5 Cara Mengambil Screenshot di Laptop Windows 10

|Diupdate 17 Januari 2021
0
177

cara mengambil screenshot di laptop windows 10

Pernahkah anda mengambil screenshoot atau tangkapan layar di Laptop Windows 10?. Seringkali pengguna Laptop atau Komputer perlu mengambil gambar layar untuk keperluan tertentu. Biasanya untuk digunakan dalam membuat tutorial, lampiran saat mengetik dokumen, atau Laptop mengalami masalah dan perlu mengambil capture area layar agar bisa dianalisa. Apapun alasannya, ada beragam cara yang bisa anda gunakan untuk screenshot di Laptop Windows 10 tanpa software tambahan.

Screenshot atau tangkapan layar adalah mengambil gambar yang berisi tampilan layar pada Smartphone maupun Laptop. Beberapa pengguna Komputer dan Smartphone juga kadang menyebut screenshot atau tangkapan layar ini dengan istilah screen capture. Tujuan dari screenshot sendiri adalah untuk mengambil cuplikan tampilan sebagian maupun keseluruhan layar Laptop atau monitor Komputer.

Hampir semua sistem operasi Komputer sudah menyertakan fitur atau program bawaan untuk mengambil screenshot di Laptop. Selain menggunakan program bawaan, metode lain untuk melakukan screnshoot adalah menggunakan shortcut Keyboard. Jika menggunakan Windows 10, maka ada beragam cara yang bisa anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di Laptop atau PC Desktop. Jadi, jika anda memerlukan sebuah gambar dari layar Komputer yang sedang anda gunakan, maka anda bisa membuat hasil screenshot kapan dan di mana saja.

Cara Screenshot di Laptop Asus, Acer, Lenovo Windows 10

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa ada beragam cara untuk mengambil screenshot di Laptop atau PC Desktop Windows 10. Cara-cara tersebut ada yang menggunakan tombol pada Keyboard ataupun menggunakan program bawaan Windows 10. Yang pasti anda tidak perlu menginstall software khusus atau aplikasi tambahan hanya untuk mengambil screen capture Windows 10.

Jika anda ingin melakukan screenshot atau mengambil tangkapan layar di Windows 10, maka silahkan pilih salah satu cara berikut.

1. Screenshot Windows 10 dengan Tombol PrtSc

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar di Laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol PrtSc. Tombol ini merupakan tombol khusus untuk mengambil screenshot seluruh area layar. Tombol tersebut bisa anda gunakan pada semua merk Laptop dan Komputer, baik Asus, Acer, Lenovo, dll karena sudah disertakan pada semua Keyboard Laptop dan Keyboard eksternal Komputer PC Desktop.

Untuk melakukan screenshot menggunakan cara pertama ini, silahkan buka tampilan area layar yang akan anda capture kemudian tekan tombol PrtSc di Keyboard. Setelah itu, maka seluruh layar Laptop atau Monitor Komputer anda akan di capture. Lalu, bagaimana cara mendapatkan gambar hasil screenshot?

cara mengambil screenshot di Komputer windows 10 8 7

Untuk mendapatkan gambar hasil tangkapan layar, anda bisa langsung Paste ke dokumen jika ingin menyisipkannya pada dokumen. Tapi, jika ingin menyimpannya dalam bentuk file gambar .jpg atau .png, maka silahkan buka aplikasi Paint. Kemudian, pada jendela aplikasi Paint tersebut silahkan tekan Ctrl + V di Keyboard untuk mem-paste hasil screenshoot.

Setelah hasil tangkapan layar tersebut sudah ter-paste di aplikasi Paint, maka langsung klik Crop untuk mengambil bagian gambar screenshot saja dan menghilangkan background putih dokumen Paint. Setelah itu, anda cukup klik Save untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut.

Baca Juga :
10 Cara Membuka Setting pada Laptop Windows 10

Cara menyimpan gambar hasil screenshot di Windows

Pada jendela Save As silahkan anda pilih lokasi direktori dan folder untuk menyimpan gambar hasil screenshot layar Windows 10 tersebut. Anda juga bisa mengubah nama file gambar pada bagian File name dan ekstensi file pada bagian Save as type. Jika semua sudah anda atur, maka silahkan klik Save untuk menyimpannya.

Simpan file gambar hasil capture layar Laptop

Setelah itu gambar hasil screenshot sudah bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan.

2. Screenshot Windows 10 dengan Tombol Windows + PrtScr

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar masih menggunakan tombol PrtSc. Tapi pada cara kedua ini juga menggunakan tombol Windows. Lalu, apa bedanya dengan cara pertama?

Pada cara kedua ini anda akan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc untuk mengambil screenshot. Bedanya dengan cara pertama adalah karena hasil screenshot akan langsung tersimpan pada folder tertentu. Tidak sama seperti cara pertama yang harus buka Paint dulu agar bisa menyimpan file gambar hasil screenshot.

Untuk mengambil screenshot di Laptop atau Komputer Windows 10 menggunakan cara ini, maka anda cukup menekan tombol Windows + PrtSc di Keyboard secara bersamaan. Setelah itu seluruh area layar Laptop atau Monitor akan ter-capture. Lalu, di mana bisa mendapatkan hasil screenshot?

Shortcut untuk screenshot di Windows

Hasil screenshot menggunakan cara kedua ini bisa juga langsung anda Paste dalam dokumen jika ingin menyisipkannya. Tapi, jika anda ingin mendapatkan file gambar hasil screenshot tersebut, maka cukup cari di dalam folder penyimpanan gambar hasil screenshot.

Semua gambar hasil screenshot menggunakan cara kedua ini akan tersimpan di dalam folder Screenshots. Untuk mengakses folder tersebut, silahkan anda buka File Explorer. Pada jendela File Explorer silahkan anda klik Pictures kemudian klik folder Screenshot. Dalam folder tersebut akan muncul semua gambar hasil screenshot menggunakan cara ini.

Dimana gambar hasil screenshot tersimpan?

Dengan demikian anda bisa langsung menggunakan semua gambar hasil tangkapan layar untuk berbagai keperluan.

3. Screenshot Windows 10 Menggunakan Snipping Tool

Cara ketiga yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil screen capture Windows 10 adalah dengan menggunakan program bawaan Windows. Salah satu program bawaan Windows yang paling sering digunakan untuk mengambil screenshot adalah Snipping Tool.

Pengambilan screenshot menggunakan program Snipping Tool ini juga sangat mudah. Bagaimana cara screenshot menggunakan Snipping Tool? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda buka program Snipping Tool, caranya dengan klik tombol Start kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “snipping tool”. Pada hasil pencarian yang muncul silahkan anda klik Snipping Tool untuk membukanya.

Membuka Snipping Tool

Pada jendela Snipping Tool yang terbuka, silahkan anda klik New untuk mengambil tangkapan layar baru.

Screenshot Windows 10 menggunakan Snipping Tool

Setelah muncul tanda + yang besar pada layar, silahkan arahkan ke bagian layar yang hendak anda screenshot. Kemudian klik mouse/touchpad dan tahan sambil menggerakkan mouse/touchpad untuk mengambil area layar yang hendak anda capture. Anda bisa mengambil sebagian maupun keseluruhan area layar.

Baca Juga :
Cara Membuat Timer Shutdown Otomatis di Windows 10, 8, 7

Mengambil tangkapan layar area tertentu

Selanjutnya akan muncul jendela yang menampilkan hasil screenshot. Untuk menyimpan hasil screenshot menjadi file gambar, silahkan klik Save pada jendela tersebut.

Menyimpan hasil screenshot Snipping Tool

Setelah terbuka jendela Save As silahkan pilih lokasi untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut. Anda juga dapat mengganti nama file gambar pada bagian File name serta ekstensi file pada bagian Save as type. Setelah anda mengatur semuanya, maka silahkan klik Save untuk menyimpannya. Gambar hasil screenshoot tersebut juga bisa langsung anda Paste dalam dokumen jika mau menyisipkannya.

4. Screenshot Windows 10 Menggunakan Snip & Sketch

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot di Laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan program Snip & Sketch. Program bawaan ini hanya tersedia pada Windows 10 sehingga tidak akan anda temukan pada Windows 7 dan Windows 8.1.

Program ini sebenarnya adalah versi lebih modern dari Snipping Tool sehingga memiliki fitur yang hampir sama. Tentu saja ada beberapa fitur tambahan Snip & Sketch yang tidak terdapat pada Snipping Tool.

Perlu anda ketahui bahwa program Snip & Sketch ini hanya tersedia pada Windows 10 versi 1809 atau yang lebih baru. Jadi, jika anda masih menggunakan Windows 10 versi di bawahnya, maka silahkan lakukan update Windows 10 terlebih dahulu.

Untuk menggunakan Snip & Sketch agar bisa mengambil screenshot di Laptop Windows 10 juga sangat mudah. Bagaimana cara screenshot Windows 10 menggunakan Snip & Sketch? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda buka program Snip & Sketch dengan cara klik tombol Start kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “snip & sketch”. Pada hasil pencarian yang muncul, silahkan anda klik Snip & Sketch untuk membukanya.

Membuka Snip & Sketch

Setelah jendela Snip & Sketch terbuka, silahkan klik New untuk mengambil tangkapan layar baru.

Cara mengambil tangkapan layar menggunakan Snip & Sketch

Saat sudah muncul tanda + yang besar, silahkan arahkan ke bagian layar yang hendak anda screenshot. Selanjutnya klik mouse/touchpad dan tahan sambil menggerakkan mouse/touchpad untuk mengambil area layar yang hendak anda capture. Atau, jika anda ingin meng-capture seluruh area layar, silahkan klik Full-Screen Snip.

Screenshot full layar di Windows 10

Selanjutnya jendela Snip & Sketch akan menampilkan hasil screnshot Windows 10. Untuk menyimpan file gambar hasil screenshot tersebut, silahkan anda klik Save.

Menyimpan hasil screenshot di Snip & Sketch

Pada jendela Save As silahkan pilih lokasi untuk menyimpan hasil capture layar Windows 10 tersebut. Silahkan juga mengganti nama file gambar pada bagian File name dan tipe file pada bagian Save as type. Jika semua sudah anda tentukan, maka silahkan klik Save untuk menyimpannya. Hasil screenshoot tersebut juga bisa langsung anda Paste dalam dokumen tanpa menyimpannya sebagai gambar terlebih dahulu.

5. Screenshot Windows 10 dengan Tombol Windows + Shift + S

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengambil screnshot di Laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan shortcut Keyboard. Shortcut Keyboard ini juga berbeda dengan cara pertama dan kedua karena hanya tersedia pada Windows 10.

Baca Juga :
Cara Cek Versi Windows 10 yang Terinstall di Laptop

Untuk melakukan cara ini, silahkan tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan di Keyboard. Setelah muncul tanda + yang besar, silahkan arahkan ke bagian area layar yang hendak anda screenshot. Kemudian klik mouse/touchpad dan tahan sambil menggerakkan mouse/touchpad untuk mengambil area layar yang hendak anda capture. Jika anda mau meng-capture seluruh area layar, silahkan klik Full-Screen Snip. Lalu, bagaimana cara mendapatkan gambar hasil screenshot tersebut?

Shortcut terbaru untuk screenshot di Laptop Windows 10

Jika anda ingin menyisipkannya saat mengetik, maka anda bisa langsung Paste dalam dokumen. Untuk menyimpannya sebagai file gambar, maka ada beberapa metode menyimpan hasil screenshot menggunakan cara kelima ini.

Jika sebelumnya anda sudah pernah membuka program Snip & Sketch, maka pada bagian kanan bawah layar Windows 10 akan muncul pop-up yang menampilkan hasil screnshot. Silahkan klik pop-up tersebut jika mau menyimpan hasil screenshot menjadi file gambar.

Simpan hasil screenshot Windows Shift S

Atau, jika tidak muncul pop-up, silahkan klik Action Center kemudian klik gambar hasil screenshot yang akan anda simpan.

Cara menyimpan hasil screenshot Windows Shift S

Setelah itu jendela Snip & Sketch akan terbuka dan menampilkan hasil screenshot. Silahkan anda klik Save untuk menyimpan hasil screenshot tersebut menjadi file jpg atau png.

Anda juga bisa menyimpan hasil screenshot tersebut menggunakan Paint. Silahkan anda buka program Paint kemudian langsung tekan Ctrl + V di Keyboard untuk mem-paste hasil screenshot. Jika anda sudah melakukan screenshot beberapa kali, maka anda juga bisa menekan Windows + V untuk memilih hasil capture mana yang akan di paste. Ini sama seperti ketika memilih teks yang akan anda paste saat melakukan multi Copy paste saat mengetik dokumen.

Selanjutnya, langsung klik Crop untuk mengambil bagian gambar screenshot saja dan menghilangkan background putih dokumen Paint. Setelah itu, silahkan klik Save untuk menyimpan gambar hasil screenshot tersebut.

Setelah jendela Save As terbuka silahkan pilih lokasi untuk menyimpan gambar hasil screenshot layar Windows 10. Anda juga bisa sekalian mengubah nama file gambar pada bagian File name dan ekstensi file pada bagian Save as type. Terakhir, silahkan klik Save untuk menyimpan gambar tersebut.

Cara yang Berlaku pada Windows 7 dan Windows 8.1

Sebenarnya anda juga bisa menggunakan cara pertama hingga ketiga jika mau mengambil screenshot di Laptop Windows 7 dan Windows 8.1. Sementara untuk cara keempat dan kelima khusus dan hanya tersedia jika anda menggunakan Windows 10 versi 1809 ke atas.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar di Laptop Windows 10. Silahkan gunakan salah satu cara tersebut jika hendak meng-capture layar Laptop atau Monitor PC Desktop. Setelah itu anda bisa menggunakan gambar hasil screenshot untuk keperluan apa saja. Cara ini bisa anda terapkan pada semua merk Laptop atau Komputer PC Desktop, baik itu Asus, Acer, Lenovo, dan lainnya selama menggunakan OS Windows 10.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda