2 Cara Merubah Flashdisk FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Format

2
1569

Cara merubah Flashdisk FAT32 ke NTFS dan sebaliknya tanpa format

Proses merubah sistem file sebuah Flashdisk atau Hardisk sudah menjadi hal biasa. Pengguna akan mengubah format sistem file media penyimpanan tersebut untuk berbagai alasan, salah satunya karena tidak dapat digunakan jika formatnya tidak diubah. Umumnya, cara yang akan dilakukan untuk merubah Flashdisk atau Hardisk dari FAT32 ke NTFS atau sebaliknya adalah dengan melakukan format ulang. Jika anda melakukan format ulang pada Flashdisk atau Hardisk, maka tentu akan kehilangan semua data yang terdapat di dalamnya.

Ada beragam alasan yang membuat pengguna ingin melakukan konversi dari FAT32 menjadi NTFS, atau sebaliknya. Misalnya, jika Flashdisk anda menggunakan sistem file FAT32, maka anda hanya dapat copy file dengan ukuran maksimal 4GB per file. Dengan demikian, jika anda ingin copy file yang berukuran lebih besar, maka tentu harus menggunakan format NTFS. Atau, jika anda menggunakan format NTFS dan tidak dapat terbaca pada Sistem Operasi gadget yang digunakan, maka tentu harus diubah menjadi FAT32 agar dapat digunakan. Karena perbedaan fitur antara FAT32 dan NTFS cukup banyak, maka tentu anda harus menggunakan sistem file yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengubah sistem file FAT32 ke NTFS atau sebaliknya, anda tidak harus melakukan format ulang. Jika anda melakukan format ulang, maka tentu saja semua data dalam Flashdisk atau Hardisk tersebut akan terhapus dan hilang. Tidak masalah jika Flashdisk tersebut berukuran kecil dan isinya cuma sedikit, karena anda dapat memindahkan isinya terlebih dahulu kemudian melakukan format ulang. Tetapi, jika Flashdisk tersebut berukuran besar dan berisi banyak file, maka tentu akan merepotkan jika harus memindahkan semua isinya terlebih dahulu. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara untuk merubah sistem file FAT32 ke NTFS atau sebaliknya tanpa harus format ulang.

Cara Merubah FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Format Ulang

Ada banyak keuntungan yang akan anda peroleh jika mengubah sistem file Flashdisk atau Hardisk dari FAT32 menjadi NTFS atau sebaliknya. Tentu saja karena anda tidak perlu melakukan format ulang, sehingga semua isinya akan tetap aman dan tidak terhapus.

Misalnya, jika anda mempunyai flashdisk installer dan tidak dapat terbaca jika menggunakan FAT32 maka silahkan ubah sistem file Flashdisk tersebut menjadi NTFS, begitu juga sebaliknya. Atau, jika Flashdisk anda tidak dapat terbaca pada Smartphone karena menggunakan sistem file NTFS, maka silahkan ubah menjadi FAT32. Begitu juga dengan contoh kasus lainnya yang mengharuskan anda mengkonversi FAT32 menjadi NTFS atau sebaliknya.

Untuk melakukan proses konversi FAT32 menjadi NTFS tanpa format ulang, ada dua cara yang akan dibahas pada artikel ini. Cara pertama dapat anda lakukan tanpa harus install software khusus. Sementara cara kedua mengharuskan anda untuk menggunakan software pengelolah partisi.

1. Mengubah FAT32 Menjadi NTFS Tanpa Format Ulang Menggunakan CMD

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin merubah sistem file Flashdisk atau Hardisk dari FAT32 ke NTFS adalah dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Tentu saja ini merupakan cara yang sangat mudah karena anda tidak perlu menginstall software apapun.

Cara penggunaan Command Prompt (CMD) untuk mengkonversi FAT32 menjadi NTFS juga sangat mudah. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka CMD (Run as administrator) di Komputer Windows yang anda gunakan. Anda dapat melakukannya dengan cara melakukan pencarian di Start Menu, kemudian pada hasil yang muncul silahkan klik Run as administrator.

Menjalankan CMD

Selanjutnya, silahkan perhatikan huruf partisi Flashdisk atau Hardisk yang ingin anda ubah dari FAT32 menjadi NTFS. Huruf partisi yang dimaksud adalah label partisi pada File Explorer, misalnya D, E, F, dan lainnya. Kemudian, pada jendela CMD yang sudah terbuka, silahkan ketikkan perintah berikut kemudian tekan enter di Keyboard.

convert HURUF_PARTISI: /fs:ntfs

Silahkan anda ganti HURUF_PARTISI: menjadi label atau huruf partisi yang ingin anda ubah dari FAT32 menjadi NTFS. Jika perintah tersebut sudah anda jalankan, maka silahkan tunggu hingga proses konversi selesai dan muncul keterangan Conversion complete.

Cara merubah FAT32 ke NTFS menggunakan CMD

Jika sudah selesai, maka anda dapat memeriksa bahwa sistem file Flashdisk tersebut sudah berubah menjadi NTFS, dan semua isinya masih tetap ada dan tidak terhapus. Tapi, pastikan untuk tidak mengganggu saat proses konversi sedang berlangsung, agar tidak terjadi kerusakan atau kehilangan data.

Cara diatas dapat anda gunakan untuk mengubah FAT32 menjadi NTFS tanpa harus menggunakan software khusus. Jadi, anda tidak perlu format ulang dan juga tidak memerlukan software pengelolah partisi yang khusus.

Sayangnya, cara ini hanya dapat dilakukan jika ingin mengubah FAT32 ke NTFS dan tidak berlaku sebaliknya. Anda tidak dapat menggunakan cara ini untuk mengubah NTFS menjadi FAT32. Jika anda melakukannya, maka tidak akan berhasil dan akan muncul keterangan Convert is not available for NTFS drives. Jika anda tetap ingin mengubah NTFS ke FAT32, maka silahkan gunakan cara kedua berikut.

2. Mengubah NTFS Menjadi FAT32 dan Sebaliknya Tanpa Format Ulang

Cara kedua yang dapat anda lakukan jika ingin merubah sistem file FAT32 ke NTFS atau sebaliknya adalah dengan menggunakan software khusus. Ada banyak software pengelolah partisi yang dapat anda gunakan, salah satunya adalah Aomei Partition Assistant.

Cara ini dapat anda gunakan untuk mengkonversi FAT32 menjadi NTFS maupun sebaliknya, yaitu NTFS menjadi FAT32. Dan, tentu saja jika menggunakan cara ini, maka anda tidak perlu lagi melakukan format ulang dan tidak akan kehilangan data.

Tapi, jika anda ingin menggunakan cara kedua ini, maka tentu saja harus sudah menginstall software Aomei Partition Assistant pada Laptop atau PC Desktop yang digunakan. Jika anda sudah menginstall software tersebut, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah, silahkan buka software Aomei Partition Assistant yang sudah anda install sebelumnya. Kemudian, pada jendela utama software tersebut silahkan klik NTFS to FAT32 Converter.

Konverter NTFS ke FAT32 Aomei

Selanjutnya, pada jendela Aomei NTFS2Fat32, silahkan pilih konversi yang ingin anda lakukan. Jika anda memiliki Flashdisk atau Hardisk NTFS dan ingin mengubahnya menjadi FAT32, maka silahkan pilioh opsi NTFS to FAT32. Sebaliknya, jika anda ingin mengubah FAT32 menjadi NTFS, maka silahkan pilih opsi FAT32 to NTFS. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Konversi NTFS ke FAT32 menggunakan Aomei

Pada jendela selanjutnya akan ditampilkan daftar partisi yang dapat anda konversi sistem filenya. Silahkan anda pilih partisi mana yang merupakan Flashdisk atau Hardisk anda dan ingin diubah dari FAT32 ke NTFS atau sebaliknya. Jika sudah anda pilih partisi tersebut, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Mengubah sistem file Flashdisk

Kemudian, pada halaman Confirm Operation, silahkan klik Proceed untuk melakukan proses konversi. Pada jendela konfirmasi yang muncul, silahkan klik Yes untuk melanjutkan proses konversi.

Cara merubah NTFS ke FAT32 tanpa format ulang

Setelah itu, proses konversi akan berlangsung, silahkan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul keterangan The operation has been completed successfully, silahkan klik Ok, lalu klik Finish.

Mengubah NTFS menjadi FAT32 tanpa kehilangan data

Silahkan tutup jendela software tersebut dan periksa perubahan yang terjadi. Flashdisk atau Hardisk anda akan berubah dari NTFS menjadi FAT32, ataupun sebaliknya, dan isinya masih tetap utuh dan tidak terhapus.

Itulah 2 cara yang dapat anda lakukan jika ingin merubah FAT32 ke NTFS atau NTFS ke FAT32 tanpa harus format ulang. Cara-cara tersebut tentu sangat tepat jika anda ingin mengubah sistem file tetapi tidak ingin melakukan format ulang. Anda dapat menggunakan cara pertama jika tidak ingin repot install software, tapi hanya dapat digunakan untuk konversi FAT32 menjadi NTFS. Jika ingin melakukan konversi FAT32 ke NTFS dan NTFS ke FAT32, maka silahkan gunakan cara kedua. Kedua cara tersebut juga dapat digunakan pada semua edisi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

2 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda