7 Aplikasi Ini Paling Bisa Diandalkan Saat Bekerja dari Rumah

0
35

Aplikasi yang bisa diandalkan saat bekerja dari rumah

Semenjak pandemi melanda, maka hampir semua kantor dan sekolah memberlakukan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah. Dengan kondisi ini, maka tentu anda perlu beradaptasi, termasuk mencari aplikasi yang bisa digunakan saat bekerja dari rumah.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan saat anda bekerja dari rumah. Namun, tentu saja dari semua aplikasi tersebut, tidak semuanya memiliki fitur yang anda butuhkan sehingga bisa memudahkan pekerjaan anda.

Oleh karena itu anda akan sangat butuh aplikasi yang bisa diandalkan sebagai penunjang pekerjaan. Tapi, karena WFH membuat anda harus online, maka pastinya butuh koneksi internet yang stabil agar aplikasi tersebut bisa berfungsi maksimal. Beragam aplikasi mulai dari video call, penyimpan file, juga editing paling banyak digunakan saat ini. Dengan semua aplikasi tersebut, pekerjaan anda menjadi lebih mudah dan efisien walau bekerja dari rumah.

Aplikasi Andalan Saat Bekerja dari Rumah

Penasaran ada aplikasi apa saja yang bisa anda coba untuk mempermudah pekerjaan anda, silahkan simak rekomendasinya berikut ini.

1. Microsoft Teams

Aplikasi keluaran Microsoft satu ini bisa anda gunakan untuk kebutuhan kantor. Bisa dipasang di handphone maupun laptop, aplikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan obrolan grup, panggilan video, dan membuat penjadwalan rapat. Tak hanya itu, Microsoft Teams juga terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya, yaitu Office 365.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan kantor menggunakan Microsoft Office 365 dan melakukan panggilan video dengan Microsoft Teams. Dengan begitu, anda bisa mengoperasikan pekerjaan dengan sangat mudah dalam satu aplikasi.

2. Microsoft OneDrive

Masih dengan produk keluaran Microsoft, aplikasi Microsoft OneDrive ini berfungsi sebagai media penyimpanan cloud. Anda bisa dengan mudah mengunggah dan mengakses file dalam waktu yang ditentukan.

Baca Juga :
Cara Download dan Install NET Framework 3.5 Secara Offline

Microsoft OneDrive ini memiliki fitur tanggal kadaluwarsa di mana orang lain tak bisa mengakses file yang anda bagikan di luar jangka waktu yang telah ditentukan. Bukan hanya itu, kelebihan lainnya dari aplikasi ini ialah kemampuannya dalam memindai dokumen lalu menyimpannya dalam bentuk file yang anda inginkan.

3. Zoom

Zoom merupakan aplikasi work from home yang banyak digunakan oleh banyak kalangan. Karena Memiliki fitur yang simpel dan mudah digunakan, menjadikan aplikasi satu ini diminati banyak orang. Selain itu, anda juga bisa membagikan layar saat presentasi dan menggunakan chat box untuk berinteraksi dengan partisipan lainnya.

Aplikasi andalan saat work from home

Menariknya, aplikasi panggilan video ini memungkinkan anda untuk melakukan panggilan dengan jumlah partisipan hingga 1000 orang. Anda bisa unduh aplikasi Zoom dan langsung gunakan dalam versi gratis maupun berbayar.

4. Trello

Aplikasi work from home satu ini akan sangat bisa membantu anda melakukan manajemen tugas dengan baik. Tersedia papan jadwal yang memungkinkan anda dan tim untuk melihat apa saja yang harus dikerjakan, tanggal deadline, dan juga status apa pekerjaan anda sudah selesai atau belum.

Anda jadi bisa memilah tugas berdasarkan prioritasnya dan mengatur waktu dengan baik setelah melihat jadwal di Trello. Aplikasi ini juga dapat membantu anda bekerja dengan lebih teratur dan tepat waktu sehingga pekerjaan terasa lebih efisien.

5. Slack

Slack merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh. Menariknya, anda tak hanya menemukan fitur video call tapi juga voice call yang bisa anda gunakan dalam satu grup obrolan maupun dengan satu orang.

Selain itu, anda juga bisa dengan mudah melakukan beragam aktivitas pekerjaan dari kantor karena Slack terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Mulai dari Google Calendar, Google Drive, Dropbox, dan aplikasi lainnya.

Baca Juga :
Cara Memblokir Akses Internet Aplikasi Tertentu di Laptop

Anda hanya perlu memilih fitur Add Apss di dalamnya dan cari aplikasi tambahan apalagi yang anda perlukan. Kemudahan penggunaan multi aplikasi bisa anda rasakan dengan mengunduh aplikasi Slack ini di Laptop yang digunakan.

6. Google Docs

Mirip dengan Microsoft Word, aplikasi Google Docs didesain lebih simpel dan mudah digunakan. Keunggulan yang bisa anda dapatkan yaitu ketika berbagi file yakni anda bisa menyalin link dokumen kepada orang lain yang bisa dilihat dan juga diedit. Kolaborasi pun jadi lebih mudah.

Dilansir dari laman Kumparan.com, aplikasi Google Docs memungkinkan anda untuk menciptakan tulisan di lembar kerja dengan hanya merekam suaramu. Anda tidak perlu susah payah mengetik dengan keyboard, hanya dengan mengaktifkan fitur voice typing lalu katakan sesuatu maka secara otomatis perkataan anda itu akan terealisasikan ke dalam tulisan.

7. Grammarly

Yang terakhir ada Grammarly. Sering digunakan saat akan membuat karya ilmiah, saat work from home ini Grammarly semakin banyak digunakan. Untuk anda yang harus berkomunikasi dengan pekerja dari negara asing, aplikasi ini akan banyak membantu.

Grammarly akan mengoreksi setiap tulisan yang anda buat entah itu laporan pekerjaan atau bahkan saat mengirim pesan. Dengan begitu, anda akan terhindar dari kesalahan penulisan dan belajar menggunakan tatanan bahasa yang benar. Grammarly juga bisa anda atur secara otomatis di keyboard handphone agar setiap anda mengetik sesuatu anda akan terhindar dari typo maupun kesalahan tulisan lainnya.

Penutup

Semakin banyaknya aplikasi work from home di atas akan menyadarkan betapa pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Pekerjaan kita menjadi lebih tertata dan efisien dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung tersebut. Untuk anda yang masih work from home, aplikasi pekerjaan apa yang paling berjasa dalam meringankan pekerjaan anda?

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda