8 Cara Hack Facebook Orang Lain dan Antisipasinya

8704

Cara Hack Facebook Orang Lain dan Antisipasinya – Bagi pengguna sosial media seperti Facebook, maka sangat penting untuk menjaga keamanan akun Facebook agar tidak digunakan oleh orang lain. Pada beberapa kasus seringkali terjadi dimana akun fb tidak bisa dibuka, hal ini bisa diakibatkan karena password yang sebelumnya digunakan telah diganti oleh orang lain.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, maka tidak ada jalan lain selain membuat akun Facebook yang baru. Hal ini tentu harus dilakukan, karena akun yang anda gunakan sudah disabotase oleh orang lain. Mesipun anda bertanya kesana kemari, bagaimana membuka facebook saya? maka kemungkinan untuk mendapatkan jawaban sangatlah kecil.

Disisi lain, bagi orang lain yang memiliki pemikiran jahil, maka tentu saja tidak akan henti-hentinya mencari cara hack facebook orang lain agar bisa digunakan tanpa sepengetahuan si Pemilik akun. Maka sangat penting bagi anda untuk mengetahui juga bagaimana sih cara hack facebook yang sering dilakukan oleh para hacker atau pembajak. Alasannya tentu saja, jika anda mengetahui caranya maka anda bisa melakukan tindakan antisipasi agar cara tersebut tidak diterapkan pada akun fb anda.

Cara hack facebook dan cara mengamankan akun facebook

Cara mengamankan akun facebook yang paling efektif adalah jika anda mengetahui bagaimana cara hack facebook yang sering dilakukan oleh orang-orang jahil. Jika anda mengetahui cara hack akun facebook, maka anda bisa memikirkan bagaimana cara mengamankan akun facebook. Sehingga, anda tidak akan pernah mengeluh “saya tidak bisa membuka akun facebook saya!” atau bahkan sampai membuat akun facebook yang baru.

Dalam melancarkan aksinya, maka hacker atau pembajak akan menggunakan berbagai metode untuk bisa membobol atau mngtahui password facebook orang lain yang akan dijadikan korban. Maka dari itu pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang digunakan hacker untuk meretas akun facebook anda dan mencegah diri dari serangan hack ini.

1. Facebook Phising

Metode Phising adalah salah satu cara yang paling populer untuk hacking akun facebook orang lain. Dengan menggunakan metode phising, maka pelaku akan membuat sebuah halaman login palsu atau membuat tiruan halaman login facebook yang terlihat seperti halaman login facebook yang sebenarnya. Selanjutnya anda akan diminta untuk masuk melalui halaman login palsu tersbut. Sehingga saat anda mengetikkan username dan password akun facebook anda, maka username dan password tersebut akan tersimpan pada komputer si pelaku. (Baca juga: Hacker melakukan Phising melalui Google Docs)

Cara Melindungi diri dari Facebook Phishing

Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara seorang hacker untuk meretas akun facebok menggunakan metode Phising, maka berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang bisa anda lakukan agar terhindar dari serangan Phising ini.

  • Jangan pernah login akun facebook anda di komputer lain.
  • Selalu hindari email yang meminta Anda masuk ke akun facebook Anda di tab baru.
  • Jangan pernah membuka tautan spam yang diberikan oleh teman Anda di kotak pesan atau melalui SMS.
  • Selalu gunakan browser Chrome, Chrome dapat mengidentifikasi laman phishing.
  • Gunakan Antivirus di komputer Anda, dan pastikan selalu diupdate.
  • Pastikan Anda berada di facebook.com dan periksa kembali alamat webnya.

2. Keylogging

Cara hack facebook dengan metode Keylogging adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara memasang aplikasi keylogger pada komputer korban. Aplikasi keylogger akan merekam setiap huruf dan kata yang diketikkan menggunakan keyboard. Jika anda mengetikkan username dan password saat login ke facebook, maka tentu saja aplikasi keylogger ini akan merekamnya.

Cara Melindungi Diri Anda dari Keylogger

Untuk menghindari serangan hacker yang menggunakan menggunakan Keylogger, maka berikut langkah-langkah antisipasi yang bisa anda lakukan.

  • Instal antivirus yang bagus di komputer Anda.
  • Jangan pernah buka akun facebook anda di komputer lain.
  • Selalu download perangkat lunak bebas dari situs terpercaya
    Jangan pernah mendownload atau mendapatkan perangkat lunak dari sumber yang tidak tepercaya.
  • Selalu pindai pen drive untuk virus.

3. Melihat Password yang Disimpan dari Browser

Seperti yang Anda tahu bahwa setiap kali login pada browser, maka browser akan meminta untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi yang digunakan untuk login di komputer. Siapapun bisa hack akun facebook anda dan melihat password facebook yang tersimpan di browser. Cukup buka URL chrome://settings/passwords dan Anda akan melihat nama pengguna dan kata sandi di browser Chrome Anda.

Cara Melindungi diri anda dari Hack ini

Cara yang bisa anda gunakan untuk melindungi diri agar password facebook anda tidak dilihat oleh orang lain adalah, dengan melakukan tindakan-tindakan berikut.

  • Jangan pernah menyimpan kata sandi login Anda di browser web Anda.
  • Amankan browser Chrome Anda dengan kata sandinya.
  • Selalu gunakan kata sandi yang kuat di Komputer Anda, Sehingga ketika si pelaku hendak melihat semua password yang tersimpan maka terlebih dahulu harus memasukkan password komputer.

4. Mobile Phone Hacking

Sudah diketahui bersama bahwa reset password facebook bisa dilakukan melalui aplikasi facebook di Smartphone. Bagaimana jika seseorang memasang aplikasi Spy atau bahkan aplikasi Remote pada Smartphone anda. Maka, tentu saja si pelaku bisa dengan mudah melakukan reset password akun facebook anda, karena memiliki akses ke email dan sms.

Cara Melindungi Diri dari Facebook Mobile Phone Hacking

Untuk melindungi diri dari Mobile Phone Hacking, maka anda bisa melakukan tindakan antisipasi berikut.

    • Jangan pernah menginstal aplikasi yang tidak dikenal di telepon Anda.
    • Selalu periksa telepon Anda untuk aplikasi yang mencurigakan.

5. Social Engineering

Social Engineering adalah serangan sederhana yang dilakukan oleh hacker, dalam metode ini hacker bisa mengumpulkan informasi tentang korban sebanyak yang ia bisa dari berbagai metode. Jika korban menggunakan kata sandi sederhana seperti tanggal lahirnya, nomor ponsel, nama sekolah, nama pacar dan nomor sepeda, seorang hacker dapat dengan mudah menebak password Anda dan hack akun facebook Anda.

Cara Melindungi Diri dari Serangan Social Enginering

Untuk melindungi diri dari Social Engineering, maka berikut langkah antisipasinya

      • Jangan pernah menggunakan kata sandi sederhana atau mudah ditebak di akun facebook Anda.
      • Jangan pernah menulis akun facebook Anda di kertas atau media manapun.
      • Banyak orang menggunakan kata sandi yang sama di situs web yang berbeda, saran saya tidak pernah menggunakan kata kunci yang sama untuk banyak situs web.

6. Web Browser Inspect Element

Di halaman login situs facebook, Anda dapat melihat kata sandi bertopeng (******) dengan mengubah jenis masukan kata kunci sebagai teks dari elemen pemeriksaan di browser Anda. Metode ini bekerja di semua browser modern. Jangan pernah meninggalkan PC Anda dengan halaman login. Siapapun bisa mengetahui password facebook anda dari metode ini.

Selamatkan diri dari hacker dengan metode ini

Sebagai tindakan pencegahan, maka jangan pernah menyimpan kata sandi facebook pada pada Web Browser.

7. Tabnapping

Saat ini, Anda bisa mendaftar dan membuat id pada situs web manapun dari akun facebook Anda. Banyak situs web membuat halaman login palsu dan meminta Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi facebook. Disini hacker akan membuat situs palsu dan meminta pengguna untuk masuk dari akun facebook anda.

Bagaimana Melindungi Diri Anda dari Tabnapping
  • Hindari pendaftaran atau login menggunakan akun facebok, terlebih lagi jika situs tersebut belum terpercaya.
  • Hindari software spyware dan freeware.
  • Jangan pernah bermain game gratis di situs web yang tidak tepercaya.

8. Skenario Logout Sederhana

Banyak pengguna tidak pernah logout id atau akun facebook dari komputer. Sehingga, Siapa pun dapat menggunakan akun facebook Anda saat Anda meninggalkan komputer.

Cara antisipasi skenario ini

Cara terbaik yang bisa anda lakukan agar terhindar dari serangan hacker dengan menggunakan metode ini adalah, selalu mengeluarkan akun facebook Anda saat meninggalkan komputer Anda sendiri.

Itulah 9 cara yang sering digunakan hacker untuk meretas akun facebook anda. Jadi bagi anda yang ingin menggunakan akun facebook orang lain, bisa mencoba salah satu cara tersebut. Tapi, yang lebih penting dari itu, anda bisa melakukan tindakan antisipasi agar terhindar dari serangan hacker yang akan menggunakan salah satu metode hack fb tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

5 KOMENTAR

  1. maaf mas bisa minta tolong buka fb sy ga? sy lupa emailnya.. dan nmor hp sy sdh ga aktif lg yg lama.. tolong bantuannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here