Cara Membuat Jadwal Shutdown Otomatis di Windows 10,8,7

0
430

Cara membuat jadwal shutdown otomatis di Laptop Windows 10 8 7

Apakah anda rutin mematikan atau shutdown Laptop setiap selesai menggunakannya?. Beberapa pengguna sering kali lupa mematikan Laptop atau Komputer setelah menggunakannya. Padahal, untuk tetap merawat Laptop tersebut anda perlu mematikannya saat sudah tidak digunakan agar komponennya tidak bekerja sia-sia. Untuk mengatasi kelalaian tersebut, anda bisa membuat jadwal shutdown otomatis di Windows menggunakan cara berikut.

Saat sudah selesai bekerja menggunakan Laptop, sering kali pengguna sudah merasa lelah dan menginggalkan Laptop-nya begitu saja. Padahal tentu sangat mudah untuk mematikan Laptop tersebut sebelum meninggalkannya. Jika ternyata pada Laptop anda memang masih ada program yag berjalan, maka anda bisa membuat timer shutdown otomatis.

Pembuatan timer autoshutdown memang efektif jika hanya anda lakukan beberapa kali, tapi tidak mungkin membuat setiap hari. Jika anda ingin Laptop atau Komputer mati setiap hari atau pada periode tertentu, maka silahkan membuat jadwal shutdown otomatis. Jadwal ini nantinya akan membuat Laptop anda mati secara otomatis setiap kali sudah masuk waktu. Dengan demikian Laptop tersebut juga bisa beristirahat sendiri saat sudah tidak anda gunakan.

Cara Membuat Jadwal Shutdown Otomatis di Laptop Windows

Meskipun sudah tersedia fitur sleep otomatis pada Windows jika tidak ada aktifitas dalam waktu tertentu, tapi hal tersebut masih kurang efektif. Laptop atau Komputer yang dalam keadaan sleep tetap membuat beberapa komponen tetap bekerja, jadi tidak istirahat total.

Bayangkan saja jika setiap hari anda sudah tidak menggunakan Laptop dari tengah malam hingga pagi hari dan Laptop terus menyalan tanpa digunakan. Hal ini tentu saja bisa mengurangi umur komponen Laptop dan membuatnya jadi lebih cepat rusak.

Jadi, agar Laptop atau PC Desktop anda tetap awet dan tidak cepat rusak, sebaiknya melakukan shutdown secara berkala. Jika anda merasa malas mematikan manual setiap hari, maka bisa membuat jadwal shutdown secara otomatis.

Baca Juga :
Cara Mencabut Flashdisk dari Laptop Windows dengan Benar dan Aman

Misalnya anda selalu berhenti menggunakan Laptop setiap jam 10 malam tiap hari, maka anda bisa mengatur jadwal shutdown otomatis sekitar jam 11 malam. Dengan demikian Laptop tersebut akan mati secara otomatis setiap jam 11 malam sesuai dengan waktu yang anda atur.

Pembuatan tugas shutdown otomatis ini juga sangat mudah dan tidak memerlukan software khusus. Anda bisa menggunakan program bawaan Windows yang tentu sudah tersedia pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10, yaitu Task Scheduler.

Bagaimana Membuat Tugas Shutdown Otomatis pada Windows?

Untuk melakukan pembuatan jadwal shutdown otomatis di Windows, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka program Task Scheduler di Laptop atau Komputer Windows yang anda gunakan. Anda bisa melakukannya dengan cara klik tombol Start kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “task scheduler”. Setelah hasil pencarian muncul, silahkan klik aplikasi Task Scheduler untuk membukanya.

Pada jendela Task Scheduler, silahkan anda klik menu Action kemudian klik Create Basic Task untuk membuat tugas baru.

Membuat tugas menggunakan task scheduler

Setelah terbuka jendela Create Basic Task Wizard, silahkan anda isi bagian Name dengan nama tugas (misalnya “shutdown otomatis”) kemudian klik Next.

Membuat tugas shutdown otomatis di Windows

Pada jendela selanjutnya silahkan pilih kapan jadwal shutdown tersebut akan dijalankan, apakah setiap hari, setiap pekan, atau setiap bulan. Jika ingin mematikan Laptop secara otomatis setiap hari, maka silahkan klik opsi Daily. Setelah memilih waktu, silahkan anda klik Next untuk melanjutkan.

Mematikan Windows otomatis setiap hari

Selanjutnya, anda bisa mengatur setiap jam berapa Laptop akan shutdown otomatis. Silahkan mengubah jam sesuai dengan waktu anda akan beristirahat dan tidak lagi menggunakan Laptop atau Komputer tersebut. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Baca Juga :
2 Cara Menampilkan File dan Folder Tersembunyi di Laptop

Mematikan Windows otomatis pada jam tertentu

Pada jendela selanjutnya silahkan klik opsi Start a program karena tugas yang akan anda buat adalah menjalankan perintah shutdown. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Setelah itu, masukkan kode shutdown pada bagian Program/script. Anda juga perlu memasukkan kode tambahan /s pada bagian Add arguments. Anda perlu menambahkan metode /s karena akan melakukan Shutdown, bukan Restart (/r), Log Off (/l), ataupun Hibernate (/h). Setelah itu, klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Cara mematikan Windows secara terjadwal

Terakhir akan muncul jendela konfirmasi, jika semua sudah sesuai maka langsung saja klik Finish untuk menutupnya.

Setelah itu anda sudah bisa menutup jendela Task Scheduler karena pembuatan jadwal shutdown otomatis sudah selesai. Dengan selesainya pembuatan jadwal tersebut, maka Laptop atau Komputer akan shutdown otomatis setiap kali masuk waktu yang sudah anda atur.

Menghapus Jadwal Shutdown otomatis di Windows

Setelah membuat jadwal shutdown otomatis di Windows, anda juga bisa menghapus atau membatalkan jadwal tersebut kapan saja. Jadi, jika anda sudah tidak perlu lagi membuat Laptop atau Komputer mati otomatis secara terjadwal, maka silahkan menghapus jadwal shutdown yang sebelumnya sudah anda buat.

Untuk menghapus dan membatalkan jadwal shutdown otomatis juga sangat mudah. Bagaimana cara menghapus jadwal shutdown otomatis Windows? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka kembali aplikasi Task Scheduler di Laptop atau Komputer Windows yang anda gunakan. Setelah terbuka, silahkan anda klik Task Scheduler Library untuk melihat semua jadwal yang ada.

Setelah itu, pada tabel yang ada di bagian tengah, silahkan anda scrool ke bahwah. Silahkan cari tugas “shutdown otomatis” atau apapun namanya saat anda membuat jadwal shutdown otomatis tersebut. Jika sudah ketemu, maka silahkan klik pada tugas shutdown yang akan anda hapus tersebut. setelah itu, klik Delete untuk menghapusnya dari daftar tugas Windows. Pada jendela konfirmasi yang muncul, silahkan anda klik Yes untuk lanjut menghapusnya.

Baca Juga :
Cara Multi Copy Paste dengan Clipboard di Windows 10

Cara menghapus jadwal shutdown otomatis Windows

Setelah itu maka jadwal shutdown otomatis akan terhapus yang artinya Laptop atau Komputer anda tidak akan mati otomatis lagi secara terjadwal.

Itulah cara mudah membuat jadwal shutdown otomatis di Laptop Windows 10, Windows 8.1, maupun Windows 7. Silahkan lakukan cara ini jika anda malas mematikan Laptop setiap kali sudah berhenti menggunakannya. Dengan demikian Laptop atau Komputer tersebut akan mati dengan sendirinya saat anda sudah istirahat.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda