5 Cara Merubah Aplikasi Default di Laptop Windows 10

0
1194

Cara merubah aplikasi default di Windows 10

Salah satu fitur yang sudah lama tersedia pada sistem operasi Windows adalah pengaturan aplikasi atau software default. Melalui pengaturan ini anda dapat menentukan aplikasi atau software apa yang secara default akan digunakan saat membuka file tertentu. Jadi, anda tidak perlu membuka sebuah software kemudian melakukan proses open jika ingin membuka sebuah file pada software khusus.

Misalnya saja ketika anda ingin membuka file pdf menggunakan software pembaca pdf tertentu, maka anda cukup mengatur software default pembaca pdf tersebut. Setelah itu, setiap kali anda membuka file pdf, maka secara otomatis akan terbuka pada software yang sudah anda tentukan sebelumnya. Contoh lain adalah ketika anda ingin membuka file video dengan software atau aplikasi khusus, maka cukup mengatur aplikasi pemutar video default yang diinginkan. Setelah itu, setiap kali anda membuka format video tertentu, maka akan terbuka secara otomatis pada software yang sudah diatur.

Sayangnya, jika anda menggunakan Windows 10, pengaturan aplikasi atau software default ini sudah tidak lagi tersedia pada Control Panel. Untuk merubah aplikasi atau software default di Windows 10 dapat dilakukan melalui Settings. Pada dasarnya metode yang digunakan sama saja, yaitu anda hanya perlu mengatur software apa yang akan digunakan untuk membuka format file tertentu. Termasuk jika ingin mengubah browser default, dan mengganti browser Microsoft Edge yang sudah menjadi default dari awal Windows 10 terinstall. (Baca Juga : Cara Mengupdate Windows 10 Agar Selalu Aman)

Cara Merubah Aplikasi Default di Windows 10

Jika anda ingin merubah aplikasi default di Windows 10, maka ada beberapa cara atau metode yang dapat digunakan. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan software khusus. Diantara cara-cara tersebut ada yang dapat dilakukan melalui Windows Explorer, dan ada juga yang dapat dilakukan melalui Windows 10 Settings.

1. Mengubah Aplikasi Default Melalui Windows Explorer (Open With)

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin merubah aplikasi default di Windows 10 adalah dengan menggunakan fitur Open With saat hendak membuka file melalui Windows Explorer. Cara ini bisa dikatakan yang paling mudah dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, cara ini dapat digunakan pada berbagai jenis format file, selama terdapat software yang sudah terinstall dan dapat membuka format file tersebut.

Silahkan cari file yang hendak anda buka dan ubah software pembuka defaultnya melalui Windows Explorer. Misalnya saja anda akan mengubah software default pemutar video berformat .mkv. Silahkan klik kanan pada salah satu file yang menggunakan format tersebut. Kemudian, pada context menu yang muncul, silahkan pilih Open With > Choose another app.

Mengganti software default Windows 10

Selanjutnya, pada jendela How do you want to open this file? silahkan klik software yang akan dijadikan default. Kemudian, centang pada checkbox Always use this app to open .mkv files. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Ok untuk membuka file dan menjadikan software tersebut sebagai pembuka default pada format file tersebut.

Always open app

Jika anda membuka file lain dengan format yang sama, maka secara otomatis akan terbuka juga pada software default yang sudah diatur sebelumnya.

2. Mengubah Aplikasi Default Melalui Setting (Kategori Software)

Cara kedua yang dapat anda gunakan jika ingin mengubah software default di Windows 10 adalah dengan melalui Windows Settings. Pada cara kedua ini akan diatur software default berdasarkan kategori software yang sering digunakan.

Misalnya saja software browser default yang akan terbuka secara otomatis saat anda terkoneksi ke Wi-Fi yang membutuhkan login. Jika anda tidak mengubahnya, maka browser yang secara otomatis akan terbuka adalah Microsoft Edge. Sementara anda dapat menggunakan browser lain sebagai default, seperti Google Chrome.

Untuk melakukan cara kedua ini juga sangat mudah dan dapat dilakukan pada semua jenis Windows 10. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka Settings di Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Kemudian, pada jendela utama Settings silahkan klik Apps.

Apps Settings Windows 10

Selanjutnya, pada jendela yang muncul silahkan klik Default apps pada panel sebelah kiri. Kemudian, pada panel sebelah kanan silahkan klik pada kategori software yang akan anda ubah software defaultnya. Misalnya, jika anda ingin mengubah browser default, maka silahkan klik pada software yang terdapat di bagian Web Browser. Setelah itu silahkan klik software yang akan dijadikan default pada daftar software yang muncul.

Mengganti default browser

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengubah software default berdasarkan kategori software. Software tersebut akan terus digunakan secara otomatis jika anda tidak membuka software secara spesifik.

3. Mengubah Aplikasi Default Melalui Setting (Tipe File)

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengubah software atau aplikasi default adalah masih melalui Windows Settings. Pada cara ketiga ini anda dapat mengubah software default berdasarkan tipe file atau ekstensi file.

Sebenarnya cara ketiga ini memiliki fungsi yang sama dengan cara yang pertama, yaitu mengatur software file dari format file atau ekstensi tertentu. Misalnya saja, jika anda ingin mengatur software default untuk membuka file berformat .pdf. Untuk melakukan pengaturan ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka kembali jendela pada cara kedua diatas, yaitu buka Settings > Apps > Default apps. Kemudian, scroll ke bahwa dan klik Choose default aplications by file type.

Mengganti app default berdasarkan tipe file

Kemudian, pada jendela yang muncul silahkan scroll dan cari ekstensi file atau tipe file yang akan diubah software defaultnya. Karena tipe atau ekstensi file yang terdaftar sangat banyak, maka silahkan cari dengan sabar dan teliti. Jika sudah ketemu, silahkan klik pada software yang terdapat disebelah kanan tipe file tersebut. Atau, jika belum ada software default , maka silahkan klik Choose a default. Kemudian, silahkan pilih software yang akan dijadikan sebagai default pada daftar software yang muncul.

Mengganti pembaca pdf default

Setelah anda membuka pengaturan ini, maka setiap kali anda membuka file yang menggunakan tipe file atau ekstensi tersebut, maka software yang akan terbuka secara otomatis adalah software default tersebut.

4. Mengubah Aplikasi Default Melalui Settings (Protokol)

Cara keempat yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah software default masih melalui Windows Settings. Cara keempat ini akan diatur berdasarkan protokol yang dijalankan. Misalnya saja, ketika anda klik link yang mengggunakan protokol mailto, maka software yang akan terbuka secara default adalah software Mail bawaan Windows 10.

Jika anda ingin mengubah software berdasarkan protokol eksekusi tersebut, maka dapat juga dilakukan. Yang paling penting adalah anda harus memahami fungsi setiap protokol tersebut kemudian mengubah software defaultnya. Agar lebih jelas tentang bagaimana cara mengubah software default menggunakan cara keempat ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka kembali jendela Default apps di Windows Settings, yaitu pada Settings > Apps > Default apps. Kemudian, pada jendela tersebut silahkan scroll ke bawah dan klik Choose default applications by protocol.

Mengganti software default by protocol

Selanjutnya, pada jendela yang muncul silahkan cari protokol yang akan anda ubah software defaultnya. Jika sudah anda temukan, silahkan klik pada software yang terdapat di sebelah kanan protokol tersebut. Kemudian, silahkan klik pada daftar software yang muncul untuk menjadikannya sebagai software default.

mailto protocol software default

Setelah itu, jika menjalankan protokol yang sudah diubah software defaultnya, maka software yang akan dijalankan adalah software default yang sebelumnya anda pilih.

5. Mengubah Aplikasi Default Melalui Settings (Aplikasi)

Cara kelima yang dapat anda lakukan untuk mengubah software default di Windows 10 masih melalui Windows 10 Settings. Pada cara kelima ini anda dapat mengatur dan mengubah software default melalui aplikasi yang sebelumnya sudah menjadi default. Misalnya, jika format file .mkv sudah memiliki software default, maka anda dapat mengubah software default tipe file tersebut melalui software default sebelumnya.

Silahkan buka kembali jendela Default apps di Windows 10 Settings, yaitu pada Settings > Apps > Default apps. Kemudian, silahkan scroll ke bawah dan klik Set defaults by app.

Software default by app

Selanjutnya, silahkan cari software yang sebelumnya menjadi default dari format file yang akan anda ubah software defaultnya. Kemudian, klik pada software tersebut lalu klik Manage.

Manage software default

Setelah itu, pada jendela selanjutnya akan muncul semua daftar tipe file atau ekstensi yang terdaftar pada default software tersebut. Kemudian, klik pada software disebelah kanan ekstensi yang akan anda ubah. Lalu, pada daftar software yang muncul silahkan klik software yang akan dijadikan default.

Change software

Setelah anda melakukan perubahan ini, maka setiap tipe file yang anda ubah tidak akan lagi terbuka secara otomatis pada software sebelumnya. Semua file yang menggunakan tipe file tersebut akan terbuka otomatis pada software default yang baru.

Itula 5 cara yang dapat anda lakukan jika ingin merubah software default di Windows 10. Jadi, jika anda tidak ingin repot membuka software spesifik kemudian membuka file dari software tersebut, maka silahkan ubah software atau aplikasi default terlebih dahulu. Dengan demikian, setiap kali anda membuka file maka secara otomatis akan terbuka melalui software atau aplikasi default.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda