Tips Belanja Online Aman di Instagram

455

 tips belanja online aman di Instagram

Dulu instagram hanya digunakan untuk sharing moment dengan penggunanya yang lain. Tapi seiring berjalannya waktu instagram mulai digunakan untuk promosi dan menjual barang atau produk secara online. Dari mulai fashion, make up sampai barang elektonik pun ada. Padahal fungsi instagram yang hanya sebagai media sosial tentu tidak menjamin keamanan untuk melakukan jual-beli secara online. Oleh karena itu, besar kemungkinan terjadinya kecurangan atau penipuan. Bagi anda yang suka belanja online dan ingin mencoba belanja melalui instagram, sebaiknya perlu mengetahui tips belanja online aman di Instagram. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kasus penipuan atau hal yang tidak anda inginkan.

Instagram sebagai salah satu media sosial dengan penggunanya yang mencapai 1 miliar pendownload menjadi pasar empuk bagi para pemilik produk. Mereka memasarkan produknya melalui instragram guna mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Agar tetap aman anda sebagai konsumen sebaiknya memperhatikan beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika hendak belanja online di instagram.

Tips belanja online aman di Instagram

1. Melihat detail barang

Ketika anda mulai suka dengan barang yang anda lihat dan ingin membelinya, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melihat detail barang tersebut. Perhatikan gambar dan deskripsi barang. Karena terkadang gambar yang dipajang sudah mengalami proses editing sehingga tidak sama seperti barang aslinya. Cobalah anda minta pihak penjual untuk mengirimkan real pict barang tersebut.

Perhatikan juga deskripsinya seperti ukuran, berat dan stok yang masih tersedia. Usahakan anda mengkonfirmasi kembali dari deskripsi barang tersebut kepada pihak penjual. Karena bisa saja pihak penjual belum melakukan update atas barang yang mereka jual.

2. Survei harga produk

 tips belanja online aman di Instagram

Sebaiknya anda jangan dulu tergiur dengan harga produk yang sangat murah, lakukanlah survei terlebih dahulu dengan harga yang ditawarkan oleh penjual lain. Jika perbedaannya masih wajar antara 5-10% anda boleh percaya. Tapi jika lebih atau perbedaannya hingga setengah harga, cobalah anda tanyakan apakah penjual sedang mengadakan promo dan tanyakan juga apakah produk itu original atau KW.

3. Melihat testimoni pembeli

Yang tidak kalah penting adalah melihat testimoni dari barang yang hendak anda beli. Akun penjualan yang kredibel pasti akan memposting hasil testimoni dari para pembeli. Sebaiknya anda perhatikan baik-baik hasil testimoni tersebut.

4. Cek indentitas akun penjual

Perhatikan akun penjual apakah memuat informasi mengenai alamat toko, pemilik toko, nomor telepon, dan identitas pribadi lainya. Paling tidak anda tahu alamat toko penjual itu berada. Kemudian untuk memastikannya anda bisa cek lokasi tersebut melalui Google Map.

5. Menanyakan cara pembayaran

Ketika semuanya dirasa aman dan anda sudah yakin ingin membelinya yang terakhir dari tips belanja online aman di instagram adalah menanyakan cara pembayarannya. Umumnya cara pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening pribadi. Tapi tidak ada salahnya anda menanyakan apakah tersedia layanan rekening bersama. Karena rekening bersama akan jauh lebih aman dibandingkan dengan langsung transfer ke rekening pribadi penjual. Jika memang tidak ada pastikan anda selalu memfollow up penjual. Paling tidak mintalah penjual untuk memberikan resi dan bukti pengiriman. Atau jika lokasinya dekat anda bisa meminta jasa COD.

Itulah tadi tips belanja online aman di instagram, sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti ketika melakukan belanja online, baik itu di Instagram ataupun media sosial lainya. Asalkan anda tetap hati-hati dan mengetahui tips-tipsnya. Kenali juga ciri-ciri penipuan online yang sering terjadi di internet. Jika anda sudah terlanjur tertipu segeralah lakukan tindakan penanganan atas kasus penipuan yang telah terjadi pada anda.

ARTIKEL TERKAIT

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here