Daftar Fitur Baru Office 2019 yang Paling Menarik

5
6360

Apa yang baru di Office 2019

Microsoft telah secara resmi membawa dunia baru bagi pengguna Microsoft Office sebagai pengelolah dokumen dengan hadirnya Office 2019. Setelah anda install Office 2019, maka anda akan langsung dapat menikmati beragam fitur baru Office 2019 yang sebelumnya belum tersedia pada versi Office terdahulu. Kehadiran fitur-fitur ini akan mampu menambah pengalaman serta mempercepat pekerjaan yang menggunakan Microsoft Office.

Selain itu, adanya fitur baru Office 2019 yang sangat menawan akan membuat anda bisa melakukan banyak hal dan menyalurkan kreativitas menggunakan Office 2019. Tapi tentu saja anda masih dapat terus menggunakan fitur-fitur yang sudah hadir pada Office versi terdahulu sebagai penunjang kinerja dalam menggunakan Office 2019.

Ada banyak sekali fitur baru Office 2019 yang bisa dikatakan semuanya sangat menarik untuk diulas. Mulai dari fitur presentasi tingkat lanjut, analisis data yang lebih kuat, peningkatan fitur Ink, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fitur Baru Office 2019 yang Sangat Menarik

Jika anda sudah menginstall Microsoft Office 2019, maka anda bisa langsung menjelajahi software tersebut. Anda bisa mencari tahu berbagai pembaharuan atau hal baru yang terdapat pada software pengelolah dokumen milik Microsoft yang terbaru ini. Tapi, jika anda sudah penasaran dan belum install Office 2019, atau anda hendak mengetahui daftar lengkap apa saja yang baru di Office 2019, maka berikut ulasannya.

1. Penambahan Vektor Ikon dan Efek Visual

Fitur menarik pertama dari daftar “apa saja yang baru di Office 2019” adalah adanya penambahan efek visual pada Microsoft Word, Excel, dan PowePoint. Kehadiran fitur ini memungkinkan anda membuat kreasi visual pada saat mengerjakan dokumen ataupun presentasi.

Dengan adanya fitur ini, anda bisa langsung menambahkan ikon atau gambar vektor ke dalam dokumen yang sedang dikerjakan untuk memberikan variasi atau pelengkap dari teks yang ditulis. Setelah anda memasukkan ikon ke lembar kerja atau workspace dokumen, maka anda bisa memutar, mengganti warna, dan mengubah ukuran ikon tersebut tanpa mengurangi kualitas gambar ikon.

Fitur baru Microsoft Office Word 2019

2. Terdapat Fitur Translator

Seringnya melakukan aktivitas menerjemahkan dokumen ke bahasa lain juga menjadi perhatian pengembang Office 2019. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, maka pada Office 2019 ditambahkan fitur yang memungkinkan anda menerjemahkan kata, frasa, dan pilihan teks lainnya. Kemampuan ini dibekali dengan adanya Microsoft Translator pada Office 2019 dan dapat digunakan untuk menerjemahkan kata, kalimat dan paragraf dalam dokumen ke bahasa apapun.

Baca Juga : Cara Install Microsoft Office 2016 Gratis di Windows

Fitur translator ini sudah tersedia untuk Word, Excel, OneNote, dan PowerPoint pada Office 2019. Selain itu, anda juga dapat menggunakan fitur translator Office 2019 ini di Microsoft Outlook dengan manambahkan add-in dari Office Store. Jadi, kehadiran fitur ini membuat anda tidak perlu lagi membuka aplikasi translator ketika terdapat kata, kalimat, atau paragraf yang hendak diterjemahkan ke bahasa lain. Hal ini secara tidak langsung akan mempercapat pekerjaan yang anda lakukan menggunakan Office 2019.

3. Support Penulisan Rumus Menggunakan LaTeX dan UnicodeMath di Word

Jika anda merupakan orang yang familiar dan sering menuliskan formula matematika menggunakan sintaks LaTeX, maka kehadiran fitur baru Office 2019 yang satu ini tentu menjadi kabar gembira. Pada Office 2019 telah diberikan dukungan dan kemampuan yang memungkinkan anda menuliskan formula matematika menggunakan sintaks LaTeX.

Jika selama ini anda menuliskan formula matematika di Word menggunakan tool yang terdapat pada Equations, maka pada Office 2019 anda memiliki opsi cara penulisan lain, yaitu dengan menggunakan sintaks LaTeX. Kehadiran fitur ini akan membuat orang yang terbiasa menggunakan bahasa LaTeX menjadi lebih cepat dalam mengetik rumus matematika.

Selain menggunakan sintaks LaTeX, pada Office Word 2019 anda juga dapat menuliskan Equations menggunakan sintaks UnicodeMath. Anda dapat mengetik sebagian besar persamaan dalam UnicodeMath secara cepat dengan menggunakan kode Math AutoCorrect.

4. Fitur Efek Transisi Morph di PowerPoint

Transisi Morph adalah sebuah efek transisi yang memungkinkan anda membuat gerakan halus dari satu slide ke slide berikutnya pada PowerPoint. Efek transisi tersebut akan bekerja layaknya ketika anda membuat sebuah animasi, hanya saja efek gerakan yang dihasilkan lebih halus. Anda dapat menerapkan transisi Morph ke slide untuk menciptakan tampilan gerakan dalam berbagai hal pada teks, ikon, gambar, grafik SmartArt, WordArt, dan grafik.

Cara kerjanya sangatlah mudah, untuk menggunakan transisi Morph secara efektif maka anda harus memiliki dua slide dengan setidaknya terdapat satu objek yang sama. Lebih baik lagi jika semua objek dalam slide sama yang dapat anda lakukan dengan cara duplikat slide. Kemudian pindahkan objek pada slide kedua sesuai dengan keinginan anda dan berikan efek transisi Morph.

Baca Juga : Ini Dia Tombol-tombol Rahasia Microsoft Excel

5. Efek Zoom pada PowerPoint

Pada PowerPoint Office 2019 anda dapat membuat presentasi yang lebih hidup dengan menambahkan efek zoom pada slide yang dibuat. Anda bisa menggunakan fitur zoom ini untuk membuat slide presentasi yang anda buat menjadi lebih dinamis dan menarik. Ketika anda membuat zoom di PowerPoint, maka anda dapat melompat dari slide satu ke slide lain, serta bagian-bagian dengan urutan yang anda tentukan sendiri.

Jadi, fitur zoom ini bekerja layaknya sebuah halaman yang memungkinkan anda melihat semua bagian dari presentasi sekaligus. Ketika anda sedang melakukan presentasi, maka anda dapat menggunakan fitur zoom untuk berpindah dari satu bagian ke bagian lain dalam urutan apapun.

Fitur baru Microsoft Office PowerPoint 2019

6. Fungsi-Fungsi Baru di Microsoft Excel

Pada Microsoft Excel ditambahkan beberapa fungsi baru dengan kemampuan yang baru pula. Misalnya saja fungsi CONCAT, IFS, MAXIFS, MINIFS, SWITCH, TEXTJOIN, serta fungsi lainnya. Fungsi-fungsi ini dapat anda ketikkan langsung pada sel Workspace Excel layaknya fungsi Excel pada umunya.

7. Menulis dan Menggambar Menggunakan Ink

Pada Office 2019, anda dapat menulis teks tulisan tangan dan menggambar dengan menggunakan tool Ink, hasilnya kemudian dapat anda ubah menjadi shapes. Selain itu, anda dapat menggunakan fitur ini untuk menulis formula matematika yang kompleks, menandai teks, dan fungsi lainnya. Fitur ini tersedia dan dapat digunakan pada Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan Visio.

8. Visualisasikan Data dengan Grafik Baru di Access

Bagan adalah grafik yang menampilkan data numerik dalam tata letak visual yang teratur dan mengungkapkan hubungan data yang penting. Fitur baru Office 2019 ini memungkinkan anda menambahkan bagan ke formulir atau laporan untuk memvisualisasikan data Anda dan membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut. Anda dapat mengikat bagan ke tabel atau kueri dan menyesuaikan bagan dengan berbagai properti. Anda bahkan dapat membuat bagan interaktif seperti jika Anda memilih bidang kategori yang berbeda pada formulir atau filter laporan, Anda akan melihat nilai bagan yang berbeda pula. Di Access 2019, Anda dapat membuat berbagai jenis bagan seperti bagan kolom, garis, batang, lingkaran, dan kombo.

Baca Juga : Cara Install Microsoft Visio 2016 di Laptop Windows

9. Type Data Large Number (bigint) di Access

Jika pada saat menggunakan Access anda membutuhkan sebuah type data untuk menyimpan data dengan ukuran yang sangat besar, maka pada Access 2019 fitur ini sudah tersedia. Pada Office 2019 telah ditambahkan type data bigint yang dapat anda gunakan ketika hendak menggunakan nomor yang sangat besar. Tipe data ini dapat menyimpan nilai numerik non-moneter dan kompatibel dengan SQL_BIGINT.

10. Menghubungkan Tugas di Project

Pada Microsoft Project juga ditambahkan sebuah fitur baru yang akan membuat anda lebih mudah menghubungkan dua buah tugas. Anda dapat menguhubungkan dua tugas dalam sebuah project untuk menunjukkan hubungan diantara keduanya. Hal ini juga biasa disebut dengan istilah dependensi tugas. Dependesi akan menautkan tugas, jadi ketika anda melakukan perubahan pada tugas sebelumnya, maka akan mempengaruhi tugas berikutnya, dan mempengaruhi yang berikutnya lagi dan seterusnya.

11. Pembuatan Diagram Cepat di Visio

Pada Visio 2019 anda dapat membuat sebuah diagram dengan sangat cepat. Anda dapat membuat diagram organisasi, brainstroming, dan SDL menggunakan template yang sudah disediakan. Kemampuan ini akan membuat proses pembuatan diagram yang anda butuhkan menjadi lebih cepat.

12. Kembangkan Kreatifitas Desain dengan Visio Wireframe

Visio 2019 memungkinkan anda untuk membuat desain aplikasi atau website dengan ide yang lebih hidup menggunakan Visio Wireframe. Visio Wireframe merupakan model atau desain visual yang terperinci dari antarmuka pengguna aplikasi. Detail desain yang akan diberikan mulai dari blueprint atau cetak biru desain, fungsi dan konten di dalamnya. Situs Web dan Template Wireframe Seluler ini ideal untuk membuat sketsa desain dan menyajikan ide segar, sampai pada konsensus tim, dan membentuk dasar dari wireframe dengan ketelitian tinggi.

Fitur baru Microsoft Office Visio 2019

Itulah beberapa fitur baru Office 2019 yang dapat langsung anda gunakan setelah menginstall Office 2019 di komputer yang digunakan. Tapi, daftar diatas hanyalah fitur garis besar dari kemewahan Office 2019. Tentu masih banyak fitur menarik lain yang dapat anda temukan pada setiap bagian dari produk Office 2019.

5 KOMENTAR

    • Bisa Mas.
      Step:
      1. Klik File lalu pilih Save As kemudian klik tombol Browse
      2. Dibagian Save as type pilih Word/Excel Word/Excel 97-2003 document
      3. Klik Save

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda