Cara Tarik Saldo LinkAja di ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN

0
21

Cara tarik tunai saldo LinkAja di mesin ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN

Aplikasi LinkAja merupakan salah satu dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti pembayaran listrik dan lainnya. Namun, ada fitur keren lainnya yang tersedia pada aplikasi LinkAja, yaitu anda bisa tarik tunai saldo LinkAja di mesin ATM BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Setelah anda mengisi saldo aplikasi LinkAja, maka bisa langsung menggunakannya untuk membayar berbagai macam tagihan atau membeli keperluan secara online. Namun, jika masih ada saldo yang tersisa dan ingin digunakan diluar aplikasi LinkAja, maka anda bisa menarik tunai saldo tersebut di mesin ATM.

Ini juga bisa dilakukan jika anda merupakan peserta program kartu prakerja dan menggunakan LinkAja sebagai penerima pembayaran insentif. Anda bisa mencairkan dana insentif kartu prakerja dalam bentuk uang tunai dengan melakukan tarik tunai di mesin ATM BRI, BNI, Mandiri, ataupun BTN. Namun, anda hanya bisa menggunakan penarikan tunai saldo aplikasi LinkAja di mesin ATM jika sudah mengupgrade akun LinkAja anda menjadi full service.

Tarik Tunai Saldo LinkAja di ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN

Sebenarnya anda juga bisa mentrasfer saldo LinkAja ke rekening Bank, namun jika anda ingin mendapatkan uang cash maka silahkan tarik tunai saja. Jadi, anda bisa mencairkan sisa saldo LinkAja ataupun insentif kartu prakerja menjadi uang tunai agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Untuk melakukan penarikan tunai ini bisa melalui beberapa bank, seperti Bank BRI, BNI, Mandiri dan Bank BTN. Anda bisa melakukan penarikan di mesin-mesin ATM tersebut sekalipun tidak memiliki rekening Bank dari mesin ATM yang anda tempati menarik uang. Yang penting, akun LinkAja anda harus sudah diupgrade menjadi full service.

Anda juga perlu tahu bahwa saat melakukan penarikan tunai saldo LinkAja, maka akan dikenakan biaya admin senilai 5 ribu rupiah. Jadi, misalkan anda menarik uang 100 ribu rupiah, maka saldo LinkAja anda akan berkurang senilai 105 ribu rupiah.

Baca Juga :
3 Cara Mengisi Pulsa Kartu As Telkomsel Tanpa ke Konter

Untuk menarik tunai saldo aplikasi LinkAja, maka ada dua tahap yang harus dilakukan. Pertama-tama anda harus mendapatkan kode penarikan melalui aplikasi Link Aja. Ini diperlukan karena anda akan melakukan penarikan tunai tanpa kartu ATM. Setelah mendapatkan kode penarikan, barulah anda bisa menarik tunai di mesin ATM.

1. Mendapatkan Kode Penarikan di Aplikasi LinkAja

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda memerlukan kode penarikan agar bisa menarik saldo Link Aja di mesin ATM BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Kode penarikan tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di aplikasi Link Aja dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka aplikasi LinkAja yang terdapat pada Smartphone Android yang digunakan. Setelah terbuka, silahkan anda klik opsi Semua untuk menampilkan semua menu utama aplikasi Link Aja.

Kemudian, pada daftar menu yang muncul silahkan klik Tarik Saldo. Pada halaman selanjutnya, silahkan anda klik bagian Tarik Tunai di ATM agar bisa melakukan penarikan tunai.

Menarik saldo Link Aja di ATM

Selanjutnya, silahkan anda memilih berapa nominal saldo LinkAja yang akan ditarik tunai di mesin ATM. Anda bisa memilih nominal mulai dari 100 ribu hingga 1,2 juta rupiah.

Setelah itu akan ditampilkan nominal saldo Link Aja yang ingin anda tarik tunai beserta biaya admin senilai 5 ribu rupiah. Jika semuanya sudah sesuai, maka silahkan klik tombol Konfirmasi. Kemudian, silahkan masukkan PIN aplikasi LinkAja anda untuk melanjutkan transaksi.

Pilih nominal saldo LinkAja yang ingin ditarik tunai lewat ATM

Setelah itu, aplikasi LinkAja akan menampilkan kode penarikan khusus yang nantinya bisa anda masukkan di mesin ATM.

Kode penarikan saldo Link Aja di ATM

Perlu diketahui bahwa kode unik tersebut hanya berlaku selama 5 menit. Jadi, sebaiknya anda sudah berada di sekitar mesin ATM dan tidak sedang berada dalam antrian panjang saat mendapatkan kode tersebut.

Baca Juga :
Cara Mudah Top Up atau Isi Ulang Saldo Aplikasi Dana

2a. Penarikan Tunai Saldo LinkAja di Mesin ATM BRI, Mandiri, dan BTN

Setelah anda mendapatkan kode penarikan, maka anda sudah bisa melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM BRI, Mandiri, atau BTN. Namun, jika anda ingin melakukan penarikan tunai di mesin ATM BRI, maka hanya bisa dilakukan di ATM yang memiliki logo Link.

Sementara untuk ATM Bank BTN, penarikan saldo Link Aja hanya bisa dilakukan di mesin ATM Bank BTN kantor pusat. Dan untuk ATM Mandiri, anda bisa melakukan penarikan di semua mesin ATM Mandiri. Untuk menarik tunai di mesin ATM BRI, Mandiri, atau BTN, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Kalau anda sudah berada di depan mesin ATM BRI, Mandiri, atau BTN, silahkan tekan tombol paling bawah yang ada di sebelah kiri layar ATM. Atau, jika anda menggunakan ATM layar sentuh, maka silahkan tekan tombol hijau yang terdapat di papan tombol ATM. Setelah itu, anda harus memilih bahasa, silahkan pilih bahasa Indonesia.

Melakukan penarikan tunai saldo LinkAja di ATM BRI, Mandiri, dan BTN

Selanjutnya, pada daftar menu ATM yang muncul, silahkan anda tekan tombol Tarik Tunai LinkAja.

Menarik tunai saldo LinkAja di ATM BRI, Mandiri, dan BTN

Setelah itu, silahkan anda masukkan kode akses atau kode penarikan yang tadi muncul pada aplikasi LinkAja. Jika sudah memasukkan kode penarikan dengan benar, maka silahkan tekan tombol Benar untuk melanjutkan.

Masukkan kode penarikan di mesin ATM BRI, Mandiri, dan BTN

Selanjutnya, silahkan masukkan nomor HP yang digunakan pada akun LinkAja anda. Kalau sudah memasukkan nomor HP dengan benar, silahkan tekan tombol Benar untuk melanjutkan.

Masukkan nomor Hp Link Aja di mesin ATM BRI, Mandiri, dan BTN

Setelah itu, transaksi anda akan diproses dan mesin ATM akan mengeluarkan uang sesuai nominal yang tadi dipilih pada aplikasi LinkAja. Selain itu, mesin ATM juga akan mengeluarkan struk transaksi anda.

Baca Juga :
Cara Upgrade Akun LinkAja ke Full Service untuk Prakerja

Dengan demikian, penarikan tunai saldo Link Aja pada mesin ATM BRI, Mandiri, dan BTN sudah selesai.

2b. Penarikan Tunai Saldo LinkAja di Mesin ATM BNI

Setelah mendapatkan kode penarikan di aplikasi Link Aja, penarikan saldo juga bisa dilakukan melalui mesin ATM BNI. Anda bisa melakukan tarik tunai saldo LinkAja di semua mesin ATM BNI. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Jika anda sudah berada di depan mesin ATM BNI, silahkan tekan tombol paling bawah yang ada di sebelah kanan layar ATM. Setelah itu, anda harus memilih bahasa, silahkan pilih bahasa Indonesia.

Melakukan penarikan tunai saldo LinkAja di ATM BNI

Selanjutnya, pada daftar menu yang muncul silahkan anda tekan tombol Tarik Tunai Link Aja.

Menarik tunai saldo LinkAja di ATM BNI

Setelah itu, silahkan anda memasukkan nomor HP yang terdaftar pada akun LinkAja anda. Kalau sudah memasukkan nomor HP dengan benar, maka silahkan tekan tombol Benar.

Masukkan nomor Hp Link Aja di mesin ATM BNI

Selanjutnya, silahkan anda masukkan kode penarikan yang tadi muncul pada aplikasi LinkAja. Setelah memasukkan kode penarikan dengan benar, silahkan tekan tombol Benar.

Masukkan kode penarikan di mesin ATM BNI

Setelah itu transaksi anda akan diproses dan mesin ATM BNI akan mengeluarkan uang sesuai nominal yang tadi anda pilih di aplikasi LinkAja. ATM tersebut juga akan mengeluarkan struk sebagai bukti transaksi anda.

Dengan demikian, anda sudah berhasil melakukan penarikan tunai saldo LinkAja melalui mesin ATM BNI.

Penutup

Itulah cara mudah melakukan tarik tunai saldo LinkAja di mesin ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Jadi, silahkan lakukan cara ini jika anda ingin mengubah saldo Link Aja menjadi uang tunai. Atau, jika anda ingin mengambil insetif kartu prakerja yang masuk ke akun LinkAja anda secara tunai.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda