Cara Mengatasi Your Windows license will expire soon di Laptop

63
29365

cara mengatasi your windows license will expire soon

Dalam menggunakan sistem operasi Windows terkadang muncul masalah yang dapat mengganggu aktivitas ketika sedang menggunakan Komputer PC atau Laptop. Salah satu masalah yang sangat menjengkelkan dan sering terjadi adalah munculnya peringatan Your Windows license will expire soon.

Jendela peringatan tersebut biasanya muncul pada Windows 8.1 ataupun Windows 10. Masalah ini tentu bisa sangat mengganggu karena muncul tiba-tiba saat pengguna sedang menggunakan Laptop atau PC-nya. Ini tentu bisa mengganggu fokus dan bisa merusak konsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jadi, agar tidak terus-terusan terganggu maka anda perlu segera mengatasi masalah ini agar peringatan Your Windows license will expire soon  tersebut tidak lagi muncul saat anda sedang bekerja menggunakan Laptop. Sebelum mengatasinya, silahkan anda memeriksa terlebih dahulu penyebab munculnya notifikasi tersebut. Jika ditelaah, peringatan tersebut dapat diartikan bahwa lisensi Windows anda akan kadaluarsa atau masa aktifnya akan segera berakhir.

Penyebab Notifikasi Your Windows license will expire soon

Sebenarnya dalam dunia teknologi, tidak ada penyebab pasti ketika terjadi sebuah masalah. Hampir selalu ada beragam sumber atau kemungkinan yang bisa menjadi penyebab masalah yang dihadapi komputer anda.

Hal ini juga tentu saja berlaku pada kasus munculnya notifikasi Your Windows license will expire soon. Namun, secara umum ada dua penyebab munculnya notifikasi Windows license will expire soon pada Windows.

  • Menggunakan aktivator yang masa aktifnya hanya dalam jangka waktu tertentu, seperti KMSPico yang masa aktifnya hanya 180 hari. Meskipun akan teraktivasi ulang secara otomatis setelah masa aktifnya berakhir namun tetap akan muncul peringatan seperti itu.
  • Menggunakan Windows Original tapi masa aktifnya terbatas, biasanya ini terjadi pada barang-barang promo.
Baca Juga :
5 Cara Melihat Jumlah Kapasitas RAM di Laptop Windows 10

Setelah anda mengetahui penyebab munculnya notifikasi tersebut, maka selanjutnya silahkan anda membereskan masalah ini agar tidak lagi mengganggu.

Cara Mengatasi Your Windows license will expire soon

Untuk mengatasi peringatan bahwa Windows sudah hampir kadaluarsa yang terjadi pada Komputer yang sedang digunakan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Silahkan pilih salah satu cara berikut mana yang akan berhasil pada kasus di Komputer anda.

1. Mengatasi Your Windows license will expire soon Melalui Task Manager

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah munculnya pesan Your Windows license will expire soon adalah dengan menghilangkannya melalui Task Manager. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi error your windows license will expire soon adalah silahkan buka Task Manager. Pada jendela Task Manager, kemudian cari Windows Explorer, klik kanan kemudian pilih Restart atau End Task.

cara menghilangkan pesan your windows license will expire soon

Jika pada langkah sebelumnya anda memilih opsi End Task, Langkah selanjutnya adalah menjalankan kembali Windows Explorer. Caranya adalah dengan memilih File > New tasks pada Task Manager. Pada jendela yang muncul silahkan ketikkan “explorer.exe” lalu klik Ok.

jalankan explorer windows

Selanjutnya silahkan buka Command Prompt, dan jalankan sebagai administrator (Run as adminsitrator). Setelah jendela CMD muncul, ketik slmgr -rearm kemudian tekan Enter pada Keyboard.

Kalau berhasil akan muncul jendela pemberitahuan Command completed succesfully beserta pemberitahuan untuk melakukan restart. Silahkan anda klik Ok untuk menutup pemberitahuan tersebut kemudian restart Laptop atau Komputer yang digunakan.

solusi error your windows license will expire soon

Setelah proses restart selesai silahkan cek Komputer anda atau Laptop, jika statusnya Windows is not activated silahkan lakukan proses aktivasi windows lagi. Jika statusnya Windows is Activated maka anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Baca Juga :
Cara Membuat Timer Shutdown Otomatis di Windows 10, 8, 7

Sekarang peringatan “Your Windows License will expire soon” tidak akan muncul lagi. Jika ternyata terjadi masalah ketika anda melakukan langkah-langkah di atas atau tidak berhasil, maka anda bisa mencoba cara lain berikut ini.

2. Mengatasi Your Windows license will expire soon Menggunakan CMD

Cara kedua untuk mengatasi Windows license will expire soon tersebut adalah dengan melakukan uninstall product key Windows. Metode ini bisa anda lakukan dengan menggunakan perintah di Command Prompt. Untuk melakukan cara kedua ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda buka Command Prompt sebagai administrator (Run as administrator). Pada jendel CMD yang terbuka, silahkan anda ketikkan kode slmgr /upk kemudian tekan Enter pada keyboard.

Jika proses uninstall product key Windows berhasil dilakukan, maka akan muncul notifikasi Uninstalled product key succesfully. Silahkan anda klik Ok pada notifikasi tersebut untuk menutupnya.

menghapus lisensi windows

Selanjutnya, silahkan restart Komputer anda untuk melihat perubahan yang terjadi. Anda akan mendapati bahwa notifikasi your windows license will expire soon telah hilang. Tetapi, status Windows anda saat ini tidak teraktivasi, jadi perlu dilakukan aktivasi Windows lagi.

Penutup

Demikian cara cara mengatasi munculnya peringatan Your Windows license will expire soon pada Laptop Windows. Cara di atas bisa anda lakukan untuk menghilangkan notifikasi yang mengganggu tersebut di Windows 8 ataupun Windows 10. Jadi, jika anda merasa terganggu dengan notifikasi yang selalu muncul tersebut, silahkan hilangkan agar bisa kembali fokus saat bekerja.

63 KOMENTAR

  1. Setelah restart langsung muncul “Activate Windows” di pojok kanan, apakah hal tersebut berbahayaa? Dan apabila saya ingin menghilangkan tulisan tersebut apakah berbahaya jugaaa?? Mohon Bantuannyaa🙏

    • Hal tersebut tidak berbahaya dan Windows tetap dapat digunakan dengan normal. Ini hanya sebagai pemberitahuan bahwa anda perlu melakukan aktivasi Windows tsb.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda