Cara Mengaktifkan Dark Mode Telegram pada Android

853

Cara mengaktifkan dark mode telegram pada Android

Telegram merupakan salah satu aplikasi messanger yang cukup populer dikalangan milenial. Beberapa alasan kenapa menggunakan telegram biasanya karena proses pengiriman pesan yang cukup cepat dibanding aplikasi messanger lainnya. Selain itu, pada telegram anda juga bisa membuat grup dan mengundang teman anda untuk bergabung. Menariknya adalah, jumlah member dari sebuah grup yang dibuat pada Telegram tidak terbatas atau unlimited. Pada Telegram, anda bisa mengirim pesan ke orang-orang yang tersimpan di kontak Ponsel Android anda. Tapi, sebenarnya anda juga bisa mengirim pesan telegram tanpa harus menyimpan kontak terlebih dahulu.

Pada dasarnya, ketika anda mulai menggunakan Telegram maka tampilan yang akan disuguhkan adalah tema terang atau Light Mode. Tema ini sebenarnya tidak masalah dan masih nyaman untuk digunakan. Namun, bagi beberapa orang yang tidak terlalu menyukai Light Mode tentu ingin mengganti tampilannya menjadi Dark Mode. Tentu saja hal ini mungkin untuk dilakukan, karena pada Telegram sebenarnya sudah disediakan tampilan Dark Mode. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengaktifkan dark mode Telegram tersebut.

Mengaktifkan Dark Mode Telegram di Android

Bagi anda pengguna aplikasi Telegram di Android, dan hendak menggunakan tampilan dark mode maka kini anda sudah dapat melakukannya. Hal ini dikarenakan pada update Telegram terbaru sudah disertakan tema baru berupa Night Theme. Dengan mengganti tema menjadi night theme, maka semua tampilan akan menjadi serba gelap. Hal ini akan sangat cocok jika anda sering menggunakan Telegram pada malam hari.

Untuk mengganti tampilan telegram pada Android menjadi dark mode, anda bisa menyimak langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan dark mode telegram pada Android anda, silahkan buka aplikasi telegram pada Smartphone Android anda. Selanjutnya, ketuk icon Menu lalu pilih Settings.

Mengganti tema telegram

Pada bagian Settings, silahkan cari dan ketuk Theme. Kemudian ganti theme dari Default menjadi Dark untuk mengaktifkan dark mode pada telegram. Setelah itu, maka tampilan aplikasi Telegram anda akan menjadi serba gelap.

Mengaktifkan night theme telegram

Untuk mengembalikan tampilan aplikasi Telegram menjadi terang kembali, maka anda hanya perlu mengubah temanya dari Dark menjadi Default.

Mengaktifkan Auto-Night Mode pada Telegram

Fitur Auto-Night Mode pada Telegram Android merupakan fitur yang akan mengubah tampilan telegram menjadi gelap ketika malam. Sebaliknya, pada siang hari tampilan aplikasi telegram akan otomatis berubah menjadi terang. Pada fitur ini anda bisa mengatur agar Night Mode aktif secara otomatis menggunakan sensor atau mengatur jadwal. Lebih jelasnya anda bisa simak langkah-langkah berikut.

Untuk dapat mengaktifkan fitur Auto-Night Mode pada telegram Android, anda bisa masuk kembali ke bagian Settings > Theme seperti langkah diatas. Pastikan tema yang sedang anda gunakan adalah Default (bukan Dark atau Blue). Kemudian, silahkan ketuk Auto-Night Mode. Pada bagian Auto-Night Mode, anda akan diberikan tiga opsi yang bisa dipilih. Opsi tersebut adalah Disabled, Sheduled, dan Automatic. Opsi Disabled tentu saja untuk mematikan fitur Auto-Night Mode, sementara untuk mengaktifkannya anda bisa memilih opsi Scheduled atau Automatic.

Opsi Scheduled digunakan jika anda ingin mengatur waktu kapan aplikasi telegram beralih ke dark mode dan kapan kembali ke light mode. Jadi, anda bisa mengatur waktu mulai pada bagian From dan waktu selesai pada bagian To. Selain itu, anda juga bisa menggunakan waktu sunset dan sunrise sesuai zona waktu anda jika tidak ingin repot mengatur waktu. Untuk melakukannya cukup aktifkan Use Local Sunset & Sunrise.

Jadwalkan Night Mode telegram Android

Sementara itu, opsi Automatic digunakan jika anda tidak ingin mengatur waktu dan juga tidak ingin beralih berdasarkan sunset pada zona waktu tempat anda berada. Opsi ini akan mengubah tampilan android menjadi dark mode berdasarkan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor cahaya Smartphone Android anda. Jadi, anda harus mengatur brightness threshold atau batas intensitas cahaya. Jika intensitas cahaya yang diterima oleh sensor kurang dari brightness threshold yang anda tetapkan, maka aplikasi telegram akan beralih ke dark mode, dan begitu juga sebaliknya.

Aktifkan Night Mode telegram secara otomatis

Tapi yang tidak kalah penting adalah, pastikan pada Peferred night theme anda memilih Dark (bukan Default atau Blue). Hal ini agar tampilan telegram dapat beralih ke dark theme secara otomatis berdasarkan ketentuan yang sudah anda atur.

Itulah cara mengaktifkan dark mode telegram pada Android yang bisa anda gunakan jika tidak suka dengan tampilan terang pada aplikasi Telegram. Selain menggunakan cara manual, anda juga bisa mengaktifkan fitur Auto-Night Mode yang akan merubah tampilan aplikasi Telegram menjadi gelap secara otomatis.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here