Jenis-Jenis SSD yang Dapat Anda Gunakan – SATA dan PCIe

5708

Jenis-jenis SSD yang dapat anda pasang di komputer

Bagi anda pengguna Laptop dan aktif dalam mencari informasi terkait Laptop yang anda gunakan, maka anda pasti pernah mendengar media penyimpanan SSD. SSD yang merupakan singkatan dari Solid State Drive adalah media penyimpanan terbaru yang sangat banyak digunakan beberapa tahun belakangan ini. Kehadiran SSD membuat media penyimpanan Laptop sebelumnya, yaitu HDD menjadi seolah tergantikan. Pasalnya, para vendor pembuat Laptop kini satu per satu beralih menggunakan SSD pada Laptop yang diproduksi. Hal ini karena, meskipun sama-sama media penyimpanan tetapi terdapat perebedaan antara SSD dan HDD yang sangat signifikan. Terutama jika anda mencoba menbandingkan dari sisi kecepatan.

Jika anda merupakan salah satu orang yang hendak menggunakan SSD, maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Salah satunya adalah mengetahui jenis SSD yang beredar di pasaran dan jenis SSD mana yang cocok dengan Laptop yang anda gunakan. Terlebih lagi mengingat harga SSD yang sangat mahal jika dibandingkan dengan harga HDD dengan kapasitas penyimpanan yang sama. Maka, akan sangat disayangkan jika anda salah beli dan ternyata SSD tersebut tidak cocok pada Laptop yang anda gunakan.

2 Jenis SSD yang Beredar di Pasaran dan Dapat Anda Gunakan

Jika membahas terkait jenis-jenis SSD yang dapat dipasang pada sebuah Laptop, maka terdapat 2 jenis dengan perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan kedua jenis SSD ini ditinjau dari segi interface atau jalur akses data. Sehingga anda harus memastikan bahwa jenis SSD yang akan dibeli cocok dengan interface atau port di laptop yang digunakan. Kedua Jenis SSD tersebuat adalah SSD SATA dan SSD PCIe.

1. SSD SATA (Serial ATA)

SATA merupakan interface atau jalur akses data yang sebelumnya sudah digunakan pada teknologi HDD. Sebagian besar Laptop menggunakan jalur SATA ini untuk menghubungkan motherboard ke media penyimpanan seperti HDD. Mengingat hal tersebut, maka SSD juga diberikan interface yang sama yaitu menggunakan interface SATA yang dilengkapi dengan konektor SATA 3. Dengan demikian, Laptop keluaran lama yang menggunakan HDD SATA juga dapat menggunakan SSD dengan mengganti HDD SATA sebelumnya dengan SSD SATA.

Jenis SSD SATA

Jika dibandingkan dengan SSD PCIe, harga SSD SATA lebih murah dan juga paling banyak peminatnya. Hal ini salah satunya karena sebagian besar pengguna adalah yang hendak melakukan upgrade ke SSD dengan mengganti HDD SATA menjadi SSD SATA. Dari segi kecepatan, meskipun sama-sama menggunakan interface SATA, namun kecepatan SSD SATA bisa mencapai 300-500% dari HDD SATA. Kecepatan membaca data SSD SATA sekitar 500MB/s, sementar kecepatan menulis data sekitar 160MB/s.

SSD SATA memiliki dua jenis konektor untuk menghubungkan SSD ke motherboard. Konektor SSD SATA¬† yang pertama yaitu konektor SATA 3 sebagaimana yang terdapat HDD SATA. Jenis SSD yang menggunakan konektor ini memiliki ukuran yang sama seperti HDD SATA yaitu 2.5″. Jenis konektor yang kedua adalah konektor M.2 SATA yang bisa dipastikan sudah tersedia pada Laptop keluaran terbaru. Jenis SSD yang menggunakan konektor ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu hampir seukuran dengan RAM.

2. SSD PCIe

Jenis SSD selanjutnya yang dapat anda gunakan pada Laptop adalah jenis PCIe. Jika anda belum mengetahui, interface PCIe adalah slot yang biasa digunakan pada WiFi Card, WAN Card, dll. SSD PCIe ini biasa juga disebut dengan storage NVME (Non-Volatile Memory Express).

Jenis SSD ini memiliki kecepatan yang ekstra jika dibandingkan dengan SSD SATA. Kecepatan baca data jenis SSD PCIe tidak tanggung-tanggung dan mencapat hingga 3.500MB/s, sementara kecepatan tulis datanya mencapai 2.100MB/s. Jadi, bisa dikatakan bahwa jenis SSD ini memang khusus untuk orang-orang yang ingin serba cepat. Tapi, yang tidak boleh diabaikan adalah dari segi harga. Kecepatan yang ekstra cepat tentu saja diimbangi dengan harga yang ekstra tinggi. Maka dari itu, SSD PCIe akan lebih mahal dari SSD SATA meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang sama.

Jenis SSD PCIe

Hal lain yang tidak kalah penting adalah bahwa tidak semua motherboard pada komputer maupun laptop dapat menggunakan jenis SSD PCIe ini. SSD jenis ini biasanya menggunakan konektor M.2 dan konektor tersebut juga harus memiliki jalur PCIe. Yang harus anda perhatikan adalah, terdapat beberapa jenis motherboard yang memiliki konektor M.2 tapi tidak menyediakan jalur PCIe, melainkan hanya jalus sata yang artinya anda hanya dapat menggunakan M.2 SATA.

Selain menggunakan konektor M.2, masih ada beberapa opsi lain untuk menggunakan SSD PCIe di laptop atau komputer yang anda gunakan. Mislanya saja anda bisa menggunakan PCIe Line yang bisa digunakan untuk menancapkan SSD ke Graphic Card atau Audio Card. Namun, ketersediaan jenis konektor ini semakin sedikit mengingat konektor M.2 masih sangat populer untuk SSD.

Itulah dua jenis SSD yang beredar di pasaran dan dapat anda pasang pada motherboard laptop maupun komputer. Kedua jenis SSD tersebut dibedakan dari segi interface yang mencakup konektor, jalur data, dan juga ukuran SSD. Oleh karena itu, jika anda hendak membeli SSD untuk dipasang ke laptop maupun komputer, maka sangat disarankan untuk memeriksa ketersediaan slot di motherboard Laptop atau komputer yang hendak dipasang SSD. Hal ini untuk menghindari anda salah beli dan membuat rugi banyak, mengingat harga SSD yang relatif mahal.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here