Cara Mengatasi Windows 8 Tidak Bisa Shutdown dengan Sempurna

2027

Cara mengatasi Windows 8 atau Windows 10 tidak bisa shutdown

Dalam menggunakan sebuah komputer dengan sistem operasi tertentu, adanya masalah yang kadang muncul tentu tidak bisa dihindari. Misalnya saja, jika anda menggunakan Windows 8 maka tidak bisa dipungkiri bahwa kadang akan terjadi masalah atau error. Salah satu yang kadang terjadi adalah kondisi dimana Windows 8 tidak bisa shutdown alias tidak dapat dimatikan. (Baca juga: Cara Mengatasi “Your Windows License Will Expire Soon”)

Jika anda mengalami masalah ini, maka anda tidak perlu panik dan segera mencari tahu cara mengatasi Windows 8 maupun Windows 8.1 yang tidak bisa shutdown tersebut. Kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa pengguna yang mengalami masalah ini adalah cenderung mengabaikannya. Selain itu, karena komputer tersebut tidak bisa shutdown, maka ketika hendak mematikan komputer yang digunakan, selalu dimatikan paksa dengan cara menekan lama tombol power.

Padahal, jika anda mematikan paksa Laptop dengan menekan lama tombol power secara terus menerus akan mengurangi umur Laptop. Perlakuan anda yang mematikan paksa Laptop akibat tidak bisa dimatikan dengan perintah shutdown akan membuat kerusakan secara perlahan pada setiap komponen Laptop, terutama pada Hardisk. Jika anda tetap ingin mematikan paksa komputer tersebut, maka jangan gunakan tombol power. Cara halus yang dapat anda gunakan untuk mematikan paksa sistem operasi Windows adalah dengan menggunakan CMD. Silahkan buka CMD, kemudian jalankan perintah “shutdown -s -f -t 00″.

Jika anda mengalami kasus Windows 8 yang tidak bisa dimatikan dengan perintah shutdown, maka anda harus melakukan beberapa perubahan agar Windows tersebut dapat kembali normal. Pada dasarnya kasus seperti ini sangat jarang terjadi, namun jika sudah melanda maka akan membuat repot dan kebingungan. Masalah ini biasanya terjadi karena terdapat bentrokan antara beberapa fungsi pada program Windows yang terpasang pada Laptop. Sehingga salah satu atau kedua fungsi dan fitur yang bentrok tersebut tidak bekerja dengan baik.

Solusi Windows 8/8.1 Tidak Bisa Shutdown

Jika anda memiliki Laptop maupun PC Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dan tidak bisa shutdown, maka anda harus segera mengatasinya dan hindari mematikan paksa dengan menekan lama tombol power. Kasus Windows yang tidak bisa dishutdown biasanya akan mati sejenak ketika dilakukan perintah shutdown, kemudian setelah beberapa detik hidup kembali.

Hal seperti ini terjadi karena sebenarnya komputer tersebut tidak menjalankan perintah shutdown dengan benar. Yang terjadi hanyalah layar monitor dan komponen lain kehilangan daya seperti ketika dimatikan, tetapi mesin komputer masih terus bekerja. Setelah beberapa saat maka daya tersebut akan kembali dan akhirnya komputer akan aktif lagi. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah adanya bentrokan antara perintah shutdown dengan fitur fast startup di Windows 8.

Jadi, jika anda mengalami kasus dimana Windows 8 tidak bisa shutdown, maka salah satu solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan mematikan fitur fast startup. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka Control Panel di komputer yang menggunakan Windows 8 dan tidak dapat dishutdown. Kemudian pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Kemudian, pada jendela power options, silahkan klik Choose what the power buttons do yang terdapat pada panel kiri.

Solusi Windows yang tidak bisa dimatikan/shutdown

Selanjutnya, untuk mematikan fitur fast startup, maka pada bagian Shutdown Settings anda akan melihat sebuat checkbox Turn on fast startup. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan uncheck (menghilangkan tanda centang) pada checkbox tersebut. Tapi, agar anda dapat melakukannya, terlebih dahulu silahkan klik Change settings that are currently unavailable. Setelah itu silahkan hilangkan tanda centang pada Turn on fast startup (recomended) kemudian klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

Cara mematikan fitur fast startup di Windows 8

Jika sudah selesai, silahkan anda coba shutdown kembali komputer Windows 8 anda. Anda akan menemukan bahwa Laptop Windows 8 anda yang sebelumnya tidak bisa dimatikan dengan perintah shutdown, kini sudah dapat dimatikan dengan normal lagi.

Itulah cara yang sangat mudah untuk mengatasi Windows 8/8.1 tidak bisa shutdown. Jadi, anda tidak perlu lagi pusing akibat masalah komputer yang tidak bisa dimatikan, dan juga tidak perlu lagi mematikan paksa komputer yang digunakan. Informasi tambahan yang perlu anda ketahui adalah bahwa cara ini juga dapat anda gunakan untuk mengatasi Windows 10 yang tidak bisa shutdown.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here