Cara Menggunakan Printer Wireless atau Printer WiFi Sharing

18650

Cara Menggunakan Printer Wireless atau Printer WiFi Sharing – Printer merupakan sebuah alat yang bisa dikatakan sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Terlebih lagi bagi anda yang sering melakukan print atau pencetakan dokumen, baik itu untuk keperluan sekolah, tugas kuliah, keperluan kantor, dan lain sebagainya.

Jika biasanya masyarakat akan menggunakan Printer yang terhubung ke komputer atau laptop dengan kabel printer, maka seiring dengan kemajuan teknologi kini print dokumen secara nirkabel atau via Wireless sudah bisa dilakukan. Anda bisa menggunakan Printer yang sudah dibekali dengan Wireless sehingga tidak menggunakan kabel lagi. Selain itu, anda juga bisa mengubah printer kabel menjadi wireless dengan cara sharing printer dari Windows. Anda juga dapat menggunakan printer yang telah dishare tersebut dari banyak komputer secara nirkabel.

Untuk cara pengoperasian agar printer wireless ini bisa digunakan untuk mencetak dokumen sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan sederhana agar laptop atau komputer yang digunakan bisa terhubung printer Wireless agar bisa mencetak dokumen.

Cara mengunakan printer WiFi sharing

Printer WiFi sharing maksudnya disini adalah sebuah printer yang secara bawaan tidak dibekali dengan perangkat Wireless, namun terhubung ke satu komputer yang kemudian dishare agar dapat terhubung ke banyak komputer atau laptop menggunakan WiFi. Untuk bagaimana cara menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Pastikan Laptop atau komputer yang anda gunakan untuk terhubung ke printer WiFi sharing terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama dengan komputer yang terhubung ke Printer via kabel printer. Jika ternyata komputer yang terhubung dengan printer via kabel LAN telah dibuat menjadi hotspot, maka silahkan koneksikan komputer atau laptop anda ke Hotspot dari komputer tersebut.

Langkah 2

Selanjutnya, buka Windows Explorer kemudian pada adress bar Windows Explorer silahkan ketikkan \\ip_address komputer yang terhubung ke printer via kabel printer (baca: cara mengetahui IP adress Komputer). Jika anda bingung ip address mana yang digunakan maka silahkan gunakan nama komputer, silahkan ketikkan \\computer_name pada address bar Windows Explorer (baca:cara mengetahui computer name). Setelah itu tekan Enter.

Langkah 3

Maka akan muncul daftar printer yang telah dishare dari komputer dengan IP Address atau Computer Name yang anda masukkan tadi. Silahkan pilih printer yang akan digunakan kemudian klik Connect. Maka akan berlangsung proses untuk terhubung ke Printer.

Langkah 4

Jika komputer anda sudah berhasil terhubung ke Printer WiFi sharing, maka anda sudah bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen. Silahkan buka dokumen yang hendak dicetak, kemudian pilih print. Maka anda akan melihat bahwa printer yang anda koneksikan tadi siap digunakan untuk mencetak dokumen.

Dengan demikian, seterusnya anda bisa menggunakan Printer yang telah di share tersebut untuk mencetak dokumen tanpa harus melakukan konfigurasi lagi.

Cara menggunakan Printer Wireless bawaan

Printer Wireless bawaan disini maksudnya adalah , printer yang memang dibekali dengan perangkat WiFi sehingga bisa digunakan secara nirkabel tanpa harus terhubung ke komputer menggunakan kabel. Untuk bagaimana cara menggunakan printer wireless yang dibekali perangkat wifi bawan silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Control Panel kemudian pergi ke

Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers
Langkah 2

Pada jendela Device and printers, silahkan klik Add a printer.

Langkah 3

Proses pencarian Printer Wireless akan dilakukan, jika perangkat printer wireless anda sudah terdeteksi silahkan klik pada Wireless printer anda kemudian klik Next.

Langkah 4

Setelah berhasil terhubung ke Printer Wireless, silahkan klik Finish. Selanjutnya anda sudah bisa menggunakan Printer Wireless untuk mencetak dokumen.

Itulah cara menggunakan Printer Wireless, baik printer yang memiliki perangkat Wireless maupun Printer yang dishare dari satu komputer. Dengan demikian anda bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen tanpa harus menggunakan kabel printer, dan tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat ketika hendak mencetak dokumen.

ARTIKEL TERKAIT

21 KOMENTAR

  1. Cara koneksikan printer, printer satu di server melalui LAN, dan laptop menggunakan wifi. Gmna cara koneksikan laptop tsb,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here