Cara Menutup Paksa Aplikasi yang ‘Bandel’ Menggunakan CMD

888

Cara menutup paksa aplikasi menggunakan CMD

Pada saat menggunakan komputer baik itu PC Dekstop atau Laptop, maka menjalankan program atau aplikasi merupakan satu hal yang lazim dan sangat sering dilakukan. Berbagai macam aplikasi sering digunakan, mulai dari aplikasi yang ringan hingga pada penggunaan aplikasi yang berat.

Pada prakteknya, penggunaan aplikasi yang berat ketika melakukan pekerjaan akan membutuhkan resource yang lebih besar. Hal ini tentu saja membuat penggunaan memory, CPU, dan komponen penunjang kinerja lainnya menjadi lebih bekerja keras. Maka, sering kali ditemukan akan ada aplikasi yang bisa membuat komputer tiba-tiba stuck atau menjadi sangat lambat.

Penyebab dari kondisi demikian adalah karena kemampuan komputer sangat terbatas dan tidak mampu mengimbangi kebutuhan dari aplikasi tersebut. Jika sudah seperti ini, maka anda tidak akan bisa menjalankan aplikasi lain, bahkan aplikasi yang sedang anda gunakan pun biasanya akan stuck dan tidak berfungsi. Pada kondisi seperti ini, maka satu-satunya jalan yang harus anda tempuh agar komputer bisa digunakan dengan normal kembali adalah menghentikan atau menutup aplikasi yang menggunakan resource sangat besar tersebut.

Jika anda ingin menutup aplikasi yang membuat komputer menjadi stuck, maka cara normal tidak akan dapat digunakan. Anda butuh untuk menutup aplikasi tersebut secara paksa. Terdapat beberapa cara yang biasa digunakan, misalnya saja menutup paksa aplikasi tersebut melalui Task Manager, atau bisa juga dengan menutup paksa aplikasi tersebut menggunakan CMD. Namun, pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai cara menutup paksa aplikasi Windows menggunakan CMD.

Menutup Paksa Aplikasi Menggunakan CMD

Sebenarnya anda bisa menggunakan Task Manager jika hendak menutup paksa aplikasi yang ‘Bandel’ dan menjadi penyebab komputer menjadi sangat lambat. Tapi, ketika komputer sudah dalam kondisi yang sangat ‘payah’, bahkan Task Manager pun biasanya tidak akan dapat dijalankan. Oleh karena itu, anda membutuhkan alternatif lain, misalnya saja menggunakan CMD. CMD merupakan tool yang sangat ringan dan masih dapat berjalan pada kondisi komputer yang sangat lambat sekalipun.

Selain itu, terdapat beberapa aplikasi yang tidak dapat di minimize jika sudah stuck, misalnya saja aplikasi pemutar video KMP Player. Jika seperti itu, maka tentu anda tidak akan dapat menggunakan Task Manager untuk mematikannya. Sebaliknya, anda tetap bisa menggunakan CMD meskipun berjalan di background, selama anda ingat perintah CMD yang hendak di eksekusi. Hal-hal itulah yang menjadi alasan kenapa sebaiknya anda menutup paksa aplikasi yang berat menggunakan CMD dibanding menggunakan Task Manager.

Untuk dapat menutup paksa aplikasi menggunakan CMD, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka dan menjalankan CMD pada Windows. Selanjutnya anda harus tahu nama (image name) dari aplikasi yang sedang berjalan. Perlu diketahui bahwa nama (image name) yang dimaksud disini tidak selalu sama dengan nama pada shortcut aplikasi. Untuk melihat daftar nama aplikasi yang sedang berjalan, silahkan ketik tasklist pada jendela CMD kemudian tekan Enter pada keyboard. Setelah itu, akan ditampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan pada komputer anda.

Cara menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan

Selanjutnya, pada daftar tersebut anda bisa melihat aplikasi mana yang akan dimatikan paksa. Untuk menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan menggunakan CMD, maka anda perlu mengetikkan tskill nama_aplikasi. Misalnya saja anda hendak menutup paksa aplikasi pemutar video KMP Player yang pada daftar bernama KMPlayer.exe. Anda bisa mengetikkan tskill kmplayer atau tskill kmplayer.exe pada jendela CMD kemudian tekan Enter. Maka aplikasi KMP Player akan berhenti dan tertutup secara paksa.

Cara mematikan paksa aplikasi yang sedang berjalan

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk aplikasi lainnya, anda hanya perlu mengganti nama aplikasi setelah perintah tskill di CMD. Jadi, yang sangat penting untuk diperhatikan adalah nama aplikasi berjalan tersebut di tasklist.

Itulah cara menutup paksa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi aplikasi yang bandel. Jika anda mempunyai aplikasi yang membuat komputer menjadi sangat lambat, maka anda bisa menggunakan cara ini untuk menutupnya secara paksa. Setelah anda menutup aplikasi yang membuat komputer menjadi stuck, maka dapat dipastikan komputer anda akan berfungsi secara normal kembali. Kemudian anda dapat melakukan pekerjaan tanpa merasa terganggu lagi.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here