Cara Melihat Siapa yang Sudah Membaca Chat di Grup WA

163

cara melihat siapa saja yang sudah membaca di grup wa

Salah satu fitur penting yang sangat sering digunakan oleh pengguna WhatsApp adalah Grup. Keberadaan Grup WhatsApp tentu saja sangat membantu berbagai kelompok yang ingin berdiskusi tetapi tidak sempat bertemu. Jadi, anggota grup bisa mengirim apa saja dan dapat dibaca oleh semua anggota grup WA lainnya.

Terkadang, ketika sedang mengirim sesuatu di grup WA, muncul rasa penasaran apakah pesan tersebut sudah dibaca oleh semua anggota grup WhatsApp. Atau, anda penasaran siapa saja yang sudah membaca pesan yang dikirim di grup WA tersebut. Bisa juga jika pesan tersebut darurat dan membutuhkan respon dari anggota grup yang lain, maka anda juga bisa melihat siapa saja yang menjadi silent reader. Silent reader maksudnya member grup yang melihat pesan tersebut tetapi tidak memberikan komentar.

Pada aplikasi WhatsApp sebenarnya sudah disediakan fitur-fitur yang anda butuhkan diatas. Ada cara untuk melihat siapa saja yang sudah membaca pesan yang dikirim di grup WA. Meskipun umumnya, jika sudah dibaca oleh semua anggota grup, maka akan muncul tanda dua centan biru pada pesan tersebut. Tapi, kalau saja masih ada satu anggota yang belum melihat pesan tersebut, maka tandanya tidak akan berubah. Oleh karena itu diberikan fitur yang lebih spesifik untuk memonitor anggota grup WA yang aktif.

Cara Melihat Siapa Saja yang Sudah Membaca Chat di Grup WA

Untuk melihat siapa saja anggota grup WA yang sudah membaca pesan yang sudah anda kirim, maka caranya sangat mudah. Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun, karena sudah disediakan oleh fitur bawaan WhatsApp. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan cara ini.

Silahkan buka aplikasi WhatsApp dan buka grup WA tempat anda baru saja mengirim pesan. Pada grup WA tersebut silahkan cari kiriman anda kemudian sentuh dan tahan pesan tersebut hingga bagian atas aplikasi WhatsApp berubah.

Selanjutnya, silahkan ketuk pada menu (ikon titik tiga) yan terdapat di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp. Pada opsi yang muncul, silahkan anda ketuk Info untuk menampilkan informasi terkait pesan yang anda kirim di Grup WA.

cara melihat anggota grup wa yg sedang menyimak

Setelah itu akan muncul jendela Message info yang terdiri dari dua bagian informasi. Kedua bagian tersebut adalah bagianĀ Seen by dan bagian Delivered to.

Bagian Seen by yang akan menampilkan semua anggota grup yang sudah membaca pesan anda di grup WA tersebut. Sementara itu, bagian Delivered to akan manampilkan anggota grup yang sudah menerima pesan anda di akunnya, tetapi belum membukanya.

Jadi, jika anda ingin melihat siapa saja yang sudah membaca chat atau pesan yang anda kirim di grup WA, silahkan perhatikan daftar pada bagian Seen by. Dengan demikian, jika kiriman tersebut berupa pengumuman, maka anda bisa tahu pengumuman tersebut sudah dibaca oleh siapa saja. Atau, jika anda membutuhkan respon, maka anda juga bisa mengetahui anggota grup yang menjadi silent reader.

cara melihat silent reader di grup WhatsApp

Itulah cara mudah untuk melihat atau mengetahui siapa saja anggota grup WA yang sudah membaca pesan yang anda buat. Dengan kata lain, anda bisa mengetahui siapa saja anggota grup yang aktif. Tapi, cara ini tidak akan bekerja jika ternyata ada anggota grup yang menggunakan cara agar bisa menyimak pembahasan grup secara diam-diam tanpa ketahuan. Karena, nama anggota grup tersebut tidak akan muncul pada daftar Seen by meskipun pesan anda sudah dibaca.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here