan proses eject terlebih dahulu. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan yang tentu saja tidak anda inginkan. Apa saja dampak negatif mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal tanpa di eject?.

Kerusakan dan Kehilangan Data pada Flashdisk

Kalau anda sedang mengutak-atik isi Flashdisk atau Hardisk eksternal kemudian mencabutnya secara tiba-tiba, maka ada kemungkinan data didalamnya akan rusak atau corrupt. Misalnya, saat anda mengedit file atau dokumen yang ada di Flashdisk kemudian dicabut tanpa eject, maka file tersebut bisa menjadi rusak.

Apa bahayanya cabut flashdisk tanpa eject?

Kalau sudah rusak atau corrupt, maka kemungkinan besar file atau dokumen tersebut tidak akan bisa lagi anda buka dilain waktu. Bahkan, kemungkinan lebih buruk bisa saja terjadi, seperti kehilangan data dalam Flashdisk atau Hardisk eksternal tersebut.

Baca Juga :
Cara Mengatasi Isi Flashdisk yang Terbuka Otomatis di Windows 10

Kerusakan pada Flashdisk

Selain kerusakan atau kehilangan data pada Flashdisk, tindakan mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal tanpa eject bisa juga menimbulkan dampak negatif pada Flashdisk secara keseluruhan. Jika anda terus-menerus mencabut Flasdisk secara mendadak tanpa eject, maka bisa saja Flashdisk tersebut rusak lebih cepat.

Flashdisk atau Hardisk eksternal tersebut bisa mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi terbuka pada File Explorer Komputer saat dicolokkan. Selain itu, Flashdisk atau Hardisk eksternal anda tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan data. Bahkan, sekalipun anda mencoba memformat ulang Flashdisk tersebut, maka tidak akan bisa lagi.

Sistem Komputer Menjadi Crash dan Hang

Tidak hanya berdampak pada Flashdisk atau Hardisk ekstenal, tindakan tersebut juga bisa berdampak pada Laptop atau Komputer yang anda gunakan. Komputer anda bisa saja mengalami crash atau hang.

Saat anda sedang menjalankan program aplikasi yang mengedit file pada Flashdisk, artinya Flashdisk tersebut diaggap sebagai penyimpanan file tersebut. Kalau anda tiba-tiba mencabut Flashdisk tersebut, program akan kaget karena penyimpanan file tersebut tiba-tiba hilang.

Akibatnya, program tersebut bisa saja mengalami crash karena tidak bisa menemukan penyimpanan dari file yang sedang dijalankannya. Pada akhirnya, program yang crash tersebut bisa membuat Komputer mengalami not responding atau hang.

Apa dampak buruk cabut flashdisk tanpa eject?

Itulah kenapa anda tidak bisa melakukan eject pada Flashdisk kalau masih ada program yang menjalankan file dari Flashdisk tersebut. Tapi, kalau anda langsung saja mencabutnya tanpa eject terlebih dahulu, maka Komputer tidak akan sempat mengenali bahwa masih ada program yang menjalankan file dari Flashdisk.

Penutup

Demikian beberapa dampak negatif yang bisa terjadi jika anda terlalu sering mencabut Flashdisk secara mendadak tanpa di eject terlebih dahulu. Jika anda tidak ingin mengalami dampak buruk tersebut, maka pastikan untuk selalu melakukan proses eject sebelum mencabut Flashdisk.

Baca Juga :
Cara Membuat Chrome Menjadi Default Browser di Windows 10

Mungkin saat ini memang belum terasa dampak negatifnya saat tidak melakukan eject, tapi jika dilakukan terus-menerus maka akan terjadi hal buruk pada Flashdisk atau Hardisk eksternal anda.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda