Cara Mengaktifkan Developer Options Android

1209

Mengaktifkan Developer Options Android – Developer Options atau Developer Mode atau sering juga disebut opsi pengembang yang terdapat pada Smartphone Android adalah salah satu fitur opsi yang terdapat pada semua jenis Android. Manfaat dari developer options ini sangat banyak, misalnya jika ingin memiliki lebih banyak akses terhadap fitur yang ada pada Android tersebut. Lebih jauh bagi seorang pengembang atau developer, maka fitur ini menjadi suatu kewajiban.

Secara default, fitur developer options atau developer mode pada android dalam keadaan Off atau Disable. Namun anda dapat mengaktifkannya jika memerlukan fitur ini. Misalnya anda hendak menggunakan aplikasi yang memerlukan akses ke developer mode, maka tentu saja anda harus mengaktifkan developer options android yang digunakan.

Misalnya jika anda hendak menyetel jaringan ke 4G Only menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka biasanya Developer Mode harus diaktifkan terlebih dahulu. Contoh lain adalah jika anda hendak menghubungkan Android ke PC dan melakukukan debugging maka USB debugging yang terdapat pada Developer Options Android perlu diaktifkan.

Mengaktifkan Developer Options Android

Sebenarnya mengaktifkan Developer Options Android tidaklah sulit, karena pengaturan ini bisa langsung dilakukan melalui Pengaturan Android. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Masuk ke Settings pada Android anda, kemudian ketuk pada Developer options.

Langkah 2

Kemudian ketuk pada toggle Developer Options agar berubah menjadi On. Jika muncul pertanyaan “Allow development settings?” atau sejenisnya, maka silahkan klik Ok. Dengan demikian Developer options android anda sudah aktif.

Developer Options tidak ditemukan pada Android Settings?

Pada beberapa jenis Smartphone Android keluaran terbaru, fitur developer options atau developer mode tidak bisa ditemukan pada Android Settings atau Pengaturan Android. Hal ini disebabkan karena fitur ini tidak tersedia, namun hanya disembunyikan. Beberapa Vendor Smartphone Android memang sengaja menyembunyikan fitur developer Options dari Settings Android.

Alasan kenapa fitur Developer options Android ini disembunyikan adalah, karena melalui fitur ini pengguna bisa mengakses seluruh fungsi dan termasuk sistem Android tersebut. Dengan demikian jika pengguna melakukan kesalahan saat mengakses sistem Android tersebut, maka tentu saja dapat mengakibatkan kerusakan.

Menampilkan Developer Options yang tersembunyi

Jika pada smartphone anda ternyata fitur developer options tidak dapat ditemukan atau tersembunyi, maka cara menampilkannya sangatlah mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menampilkan Developer options yang tersembunyi.

Langkah 1

Buka Android Settings, kemudian pada jendela Pengaturan Android ketuk About phone. Biasanya opsi ini berada paling bawah pada Pengaturan Android.

Langkah 2

Pada jendela About Phone, anda akan menemukan Build Number. Untuk menampilkan developer Options yang tersembunyi, silahkan ketuk Build Number sebanyak tujuh kali dengan tempo yang cepat. Tanda jika developer options sudah aktif adalah akan muncul toast yang menyatakan bahwa anda sudah dalam mode developer. Untuk membuktikannya, silahkan periksa pada Android Settings apakah opsi Developer Options sudah tersedia atau belum.

Itulah cara mengaktifkan Developer Mode atau Developer Options Android, dan juga menampilkan opsi ini jika ternyata tersembunyi. Dengan aktifnya fitur ini, maka anda bisa bebas melakukan apa saja terhadap Smartphone android yang digunakan.

ARTIKEL TERKAIT

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here