Apa Saja Fitur Baru dan Bagaimana Tampilan Menarik Windows 11

0
90

Apa saja fitur baru dan bagaimana tampilan Windows 11

Windows 11 memang dikatakan sebagai OS Windows terbaru dari Microsoft, jadi tidak heran jika para pengguna Windows banyak yang penasaran. Pengguna Windows dari seluruh dunia saat ini sedang ramai memperbincangkan tentang apa saja fitur baru dan bagaimana tampilan Windows 11 yang akan segera rilis.

Meskipun belum rilis dan belum ada waktu pasti terkait kapan Windows 11 akan dirilis, namun selaku pengguna setia Windows tentu anda sudah penasaran dengan Windows baru ini. Anda pasti sudah penasaran dan ingin mengetahui apa saja yang baru dari Windows 11, dan apakah OS ini akan benar-benar berbeda dengan Windows 10.

Tampilan dan fitur Windows 10 yang sudah menjadi OS terbaru Windows selama 6 tahun terakhir memang sudah berkembang jauh. Pembaharuan besar-besaran pada Windows 10 setiap 2 kali setahun memberikan fitur dan tampilan yang lengkap dan menarik. Jadi, tidak heran jika kehadiran Windows 11 diharapkan membawa fitur yang lebih keren dan tampilan baru yang menarik. Tentu pengguna Windows akan kecewa jika Windows 11 akan sama saja dengan Windows 10.

Fitur Baru dan Tampilan Windows 11

Pembahasan terkait fitur baru dan bagaimana tampilan Windows 11 memang belum bisa dipastikan. Hal ini tentu saja karena Windows 11 memang belum dirilis secara resmi oleh pihak Microsoft. Jadi, meskipun sudah ada bocoran yang beredar, namun bisa saja masih ada perubahan.

Tapi, kalau anda sudah penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang Windows 11, maka secara garis besar dikatakan mirip dengan Windows 10X. Dari segi tampilan, bocoran Windows 11 yang beredar memang sangat mirip dengan Windows 10X. Jadi, kemungkinan Windows 11 adalah pengembangan dari sistem operasi Windows 10X. Atau, Windows 11 adalah Windows 10X itu sendiri, dan hanya berganti nama.

Baca Juga :
Windows 11 Akan Segera Rilis Sebagai Penerus OS Windows yang Baru

Meskipun demikian, fitur dan tampilan tersebut tentu sangat berbeda dengan Windows 10 yang banyak digunakan di Laptop atau Komputer PC saat ini. Untuk mengetahui apa saja fitur dan tampilan baru tersebut, silahkan simak ulasan berikut.

Warna Tema dan Tampilan Jendela Aplikasi yang Baru

Pada Windows 10 update terbaru mungkin sudah terlihat bahwa warna yang ditampilkan semakin lembut. Maksudnya adalah warna tema tersebut tidak terlalu kontras. Hal ini juga berlaku pada warna tema Windows 11 yang terlihat lebih lembut dan elegan. Anda tetap bisa memilih untuk menggunakan Dark Mode atau Light Mode, dan keduanya terlihat keren.

Tampilan UI Windows 11

Sementara dari sisi jendela aplikasi yang anda buka juga ada perubahan, yaitu sudut-sudut jendela aplikasi, pop-up dan context menu tidak lagi runcing. Pada setiap sudut jendela aplikasi yang anda buka akan terlihat memiliki sedikit lengkungan, sehingga tampilannya tidak seperti sangat kotak.

Efek lengkungan pada jendela aplikasi Windows 11

Icon Taskbar Berada di Tengah

Hal pertama dan yang paling mencolok dari tampilan Windows 11 ini adalah icon-icon aplikasi pada taskbar yang berada di tengah. Jika anda menggunakan Windows 10, maka tentu akan disadari bahwa icon aplikasi dan tombol Start berada di sebelah kiri. Namun, pada Windows 10 tombol Start dan icon aplikasi tersebut dipindahkan ke tengah.

Taskbar Windows 11 berada ditengah

Tentu ini akan menjadi fitur yang menarik, terlebih lagi selama ini banyak pengguna yang ingin membuat icon taskbar Windows 10 agar berada ditengah. Karena pada Windows 10 taskbar sudah berada di tengah, maka tentu anda tidak perlu lagi memodifikasinya.

Tapi, kalau ternyata anda tidak suka dengan taskbar yang berada di tengah, maka silahkan pindahkan ke kiri lagi. Anda bisa dengan sangat mudah memindahkannya karena memang sudah tersedia di Settings.

Baca Juga :
Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Windows 11

Tampilan Start Menu yang Baru

Selain tombol Start yang berpindah ke tengah, saat anda klik tombol tersebut dan muncul Start Menu, maka akan terlihat sesuatu yang baru juga. Pada tampilan menu Start Windows 11 sudah tidak ada lagi live tiles atau icon aplikasi yang kotak-kotak itu. Yang ada hanyalah icon aplikasi yang sama seperti icon pada taskbar.

Tampilan baru Start Menu di Windows 11

Ukuran icon yang kecil ini tentu saja akan membuat tampilan Start Menu Windows 10 terlihat lebih minimalis. Selain itu, Profil anda dan tombol power ditampilkan di bagian bawah secara terpisah.

Tampilan File Explorer yang Baru

Aplikasi pengelolah file bawaan Windows juga mendapat perubahan pada Windows 11. File Explorer di Windows 11 terlihat lebih menarik dengan icon-icon folder dan pintasan yang baru. Tentu saja ini akan membuat anda merasa nyaman saat mengelolah file yang ada pada penyimpanan Laptop.

Tampilan File Explorer Windows 11

Ditambah lagi tampilan jendela File Explorer yang memilih efek lengkungan pada setiap sudut seperti yang dikatakan sebelumnya. Yang pasti, tampilan File Explorer pada Windows 10 dan Windows 11 terlihat sangat berbeda.

Tombol Untuk Membagi Layar Saat Minimize

Pada Windows 11 juga tersedia tombol pintasan untuk membagi layar saat anda ingin minimize jendela aplikasi. Pada Windows sebelumnya juga sebenarnya ada, namun harus menggunakan pintasan Keyboard. Sekarang anda sudah bisa meletakkan jendela aplikasi pada setengah layar saat minimize jendela tersebut dengan menggunakan tombol pintasan di layar.

Ada pintasan untuk membagi layar di Windows 11

Wallpaper Baru dan Suara Startup

Tampilan Windows 11 semakin terlihat keren karena sudah dibekali dengan berbagai wallpaper yang menarik. Jadi, anda bisa memilih background favorit agar tampilan Laptop Windows 11 yang digunakan nantinya terlihat semakin menarik.

Baca Juga :
2 Cara Download Windows 11 Terbaru Gratis dari Microsoft

Selain itu, Windows 11 juga suara mengembalikan suara startup yang sempat dihilangkan pada Windows 10. Jika sebelumnya anda mengaktifkan suara startup di Windows 10 agar Laptop bunyi saat dihidupkan, maka hal ini tidak perlu lagi. Pada Windows 11 suara startup sudah aktif secara default sehingga suara startup yang khas akan terdengar lagi.

Animasi Lebih Jelas

Pada Windows 10 memang sudah ada animasi saat anda membuka ataupun minimize aplikasi, namun tidak terlalu jelas. Pada Windows 11 efek animasi tersebut dibuat terlihat lebih jelas. Efek ini akan membuat anda bisa melihat bayangan gerakan jendela aplikasi saat digerakkan, dibuka, ataupun saat minimize.

Masih Banyak Fitur Menarik Lainnya dari Windows 11

Sebenarnya masih banyak fitur keren dan menarik lainnya dari Windows 11. Namun, sebagian besar fitur tersebut juga ada pada Windows 10 sehingga tidak terlalu menjadi kejutan. Misalnya saja, perubahan pada desain Microsoft Store, Settings, Action Center, dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian beberapa fitur dan tampilan baru dari Windows 11 yang paling menarik. Beberapa fitur menarik lainnya juga masih banyak, namun pada dasarnya tersedia juga pada Windows 10 sehingga tidak terlalu mencolok. Jadi, anda bisa merasakan semua fitur tersebut saat sudah menggunakan Windows 11 di Laptop atau Komputer PC.

Namun, sekali lagi disampaikan bahwa fitur-fitur tersebut di atas baru hanya sebatas bocoran. Hal ini karena Windows 11 memang belum dirilis secara resmi ke publik, jadi bisa saja masih terjadi perubahan. Meskipun demikian, setidaknya sekarang anda sudah tahu bagaimana gambaran tampilan dan fitur Windows 11 nantinya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda