Cara Megetahui Computer Name dari PC/Laptop

7741

Megetahui Computer Name dari PC/laptop – Computer name pada dasarnya adalah Identitas dari Komputer. Jika dalam penggunaan jaringan maka Computer name ini memiliki fungsi yang sama dengan IP Address. Namun berbeda dari IP Address yang bisa lebih dari satu pada satu unit PC/Laptop, maka computer name ini bisa dipastikan hanya satu dalam setiap unit PC/laptop.

Dalam penggunaannya dalam koneksi ke jaringan, computer name ini biasanya lebih dipilih sebagai identitas dari suatu komputer atau laptop dibanding dengan menggunakan IP Address. Alasannya tentu saja karena computer name lebih mudah diingat dibanding dengan IP Address yang menggunakan sederetan angka acak.

Kekurangannya adalah, Computer name ini sifatnya tidak unik dan bisa saja terdapat kesamaan dengan komputer lain dari seluruh dunia. Maka, computer name ini hanya disarankan untuk digunakan pada koneksi lokal dan jangan digunakan pada koneksi global.

Untuk mengetahui computer name dari PC/Laptop yang anda gunakan maka bisa melalui CMD dan Control Panel.

Mengatahui Computer name PC/Laptop melalui CMD

Untuk mengetahui Computer name dari PC/laptop yang anda gunakan, maka salah satu cara yang bisa digunakan adalah anda bisa melihatnya melalui CMD. Caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Command Prompt (CMD), caranya dengan mengetikkan CMD pada Start Menu Windows.

Langkah 2

Pada jendela CMD yang muncul silahkan ketikkan perintah berikut kemudian tekan Enter.

systeminfo

Langkah 3

Maka akan ditampilkan Informasi lengkap dari PC/laptop anda. Pada baris pertama anda akan melihat computer host name yang merupakan computer name dari PC/laptop anda.

Itulah cara mengetahui computer name melalui CMD, anda juga bisa melihat informasi ini melalui Control Panel.

Mengetahui Computer Name PC/laptop melalui Control Panel

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengetahui computer name dari PC/laptop anda adalah dengan melihatnya melalui Control Panel. Bagaimana melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Control Panel, caranya dengan mengetikkan Control Panel pada Start Menu. Kemudian pada jendela Control Panel silahkan pergi ke

Control Panel\System and Security\System
Langkah 2

Pada jendela tersebut, anda akna melihat Computer name dari PC/laptop yang anda gunakan.

Itulah cara mengetahui computer name PC/laptop, selanjutnya Computer name ini bisa anda gunakan untuk koneksi lokal seperti transfer file antar komputer via jaringan, share printer, dan lain sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here