Cara Cek Sisa dan Total RAM HP Samsung Tanpa Aplikasi

0
322

Cara cek sisa dan total RAM HP Samsung Galaxy

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting pada sebuah Smartphone. Saking pentingnya RAM tersebut sehingga menjadi salah satu faktor penentu nilai jual dari sebuah Ponsel, termasuk HP Samsung Android. Semakin besar kapasitas RAM sebuah HP, maka akan semakin mahal juga harganya. Jika anda tidak tahu berapa RAM Smartphone, maka silahkan gunakan cara ini untuk cek dan melihat sisa dan total RAM di HP Samsung anda.

RAM memiliki fungsi sebagai komponen hardware yang akan menyimpan memori sementara dari sistem dan aplikasi yang sedang berjalan. RAM juga merupakan faktor penting yang menentukan kemampuan multitasking sebuah HP. Kemampuan multitasking maksudnya adalah berapa banyak aplikasi yang bisa anda jalankan sekaligus pada HP tersebut. Semakin besar kapasitas RAM-nya, maka HP Samsung tersebut bisa menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan.

Oleh karena itu, sebagai pengguna Android sangat penting untuk mengetahui berapa sisa dan total RAM di HP Samsung anda. Tentu saja agar tahu batas dari Smartphone Android yang saat ini anda gunakan. Terutama jika HP tersebut sudah mulai terasa lambat saat menjalankan lebih banyak aplikasi, maka bisa jadi sisa RAM yang tidak terpakai tinggal sedikit. Artinya, anda harus menutup aplikasi lain yang sudah tidak terlalu penting agar bisa kembali normal. (Baca juga: Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Samsung)

Cara Cek dan Melihat Sisa dan Total RAM HP Samsung

Mengecek RAM HP Samsung juga kadang perlu anda lakukan jika ada teman yang ingin tahu spesifikasi HP yang saat ini sedang digunakan. Tentu saja akan malu jika anda sendiri tidak tahu berapa kapasitas RAM HP milik sendiri.

Baca Juga :
Cara Menampilkan Persentase Baterai HP Samsung Terbaru

Selain itu, jika anda hendak membeli HP bekas Samsung, maka sangat penting untuk memeriksa semua spesifikasinya, termasuk cek total RAM. Tentu saja anda masih perlu cek kondisi HP Samsung bekas tersebut secara menyeluruh sebelum membelinya.

Untuk cek sisa dan total RAM di HP Samsung sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi. Akan sangat merepotkan jika harus install aplikasi lagi hanya untuk tahu berapa RAM HP Samsung anda.

Pengecekan total RAM dan yang sedang terpakai bisa anda lakukan melalui pengaturan bawaan. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Pengaturan pada smartphone Samsung Galaxy yang anda gunakan. Anda bisa membukanya melalui daftar aplikasi maupun lewat quick setting. Setelah jendela pengaturan terbuka, silahkan scrool ke bawah kemudian cari dan ketuk bagian Perawatan perangkat.

Cara melihat RAM di HP Samsung

Setelah itu, akan terlihat beberapa informasi tentang komponen perangkat HP Samsung anda, termasuk RAM (Memori). Pada bagian Memori tersebut akan terlihat berapa yang sudah terpakai dari total RAM HP anda. Agar lebih spesifik, maka anda bisa ketuk pada bagian Memori dan melihat rincian total RAM dan sisa yang tersedia beserta aplikasi apa saja yang paling banyak memakan RAM.

Cara mengecek RAM di HP Samsung

Setelah anda mengetahui berapa sisa RAM yang tersedia, maka sebaiknya menutup beberapa aplikasi jika tinggal sedikit RAM yang tidak terpakai. Hal ini bertujuan agar HP Samsung Android anda bisa menjadi lancar kembali saat menggunakannya.

Sebagai informasi tambahan bahwa cara-cara di atas bisa anda lakukan pada HP Samsung Galaxy yang sudah menggunakan OneUI Core 2.0. HP yang sudah menggunakan versi tersebut merupakan keluaran baru, misalnya Samsung A30, A50, A51, A20s, A21s, A10, A11, M11, dll.

Baca Juga :
Cara Mematikan Welcome Screen yang Muncul di Windows 10

Itulah cara mudah cek dan melihat sisa beserta total RAM HP Samsung Galaxy terbaru. Cara ini sangat praktis karena tidak memerlukan aplikasi tambahan. Jadi, anda bisa melakukannya dengan sangat mudah tanpa perlu repot install aplikasi lagi.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda