Cara Memindahkan Lokasi Folder Download di Windows 10/8/7

Diupdate: 9 Juni 2020
0
131

Cara memindahkan lokasi folder Download di Windows

Jika anda menggunakan sebuah Laptop ataupun PC Desktop, maka mendownload sebuah file dari internet merupakan hal yang sering dilakukan. Melakukan proses download file dari internet dilakukan untuk mendapatkan file yang tidak terdapat di penyimpanan hardisk. Secara default, file-file yang sudah anda download akan tersimpan di folder download bawaan Windows. Folder download tersebut terdapat pada partisi C Windows, namun jika anda ingin memindahkan lokasi folder tersebut, maka dapat menggunakan cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Lokasi bawaan folder download yang memiliki shortcut di File Explorer berada pada partisi C, tepatnya di C:\Users\Nama Pengguna\Downloads. Artinya, setiap file yang sudah anda download akan tersimpan pada partisi C. Jika file yang sudah didownload ukurannya kecil, maka mungkin tidak memberikan dampak yang signifikan. Tapi, jika file yang sudah anda download berukuran besar, maka ini akan membuat ruang kosong pada partisi C berkurang. Artinya, jika secara terus menerus anda mendownload file dan tersimpan di partisi C, maka partisi C akan menjadi cepat penuh.

Jika anda ingin tetap mendownload file setiap kali dibutuhkan tanpa khawatir partisi C penuh, maka silahkan memindahkan lokasi folder download tersebut ke partisi lain. Anda dapat memindahkan lokasi folder download ke partisi D, E, atau partisi penyimpanan data lainnya. Dengan demikian, semua file yang sudah anda download akan dipindahkan ke partisi tersebut. Tentu saja ini akan lebih efektif dibanding harus memindahkan file-file yang sudah di download dengan cara Cut kemudian Paste. Selain itu, jika anda klik shortcut Downloads pada File Explorer, maka akan diarahkan ke folder download yang baru dan tidak berada pada partisi C lagi.

Cara Memindahkan Lokasi Folder Download di Windows 10/8/7

Memindahkan lokasi folder download ke partisi lain merupakan salah satu solusi untuk mengatasi partisi C yang penuh. Jadi, jika partisi C anda sudah merah dan hampir penuh, maka silahkan coba memindahkan lokasi folder downlaod tersebut.

Untuk memindahkan lokasi folder download, cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka File Explorer di Windows yang anda gunakan, baik itu Windows 10, Windows 8.1, maupun Windows 7. Kemudian, klik kanan pada shortcut Downloads yang terdapat pada panel sebelah kiri File Explorer. Lalu, pada context menu yang muncul silahkan klik Properties.

Mengatur properties folder Donwload

Selanjutnya, pada jendela Downloads Properties, silahkan klik tab Location. Kemudian, untuk memindahkan lokasi folder download beserta isinya, silahkan klik Move.

Cara memindahkan folder download ke partisi lain

Setelah itu, pada jendela Select a Destination, silahkan pilih folder pada partisi selain C sebagai lokasi tujuan pemindahan folder download. Jika anda belum membuat folder tujuan, maka silahkan pilih partisi kemudian klik New Folder. Jika sudah selesai membuat folder, silahkan klik folder tersebut kemudian klik Select Folder.

Cara menetukan lokasi baru folder download

Untuk menerapkan lokasi baru dari folder Download, silahkan klik Apply.

Menerapkan perubahn lokasi folder download

Pada jendela konfirmasi yang muncul, silahkan klik Yes untuk menyetujui pemindahan folder download dan isinya ke lokasi yang baru.

Konfimasi pemindahkan direktori folder download

Selanjutnya anda cukup menunggu hingga proses pemindahan isi folder download selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Ok pada jendela Download Properties.

Setelah itu, silahkan cek partisi dimana lokasi folder download dipindahkan, anda akan menemukan baha nama folder tersebut otomatis berubah menjadi Downloads. Selain itu, icon folder tersebut juga sama seperti icon folder download pada shortcut.

Sebagai tambahan, anda juga dapat mengubah lokasi folder download di Google Chrome setelah melakukan cara di atas. Hal ini dilakukan agar file yang didownload menggunakan Google Chrome langsung tersimpan pada folder yang sudah ditentukan. Atau, jika anda menggunakan IDM, maka silahkan mengganti lokasi folder download IDM.

Itulah cara mudah memindahkan lokasi folder download pada Laptop Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 10, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda merasa bahwa file-file yang berada pada folder download membuat partisi C menjadi cepat penuh, maka solusinya adalah dengan memindahkannya.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda