Fitur Baru Windows 10 Spring Creators Update

786

Bagi Anda pengguna setia Windows, terkhusus Windows 10, maka anda mungkin sudah tahu bahwa pada bulan April 2018 telah dirilis update mayor Windows 10 yang baru. Update Mayor tersebut sudah sampai kepada Redstone 4 dan diberi nama Windows 10 Spring Creators Update. Salah satu hal yang paling penting pada saat adanya update dari suatu software maupun OS adalah mengenai fitur baru apa saja yang akan hadir.

Fitur baru yang bisa menarik perhatian pengguna tentu saja menjadi hal terpenting dari adanya update sebuah OS. Hal demikian juga tentu saja berlaku untuk Windows 10 yang baru saja mengeluarkan update mayor Windows 10 Spring Creators Update. Jika anda sudah penasaran, sebenarnya ada banyak sekali fitur baru yang telah hadir pada Windows 10 Spring Creators Update. Namun, tidak hanya fitur baru, ada juga fitur yang hadir pada Windows 10 sebelumnya namun diberikan juga perubahan untuk menambah pengalaman pengguna.

Fitur Baru Windows 10 Spring Creators Update Yang Utama

Poin utama dari Fitur baru Windows 10 Spring Creators Update adalah fitur yang tidak terdapat pada Windows 10 sebelumnya namun kini hadir pada Windows 10 Spring Creators Update. Berikut daftar fitur baru tersebut.

1. Timeline

Timeline merupakan sebuah fitur yang akan merekam setiap aktivitas yang anda lakukan pada sebuah PC/Laptop, namun tidak hanya terbatas pada satu PC saja, Timeline akan menampilkan semua jejak aktifitas pada setiap PC yang anda miliki. Dengan demikian anda bisa melanjutkan pekerjaan pada PC yang berbeda. Misalnya saja anda melakukan pekerjaan menggunakan komputer di kantor, namun ketika sampai di rumah anda bisa melanjutkannya menggunakan laptop pribadi dengan mengakses riwayat pekerjaan tersebut melalui timeline.

Fitur timeline ini bisa dikatakan adalah fitur paling utama dari Windows 10 Spring Creators Update, dan akan sangat bermanfaat untuk memudahkan anda dalam melanjutkan aktivitas di Windows 10 PC. Untuk mengakses fitur ini, anda dapat melakukannya melalui Taskbar, dan fitur ini telah menggantikan Task View yang terdapat pada versi Windows 10 sebelumnya.

Karena semua jejak aktivitas akan terekam, bisa dikatakan bahwa timeline ini merupakan markas dikumpulkannya seluruh aktivitas yang anda lakukan di berbagai PC Windows 10. Jenis aktivitas tersebut mulai dari browsing, membaca berita, edit dokumen atau file lain, dan lain sebagainya. Sehingga, anda bisa mengetahui apa yang dikerjakan pada saat pagi hari, siang hari, dan malam hari sekiranya anda lupa. Selain itu, rekaman aktivitas yang tampil tidak hanya pada hari itu saja, melainkan hingga 30 hari sebelumnya yang bisa ditampilkan setiap jamnya.

2. Tampilan Baru dengan Fluent Design System

Fitur keren selanjutnya yang telah hadir pada Windows 10 Spring Creators Update adalah Windows 10 hadir dengan wajah baru. Windows 10 Spring Creators Update hadir dengan tampilan baru yang disebut dengan nama Fluent Design System. Tampilan baru Windows 10 ini memang sudah dikabarkan akan hadir sejak Windows 10 Fall Creators Update, namun baru terealisasi pada Windows 10 Spring Creators Update.

Windows 10 dengan Fluent Design System ini hadir dengan tampilan yang lebih nge-blur, transparan, dan ada efek lighting saat di hover. Efek dari tampilan baru ini akan terlihat lebih jelas jika anda mengaktifkan fitur dark mode. Anda bisa cek perbedaannya pada setiap sudut Windows 10 yang anda gunakan, mulai dari Start Menu, Action Center, Settings, hingga aplikasi Microsoft Store seperti Kalkulator yang semuanya sudah berubah menjadi lebih nge-blur.

Dengan adanya perubahan pada tampilan tersebut, tentu saja akan menambah berat dan membebani sistem. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka Windows 10 akan secara otomatis mematikan berbagai efek Fluent Design ini saat baterai laptop anda sudah sangat kurang dan masuk ke mode battery saver. Sehingga tampilannya akan kembali solid dan simple seperti sebelumnya.

3. Near Share

Fitur baru Windows 10 Spring Creators Update selanjutnya yang tidak kalah keren adalah sebuah fitur yang bernama Near share. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang mirip dengan fitur AirDrop yang terdapat pada Mac. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda bisa melakukannya melalui Action Center dan klik tombol Nearby Sharing. Fungsi utamanya adalah agar anda bisa berbagi file secara wireles dengan perangkat Windows 10 lainnya.

Anda hanya perlu klik kanan pada file yang hendak dibagikan kemudian pilih share, maka file akan terkirim seketika. Namun yang harus anda pastikan adalah bahwa fitur Near Share ini juga telah aktif pada perangkat tujuan. Tidak hanya pada file Explorer, Near Share ini juga bisa digunakan pada berbagai komponen Windows 10 lainnya seperti Browser Microsoft Edge, Photos, dan aplikasi Microsoft Store lainnya yang memiliki menu share.

4. Pengaturan GPU pada Setiap Aplikasi

Fitur baru Windows 10 Spring Creators Update yang keempat adalah pengaturan GPU pada setiap aplikasi. Mungkin belum banyak yang mengetauinya, karena fitur ini memang agak tersembunyi meskipun memiliki pengaruh yang begitu besar. Pada Windows 10 Spring Creators Update, anda bisa mengatur secara manual GPU mana yang akan digunakan pada masing-masing aplikasi.

Mengenai pemilihan GPU, sudah menjadi hal yang lumrah dimana laptop jaman sekarang sudah menggunakan dual GPU. Yang satu merupakan GPU discrete yang memiliki performa yang cepat dan satu lagi merupakan GPU internal dengan performa standar namun hemat energi. Jadi anda bisa mengatur untuk menggunakan GPU discrete pada saat melakukan pekerjaan berat dan mengharuskan performa yang cepat seperti main game, editing, programming, design graphics, atau menggunakan GPU internal saat melakukan pekerjaan ringan seperti browsing, mengetik agar lebih hemat energi.

Fitur Windows 10 Lainnya yang Diperbaharui

Jika fitur mayor pada Windows 10 Spring Creators Update telah dibahas satu per satu, maka selanjutnya untuk membahas fitur yang sebelumnya sudah ada namun dilakukan pembaharuan. Berikut fitur-fitur tersebut.

5. Start Menu

Fitur bawaan pertama yang mendapat perubahan adalah pada bagian Start Menu. Pada bagian ini anda akan mendapati shortcut ke Pictures dan Document secara default. Kemudian pada bagian tiles, jika anda klik kanan dan pilih more, maka anda bisa langsung menuju ke App Settings untuk mengakses berbagai opsi pengaturan aplikasi tersebut.

6. Taskbar

Pada bagian Taskbar, tidak hanya adanya icon timeline yang ditambahkan. Pada taskbar anda juga bisa drag pin kontak My People di taskbar dengan bebas, lalu bisa juga drag and drop kontak dari My People ke Taskbar. Selain itu, anda juga bisa menentukan berapa banyak kontak yang ingin ditampilkan di Taskbar. Anda bisa mengatur untuk menampilkan maksimal 10 kontak yang bisa diatur melalui Taskbar Settings.

7. Action Center

Fitur baru Windows 10 Spring Creators Update yang selanjutnya akan anda temukan pada bagian Action Center. Pada bagian Action Center, selain adanya tombol Near Share, Quiet Hours juga saat ini telah diubah namanya menjadi Focus Assist, dan anda juga bisa mengatur apakah ingin menampilkan notifikasi prioritas saja, alarm saja, atau mematikan Focus Assist dan menampilkan semua notifikasi yang ada.

Focus Assist juga bisa anda atur agar aktif otomatis pada waktu tertentu atau saat melakukan aktifitas tertentu. Misalnya saja, saat anda sedang bermain game, maka Windows 10 akan mengaktifkan Focus Assist agar anda tidak terganggu dengan adanya notifikasi yang masuk meskipun notifikasi tersebut tidaklah penting.

Hal lainnya yang berubah pada Action Center adalah, Cortana Proactive Content sekarang sudah ditampilkan pada Action Center. Dan ada juga sedikit perubahan kecil, dimana tulisan ‘Clear All’ yang terdapat pada versi Windows 10 sebelumnya kini diubah menjadi ‘Clear All Notifications’.

8. Microsoft Edge

Selanjutnya yang akan dibahas adalah perubahan pada Microsoft Edge. Yang pertama dan sudah jelas adalah perubahan dari segi visual karena kehadiran Fluent Design System. Hal lainnya adalah, anda bisa melakukan mute Audio yang dimainkan pada tab tertentu.

Pada penggunaan ekstensi Browser Microsoft Edge, kini anda juga bisa menggunakannnya pada mode Private Browsing. Favorit bar juga akan ditampilkan pada saat anda membuka tab baru, sebagaimana pada browser-browser lainnya seperti Chrome, Firefox, dll. Dan fitur baru yang paling penting pada Microsoft Edge adalah adanya dukungan Service Workers yang memungkinkan website untuk mengirimkan notifikasi bahkan saat browser Edge sudah ditutup sekalipun.

9. Settings

Pada bagian Settings, selain pengaturan GPU masih banyak tambahan lain yang tersedia pada bagian ini. Misalnya, pengaturan aplikasi startup yang kini bisa anda atur di Settings. Selain itu ada juga Storage Sense yang merupakan fitur semacam disk clean up yang bisa anda atur secara otomatis kapan harus melakukan Clean Up. Sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot membersihkan sampah-sampah file Windows secara manual.

Lalu ada juga pengaturan Font dimana font-font yang hendak anda gunakan bisa didownload langsung dari Microsoft Store dan pengaturannya ditanamkan oleh Microsoft pada bagian Settings. Meskipun harus diakui bahwa jumlah jenis font yang disediakan masih sedikit.

10. Cortana

Fitur baru Windows 10 Spring Creators Update yang terakhir dibahas adalah apa yang baru pada Cortana. Pertama anda akan menemukan berbagai skill Cortana di menu Notebooks. Daftar skill ini akan memudahkan anda untuk mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan oleh si kecerdasan buatan Microsoft ini, sehingga anda bisa memanfaatkannya dengan baik dan lebih maksimal. Selain itu Cortana juga lebih pintar untuk menampilkan aktivitas untuk anda lanjutkan pada fitur Timeline.

Itulah fitur baru Windows 10 Spring Creators Update, baik yang berupa fitur mayor ataupun yang berupa perubahan pada fitur Windows 10 sebelumnya. Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang bisa anda coba cari tahu sendiri saat sudah menginstallnya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here