Jenis-Jenis Prosesor Komputer dan HP Paling Lengkap

952

Jenis-jenis prosesor Komputer dan HP

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit merupakan nama lain dari prosesor. Prosesor memiliki tugas sebagai unit pengelolah pusat yang akan memproses berbagai jenis petunjuk atau informasi yang masuk. Selain itu, prosesor (processor) juga melaksanakan perkiraan dan memproses laju informasi melalui sistem yang terinstall pada komputer tersebut.

Secara sederhana, prosesor atau CPU merupakan sebuah hardware yang bertugas memahami dan melaksanakan eksekusi terhadap berbagai jenis perintah yang diberikan oleh user. Perintah atau informasi yang masuk ke prosesor diterima dari sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut. Setelah menerima perintah atau informasi dari pengguna, prosesor akan melakukan distribusi tugas ke setiap komponen yang terkait dengan perintah tersebut, sehingga setiap komponen akan mengerjakan tugas yang diatur oleh prosesor untuk menyelesaikan perintah dari pengguna komputer. Oleh karena itu, prosesor kadang juga disebut sebagai otak dari sebuah komputer yang akan mengatur setiap komponen yang terdapat pada komputer tersebut.

Berdasarkan penjelasan peranan prosesor diatas, maka tentu saja setiap komputer sudah pasti membutuhkan prosesor. Keberadaan CPU atau prosesor pada sebuah komputer merupakan hal yang mutlak dan wajib. Komputer yang tidak memiliki prosesor tidak akan dapat memproses informasi, pada akhirnya komputer tersebut tidak akan dapat digunakan.

Umumnya, setiap komputer sudah pasti mempunyai satu jenis processor yang dipasang pada socket motherboard. Ada banyak jenis prosesor yang dapat dipasang pada komputer, hal ini tergantung dengan kesesuaian socket yang tersedia pada motherboard komputer tersebut. Setiap jenis prosesor tentu saja memiliki kemampuan dan fungsionalitas yang berbeda.

Jenis-Jenis Prosesor Komputer dan HP

Berbagai jenis keluaran Laptop dan HP dibuat berbeda untuk memenuhi setiap kebutuhan yang beragam, salah satunya adalah dari segi prosesor. Ada banyak sekali jenis Laptop maupun PC Desktop serta HP yang beredar dengan prosesor yang berbeda-beda. Perbedaan ini tentu saja didasarkan pada fungsionalitas dan kenyamanan pengguna. Jenis-jenis brand prosesor yang beredar pada komputer sangat beragam, diantaranya sebagai berikut.

1. Prosesor Intel

Jenis Prosesor Intel

Prosesor Intel merupakan salah satu jenis prosesor yang sangat banyak menghiasi komponen Laptop di dunia. Produk dari jenis prosesor ini merupakan yang paling terkenal di Indonesia, terutama bagi pengguna teknologi komputer yang sudah pasti mengenal brand ini. Meskipun sangat populer, tetap saja Intel memiliki saingan terberat dari segi produk, yaitu AMD.

Prosesor Intel merupakan sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan yang bernama Intel Corporation. Intel Corporation sendiri sudah berdiri dan menghiasi pasar teknologi sejak tahun 1968. Pusat perkembangan dan produksi dari produk prosesor Intel terjadi di Amerika Serikat. Beberapa contoh produk prosesor Intel yang banyak beredar dan terpasang pada Laptop diantaranya Intel Atom, Intel Celeron, Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, dan masih banyak lagi jenis-jenis prosesor Intel yang lain.

2. Prosesor AMD (Anvanced Micro Processor)

Jenis Prosesor AMD

AMD (Anvanced Micro Processor) merupakan perusahaan produsen dan pemasok prosesor terbesar kedua setelah Intel. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa AMD merupakan saingan terberat dari produk produk Intel yang beredar di pasaran. Produk AMD telah banyak diproduksi dan terus mengalami perkembangan yang sangat baik. Umumnya, prosesor AMD lebih banyak disukai oleh para gamers, alasannya karena pada produk ini sudah disertai dengan Graphic Card.

Perusahaan AMD sudah berdiri dan menghiasi dunia prosesor sejak 1969. Pengembangan dan produksi produk prosesor AMD berpusat di Sunnyvale, California. Secara umum, kemampuan prosesor AMD bisa dikatakan lebih disenangi oleh pengguna yang melakukan pekerjaan sebagai Gamers maupun Design Graphic. Beberapa jenis produk prosesor AMD yang dapat anda temui dipasaran diantaranya AMD E2, AMD A4, AMD A9, dan masih banyak lagi jenis yang lain.

3. Prosesor ARM

Jenis Prosesor ARM

Prosesor ARM merupakan produk prosesor yang dikembangan dan diproduksi oleh ARM Limited. ARM Processor merupakan sebuah produk yang didalamnya terdapat arsitektur processor 32 bit. Jenis prosesor ini digunakan sebagai processor pada ponsel, jadi tidak heran jika hardware ini sangat banyak tertera pada berbagai macam Smartphone.

Pusat pengembangan dari produk-produk prosesor ARM terdapat di Cambridge, Inggris. Perusahaan yang memproduksi prosesor ARM sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Advanced RISC Machines. ARM processor memang di desain khusus untuk berfokus pada pasar mobile, dan bukan pada komputer seperti Intel dan AMD. Beberapa jenis prosesos yang merupakan keluarga prosesor ARM diantaranya Qualcomm Snapdragon, Texas Instrument OMAP, Nvidia Tegra, dan lainnya.

4. Prosesor Cyrix

Jenis Prosesor CyrixCyrix merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan komponen mikroprosesor pada Komputer. Perusahaan ini berdiri dan melakukan produksi awal pada tahun 1988. Sejak berdiri hingga saat ini, produk prosesor ini dikembangkan dan diproduksi dengan pusat yang terdapat di Texas. Dari segi kecepatan, jenis prosesor ini memiliki kemampuan yang cukup Optimal. Namun, jika ditinjau dari segi kualitas dan popularitas untuk prosesor komputer, produk prosesor ini masih dibawah Intel dan AMD. Beberapa jenis prosesor Cyrix adalah Cyrix FasMath, Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC, Cyrix 5×86, dll.

5. Prosesor Transmeta

Jenis Prosesor Transmeta

Perusahaan Transmeta Corporation adalah perusahaan yang memproduksi prosesor jenis Transmeta. Namun, sayangnya saat ini anda tidak akan menemukan produknya di pasaran lagi, karena perusaahn ini sudah berhenti produksi. Sebelum perusahaan ini berhenti, prosesor Transmeta juga menjadi pesaing berat Intel maupun AMD, karena prosesor ini mampu beroperasi di komputer dan hanya membutuhkan listrik yang sedikit. Selain itu, jenis prosesor ini juga tidak cepat panas saat digunakan dalam jangka waktu lama serta memiliki daya jual yang cukup murah.

6. Prosesor VIA

Jenis Prosesor VIA

Prosesor VIA adalah produk prosesor yang merupakan produk yang diproduksi oleh VIA Technology. Perusahaan ini merupakan bagian dari Formisa Plastics Group yang terletak di Taiwan, yang berarti VIA merupakan prosesor yang berbeda dari yang lainnya karena tidak diproduksi di Amerika atau Eropa. Perusahaan yang memproduksi prosesor VIA sudah berdiri sejak tahun 1987 dan melakukan pengembangan terhadap chipset prosesor dan memori. Beberapa jenis produk prosesor VIA diantaranya VIA C3, VIA Envy, dll.

7. Prosesor Apple

Jenis Prosesor Apple

Perusahaan ini pada mulanya dikenal dengan nama Apple Computer Inc, namun belakangan perusahaan processsor yang dibawah lisensi Apple ini disebut sebagai Apple Inc saja. Pergantian nama ini dilakukan setelah peluncuran produk baru iPhone.

Perusahaan multinasional ini memproduksi beragam processor dan fokus pada bidang perancangan, resource, serta penjualan produk elektronik perangkat lunak komputer. Pusat pengembangan dan produksi prosesor Apple berada di Silicon Valley, Supertino, California. Beberapa jenis prosesor Apple diantaranya Apple I, Apple II, Apple DOS, Machintos, dan lainnya.

8. Prosesor IBM

Jenis Prosesor IBM

IBM adalah singkatan dari International Bussiness Machines Corporation dan merupakan perusahaan yang melakukan produksi serta penjualan beragam hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. Perusahaan IBM berdiri pada 16 Juni 1911 dan sudah beroperasi sejak tahun 1888. Jenis-jenis prosesor IBM diantaranya Pentium Classic, Pentium Pro, IBM Power 4, dan lainnya.

9. Prosesor IDT

Jenis Prosesor IDT

Perusahaan IDT merupakan singkatan dari nama Integratetd Device Technology. Produk processor yang diproduksi oleh IDT termasuk murah jika dibandingkan dengan produk processor dari merk lain. Pusat pengembangan dan produksi produk prosesor IDT berada di San Jose, Clifornia, Amerika Serikat.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1980, lalu pada tahun 1997 untuk pertama kalinya, IDT meluncurkan processor WinChip. Beberapa jenis produk prosesor IDT adalah Winchip C6, Winchip 2, Winchip 2A, dll.

Itulah jenis-jenis prosesor Komputer dan HP yang pasti salah satunya terdapat pada komputer atau HP yang anda gunakan. Dari setiap jenis prosesor tersebut yang masih diproduksi sampai saat ini, sudah pasti dilakukan pembaharuan waktu demi waktu. Maka dari itu akan ditemukan tingkatan atau versi dari tiap jenis prosesor tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here