Cara Beli dan Menabung Dollar di Aplikasi Jenius Bank BTPN

0
96

Cara menabung dollar di aplikasi jenius bank BTPN

Jika anda sudah memiliki rekening, maka tentu tidak asing lagi dengan perihal menabung. Saat anda menabung menggunakan rekening Bank yang ada di Indonesia, maka uang tersebut akan tersimpan dalam mata uang Rupiah. Pernahkan dengar bahwa ada orang yang menabung dalam bentuk mata uang dollar, atau bahkan mungkin anda sudah melakukannya. Kini sudah ada yang lebih mudah jika ingin menabung dalam bentuk mata uang Dollar, yaitu hanya dengan menggunakan aplikasi Jenius.

Hampir semua orang tentu memiliki tabungan agar ada dana simpanan yang dapat digunakan dimasa depan saat dibutuhkan. Beberapa orang menyimpan uangnya dalam bentuk mata uang dollar. Hal ini tentu saja agar nilai uang anda tetap sama meskipun Dollar menguat dan Rupiah melemah.

Agar anda dapat menyimpan uang dalam bentuk Dollar, maka biasanya harus menukar uang Rupiah dan membeli uang Dollar di Money Changer. Tapi tentu saja ini akan sangat merepotkan dan juga akan dikenakan biaya transaksi. Oleh karena itu Bank BTPN melalui aplikasi Jenius yang dimilikinya memberikan sebuah inovasi. Inovasi ini memungkinkan anda jual dan beli mata uang asing hanya melalui aplikasi Jenius, termasuk mata uang Dollar. Artinya, anda dapat membeli dan menabung dalam bentuk mata uang dollar menggunakan aplikasi Jenius tersebut.

Cara Beli dan Menabung Dollar di Aplikasi Jenius

Jika anda pergi ke luar negeri, maka tentu saja tidak dapat menggunakan mata uang Rupiah untuk berbelanja, dengan demikian maka anda membutuhkan mata uang Dollar. Atau, jika anda ingin belanja online dari toko yang berada di luar negeri, maka mata uang yang digunakan untuk transaksi adalah Dollar.

Kini sudah ada cara yang dapat anda gunakan untuk jual beli mata uang Dollar dengan mudah, yaitu melalui aplikasi Jenius. Tentu anda sudah tahu bahwa aplikasi Jenius merupakan salah satu produk dari Bank BTPN. Artinya, rekening yang digunakan pada akun aplikasi Jenius adalah rekening Bank BTPN. Dengan demikian uang anda akan tersimpan di rekening Bank BTPN dan dapat diubah kapan saja menjadi mata uang asing melalui aplikasi Jenius.

Ada beberapa jenis mata uang asing yang dapat anda beli melalui aplikasi Jenius. Mata uang asing tersebut diantaranya Dolar Australia, Euro, Pound sterling, Dolar Hong Kong, Yen Jepang, Dolar Singapura, dan Dolar Amerika. Jadi, anda dapat menabung menggunakan semua mata uang yang tersedia tersebut hanya melalui aplikasi Smartphone, yaitu Jenius.

Cara kerjanya adalah anda menambahkan mata uang asing ke akun Jenius yang digunakan. Setelah itu, anda cukup mengisi saldo mata uang asing tersebut menggunakan saldo dari mata uang Rupiah. Dengan kata lain, anda membeli mata uang asing tersebut menggunakan saldo yang terdapat pada akun Jenius saat ini. Untuk menabung dalam bentuk mata uang Dollar di Jenius, maka silahkan ikuti cara berikut.

  1. Pastikan anda sudah menginstall aplikasi Jenius di Smartphone yang digunakan.
  2. Pastikan anda sudah memiliki akun Jenius, jika belum maka silahkan buat terlebih dahulu.
  3. Pastikan saldo Rupiah di akun Jenius anda tidak kurang dari $10 atau sekitar Rp.150.000 (sesuaikan dengan kurs Beli Dollar Amerika).
  4. Silahkan buka aplikasi Jenius yang sudah terinstall di Smartphone yang anda gunakan.
  5. Pada halaman utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk tombol + (tambah) yang terdapat disebelah kanan tulisan IDR. Tombol tersebut berfungsi untuk menambahkan mata uang asing ke akun Jenius anda.
  6. Setelah itu, silahkan pilih mata uang asing mana yang ingin anda tambahkan ke akun Jenius, misalnya Dolar Amerika.
    Cara mengaktifkan mata uang asing di aplikasi Jenius
  7. Selanjutnya, silahkan anda pilih tujuan mengaktifkan mata uang asing tersebut pada bagian Tujuan Pengaktifan. Anda dapat memilih tujuan untuk Menabung/Investasi, Transaksi Bisnis, maupun Transaksi Pribadi.
  8. Setelah itu, silahkan masukkan jumlah mata uang Dolar Amerika yang ingin anda beli untuk ditambahkan ke saldo mata uang USD. Anda dapat memasukkan pada kolom Dollar atau pada kolom Rupiah, akan dikonversi berdasarkan kurs beli.
  9. Setelah menentukan saldo USD yang ingin ditambahkan, silahkan ketuk Lanjut.
  10. Setelah itu, silahkan centang opsi kebenaran data diri serta syarat dan ketentuan.
  11. Selanjutnya, silahkan ketuk Aktifkan USD untuk mengaktifkan mata uang Dollar Amerika di akun Jenius anda.
    Cara isi saldo USD Jenius
  12. Terakhir, silahkan masukkan password akun Jenius anda kemudian ketuk Submit untuk memproses pengaktifan dan pembelian mata uang USD.
  13. Jika sudah selesai, maka kini sudah ada dua jenis mata uang di akun Jenius anda, yaitu IDR dan USD.
    Mengaktifkan Dollar di aplikasi Jenius
  14. Jika ingin menambahkan mata uang lainnya, maka anda cukup melakukan langkah yang sama.

Setelah mengaktifkan mata uang USD di akun Jenius, kini anda sudah memiliki tabungan dalam bentu Dollar. Selanjutnya anda hanya perlu menambahkan saldo mata uang Dollar tersebut jika memiliki dana lagi.

Menambah Saldo Mata Uang Dollar

Untuk menambah saldo mata uang asing Dollar Amerika yang sudah anda aktifkan, caranya sangat mudah. Silahkan transfer uang anda ke rekening Bank BTPN yang terhubung dengan akun Jenius yang digunakan.

Selanjutnya, uang anda akan masuk ke akun Jenius dalam bentuk saldo mata uang Rupiah. Anda hanya perlu mengubahnya ke USD dengan membeli Dollar seperti pada langkah-langkah di atas.

Menghubungkan Mata Uang Dollar ke Kartu ATM

Meskipun anda sudah mengaktifkan dan memiliki tabungan mata uang asing di Jenius, tapi anda tidak akan dapat menggunakannya untuk transaksi. Agar dapat digunakan untuk transaksi, maka perlu menghubungkan mata uang Dollar tersebut ke kartu ATM Jenius.

Setelah menghubungkannya, maka anda sudah dapat melakukan penarikan maupun transaksi Debit menggunakan saldo mata uang Dollar. Terutama untuk melakukan transaksi online yang menggunakan mata uang Dollar. Untuk menghubungkan mata uang Dollar ke kartu ATM, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka kembali aplikasi Jenius anda, kemudian ketuk mata uang USD.
  2. Setelah itu, silahkan ketuk Hubungkan ke M-Card agar kartu anda beralih dan menggunakan saldo dari mata uang USD tersebut
  3. Pada jendela konfirmasi yang muncul, silahkan ketuk Ya, Lanjut untuk mengkonfirmasi.
    Menghubungkan kartu ATM ke Dollar
  4. Setelah itu, kartu ATM Jenius anda akan terhubung dan menggunakan saldo aktif dari mata uang USD saat digunakan transaksi.
    Transaksi menggunakan mata uang Dollar

Setelah anda melakukan perubahan tersebut, maka kartu ATM anda akan terputus dari saldo IDR dan terhubung ke USD. Hal ini, karena kartu ATM hanya bisa menggunakan satu jenis mata uang. Jadi, jika anda ingin kembali menggunakan Rupiah, maka silahkan lakukan langkah yang serupa.

Itulah cara mudah beli dan menabung dalam bentuk mata uang Dollar Amerika di aplikasi Jenius. Jadi, jika anda ingin memiliki tabungan Dollar, tidak perlu lagi ke Bank atau ke Money Changer untuk membeli Dollar. Atau, jika anda selalu melakukan transaksi online menggunakan Dollar, maka sebaiknya membeli Dollar saat Rupiah sedang kuat. Dengan demikian anda tetap dapat melakukan transaksi dengan normal sekalipun Rupiah melemah.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda