Cara Mengubah Jaringan Android ke 4g Only

2660

Mengubah Jaringan Android ke 4g Only – Perkembangan koneksi nirkabel di seluruh dunia memang sangat pesat. Pada penggunaan data seluler saat ini sudah tersedia jaringan 4G yang tentu saja kecepatannya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu 3G maupun HSDPA. Perangkat Smartphone keluaran terbaru pun sudah dibekali dengan fitur yang dapat menggunakan jaringan 4G.

Secara default Smartphone android yang anda gunakan akan memilih jenis koneksi yang terkuat untuk digunakan. Namun, tetap juga diperhatikan kekuatan sinyal untuk dijadikan pilihan. Misalnya Smartphone anda sudah mendukung jaringan 4G, namun pada area tempat tinggal anda kekuatan sinyal jaringan 4G sangat lemah, maka Smartphone anda akan menggunakan jaringan 3G.

Pada kondisi tersebut, maka tentu saja kecepatan internet yang anda dapatkan sangatlah kurang dan tidak memuaskan. Lebih lagi adanya jaringan 4G sepertinya menjadi percuma saja jika terjadi hal tersebut. Maka dari itulah beberapa produk Smartphone menyediakan pengaturan yang memungkinkan anda untuk mengunci jaringan 4G. Jadi, meskipun anda berada pada area yang dimana jaringan 4G sangat lemah, maka Smartphone anda akan tetap menggunakan jaringan 4G tanpa beralih ke 3G. Pengaturan ini biasa disebut dengan mengatur jaringan android ke 4G Only.

Yang jadi masalah adalah. bagaimana jika pada Smartphone anda tidak tersedia pengaturan untuk mengatur jaringan ke 4G only tersebut. Anda jangan khawatir, karena sebenarnya anda masih bisa menyetel koneksi jaringan android ke 4G Only, hanya saja pengaturan tersebut tidak ditampilkan pada Pengaturan Android sehingga memerlukan cara-cara tertentu.

Mengubah jaringan android ke 4g Only

Untuk menjaga agar Smartphone anda tetap menggunakan jaringan 4G meskipun kekuatan sinyalnya kurang baik, maka cara yang bisa anda tempuh adalah dengan lock 4G Only. Anda tidak memerlukan aplikasi 4G apapun atau perangkat penguat sinyal 4G untuk melakukan lock 4G Only. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit pengaturan pada Smartphone Android anda.

Perlu diketahui bahwa, istilah 4G Only sering juga disebut dengan LTE Only atau WCDMA Only. Jadi anda tidak usah bingung jika saat melakukan pengaturan tidak menemukan kata 4G Only tetapi yang ada hanya LTE Only atau WCDMA Only. Untuk mengubah jaringan Android ke 4G Only, maka anda bisa mengubahnya melalui Dial Pad  Android ataupun menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode.

Mengubah jaringan android ke 4g Only melalui Dial Pad

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk Lock 4G Only atau mengubah jaringan Android ke 4G Only adalah melalui Dial Pad Android. Artinya anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Dial Pad Android kemudian ketik *#*#4636#*#*.

Langkah 2

Maka anda akan masuk ke pengaturan dimana anda bisa mengubah koneksi menjadi 4G Only. Pada bagian ini silahkan pilih Phone information.

Langkah 3

Setelah masuk ke Phone info, silahkan cari Set Preferred Network Type: dan ubah menjadi LTE Only untuk mengubah jaringan Android ke 4G Only.

Langkah 4

Sekarang anda sudah berhasil mengubah Smartphone Android anda menjadi 4G Only. Silahkan tutup pengaturan tersebut.

Tapi perlu diketahui bahwa, cara mengubah jaringan android ke 4G Only melalui Dial Pad ini memiliki kekurangan. Jika anda melakukan restart pada perangkat android, maka pengaturan tersebut tidak berlaku lagi dan jenis keneksi akan kembali pada mode otomatis dan bukannya 4G Only, sehingga anda harus melakukan pengaturan tersebut setiap kali Ponsel Android dihidupkan. Kekurangan yang kedua adalah, bahwa jika Smartphone Android anda menggunakan dual sim, maka anda hanya bisa mlakukan pengaturan ini pada Sim 1.

Mengubah jaringan android ke 4g Only menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode

Cara kedua yang bisa anda tempuh untuk mengubah jenis keneksi android menjadi 4G Only adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan MTK Engineering Mode. Untuk menggunakan aplikasi ini dan mengubah jaringan android ke 4G Only, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall aplikasi MTK Engineering Mode dari Play Store.

Langkah 2

Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi MTK Engineering Mode tersebut. Pada jendela MTK Engineering Mode Start silahkan ketuk pada MTK Settings.

Langkah 3

Pada tab Telephony, Silahkan ketuk Network Selecting.

Langkah 4

Jika Smartphone Android anda menggunakan Dual Sim maka silahkan pilih SIM tempat anda menyimpan Kartu 4G yang akan dikoneksikan. Misalnya kartu 4G anda berada pada Sim 1, maka silahkan ketuk Sim 1 pada jendela SIM Select.

Langkah 5

Pada jendela Network Selecting silahkan ubah Set preferred network type menjadi LTE Only untuk mengubah jaringan android menjadi 4G Only. Setelah itu silahkan tutup aplikasinya.

Sekarang anda sudah berhasil mengubah jaringan android menjadi 4G Only menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode. Tidak sama seperi ketika mengubahnya melalui dial pad, pengaturan ini tidak perlu diulang meskipun telah dilakukan restart pada perangkat android anda. Dan juga, anda bisa mengubah Sim 1 dan Sim 2.

Tidak dapat menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode?

Jika pada Smartphone Android yang anda tidak dapat menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode dan muncul keterangan seperti pada gambar saat aplikasinya dibuka. Jangan khawatir dan jangan panik, anda masih tetap dapat menggunakannya, yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan developer mode agar aplikasi MTK Engineering Mode dapat digunakan. Jika anda belum mengetahui cara mengaktifkan Developer Mode pada Smartphone Android,silahkan bacara artikel Cara mengaktifkan Developer Mode Android.

Jadi, bagi anda yang pada area tempat tinggalnya memiliki jaringan 4G dengan kekuatan sinyal tidak terlalu bagus, maka mengubah type koneksi ke 4G Only adalah cara yang paling efektif agar koneksi internet pada Android anda tidak berubah secara otomatis ke 3G.

ARTIKEL TERKAIT

4 KOMENTAR

  1. Ternyata emang lebih bagus klo pake MtK Engineering, gak kembali jadi auto meski udah restart. Thank artikelnya mas. izin share.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here