5 Cara Melihat Jumlah Kapasitas RAM di Laptop Windows 10

|Diupdate 12 Agustus 2020
0
113

Cara melihat kapasitas RAM di Laptop Windows 10

Jika hendak membeli sebuah Laptop maka anda perlu cek spesifikasi Laptop tersebut, termasuk kapasintas RAM yang dimilikinya. Dengan mengetahui jumlah kapasitas RAM Laptop, maka anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang akan digunakan nantinya. Jika Laptop tersebut sudah terinstall Windows, misalnya Windows 10 maka cara untuk melihat total kapasitas RAM akan lebih mudah.

RAM tentu sangat berperan dalam kecepatan sebuah Laptop atau Komputer saat digunakan. Hal ini berkaitan dengan multitasking atau banyaknya aplikasi yang dapat anda jalankan pada saat yang sama. Oleh karena itu, semakin besar dan banyak aplikasi yang anda gunakan, maka pastikan RAM Laptop juga berkapasitas besar.

Umumnya kapasitas RAM Laptop atau Komputer standar yang beredar saat ini adalah 2GB, 4GB, dan 8GB. Sementara Laptop atau Komputer yang digunakan oleh professional biasanya berkapasitas 16GB, 32GB, dan lebih besar lagi. Semuanya tergantung kebutuhan dan prosesor yang digunakan pada Laptop atau Komputer tersebut. Tapi, tidak sedikit juga yang sudah lama menggunakan Laptopnya tanpa mengetahui berapa sebenarnya RAM yang dimiliki Laptop yang digunakan tersebut. (Baca juga: Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai di Windows)

Cara Melihat Jumlah RAM di Laptop Windows 10 Tanpa Software

Jika hendak mengetahui kapasitas RAM yang digunakan oleh Laptop anda, maka caranya sangat mudah. Anda tidak perlu membongkar Laptop anda hanya untuk mengecek kapasitas RAM yang dimilikinya.

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, misalnya Windows 10 maka dapat dengan mudah mengecek kapasitas RAM melalui fitur bawaan yang sudah disediakan. Jadi, anda juga tidak perlu menginstall aplikasi khusus hanya untuk melihat kapasitas RAM Laptop. Meskipun ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang menyediakan informasi tersebut, tapi anda tidak membutuhkannya.

1. Cek RAM Laptop Melalui About (Settings)

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melihat kapasitas RAM pada Laptop Windows 10 adalah melalui About di Settings. Cara ini dapat anda lakukan dengan sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka About di Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Caranya adalah silahkan klik kanan Start Menu, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik System.
    Caar cek RAM melalui settings
  2. Pada jendela Settings akan ditampilkan berbagai informasi di bagian Device specifications. Silahkan perhatikan bagian Installed RAM yang merupakan kapasitas RAM Laptop anda.
    Menampilkan informasi RAM di Windows 10

Dengan demikian anda sudah mengetahui kapasitas RAM Laptop anda hanya dengan melihanya di About.

2. Cek RAM Laptop Melalui System (Control Panel)

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika hendak mengecek RAM Laptop atau Komputer adalah melalui informasi sistem di Control Panel. Cara ini sebenarnya menampilkan informasi yang sama dengan cara yang pertama. Untuk melakukannya juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka Control Panel pada Laptop atau Komputer Windows yang anda gunakan. Caranya adalah klik pada Start Menu, kemudian lakukan pencarian aplikasi dengan kata kunci “control panel” dan klik Control Panel pada hasil yang muncul.
  2. Pada jendela utama Control Panel, silahkan klik System and Security.
    Cara cek RAM melalui Control Panel
  3. Pada jendela selanjutnya, silahkan klik System untuk menampilkan informasi tentang sistem.
    Cek system info
  4. Pada jendela System yang muncul, akan ditampilkan beragam informasi termasuk RAM Laptop anda. Silahkan perhatikan bagian Installed memory (RAM) yang merupakan kapasitas RAM Laptop atau Komputer yang anda gunakan.
    informasi RAM di Control Panel Windows 7, 8.1, 10

Dengan menggunakan langkah-langkah diatas, anda dapat mengetahui kapasitas RAM dengan sangat mudah.

3. Cek RAM Laptop Melalui Command Prompt (CMD)

Cara ketiga yang dapat anda lakukan jika hendak memeriksa kapasitas RAM Laptop adalah dengan menggunakan perintah di CMD. Cara ini juga sangat mudah dilakukan, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka Command Prompt atau CMD di Laptop atau Komputer yang anda gunakan. Caranya adalah klik pada Start Menu, kemudian lakukan pencarian aplikasi dengan kata kunci “cmd” dan klik Command Prompt pada hasil yang muncul.
  2. Pada jendela CMD yang terbuka, silahkan ketikkan perintah systeminfo | findstr /C:"Total Physical Memory" kemudian tekan Enter di Keyboard.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan informasi Total Physical Memory yang merupakan RAM Laptop atau Komputer yang digunakan.
    Cara melihat RAM menggunakan CMD

Meskipun harus mengetikkan kode perintah, tapi cara ketiga ini juga sangat mudah dilakukan untuk cek RAM Laptop tanpa software.

4. Cek RAM Laptop Melalui File Explorer

Cara keempat yang dapat anda lakukan untuk melihat kapasitas RAM Laptop atau Komputer yang digunakan adalah melalui File Explorer. Cara ini bisa dikatakan yang paling mudah tapi sangat jarang digunakan. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka File Explorer di Laptop Windows yang anda gunakan, kemudian klik pada This PC jika yang terbuka adalah Quick access.
  2. Untuk menampilkan informasi tentang RAM Laptop di File Explorer anda harus menampilkan Details pane. Caranya adalah klik pada tab View, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik Details pane.
  3. Setelah itu informasi tentang RAM Laptop anda akan ditampilkan si panel sebelah kanan, yaitu pada bagian Memory.
    Cara cek RAM di File Explorer Windows

Meskipun mungkin tidak banyak disadari, bahwa anda dapat dengan sangat mudah melihat kapasitas RAM di File Explorer menggunakan cara diatas.

5. Cek RAM Laptop Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara kelima yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kapasitas RAM Laptop adalah melalui DirectX Diagnostic Tool atau yang lebih dikenal dengan sebutan dxdiag. Cara ini juga sangat mudah dilakukan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka DirectX Diagnostic Tool melalui perintah Run. Caranya adalah silahkan jalankan program Run (Win + R), kemudian ketikkan perintah dxdiag lalu klik Ok.
    Cara membuka dxdiag menggunakan RAM
  2. Setelah jendela DirectX Diagnostic Tool atau dxdiag terbuka, maka akan ditampilkan banyak informasi. Silahkan perhatikan bagian Memory yang merupakan RAM Laptop atau Komputer anda.
    Cara melihat jumlah RAM Laptop Windows 10 menggunakan dxdiag

Cara kelima ini juga sangat mudah untuk melihat spesifikasi Laptop, termasuk mengetahui kapasitas RAM yang digunakan.

Itulah cara mudah melihat jumlah kapasitas RAM Laptop atau Komputer di Windows 10. Tapi, cara-cara diatas sebenarnya juga dapat dilakukan pada Windows 7 dan Windows 8.1. Jadi, jika anda hendak mengecek RAM Laptop karena penasaran, maka silahkan gunakan salah satu cara diatas. Yang pasti anda tidak memerlukan software khusus dan juga tidak perlu bongkar Laptop.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda