Cara Mudah Top Up atau Isi Ulang Saldo Aplikasi Dana

0
232

Cara top up saldo aplikasi Dana

Aplikasi dana merupakan salah satu layanan pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menggunakan aplikasi Dana ini untuk membayar tagihan listrik, membeli pulsa, bayar tiket nonton, dan lainnya. Tapi, jika saldo aplikasi Dana anda habis tentu saja tidak bisa digunakan, jadi harus top up atau isi ulang saldo.

Seringkali karena terlalu asik menggunakan aplikasi ini untuk melakukan berbagi pembayaran dan pembelian voucher, sehingga tidak sadar saat saldo sudah habis. Akibatnya, anda tidak akan bisa menggunakannya saat sedang dibutuhkan sebelum melakukan isi ulang saldo aplikasi Dana ini.

Untuk melakukan top up atau isi ulang saldo aplikasi dana sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa melakukan proses top up saldo melalui ATM, Mobile Banking, ataupun minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Tapi, jika anda memiliki aplikasi Mobile Banking, maka akan lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Anda bisa mengisi saldo Dana tanpa keluar rumah, ataupun saat sedang mengantri untuk membeli tiket nonton.

Cara Top Up atau Isi Ulang Saldo Aplikasi Dana

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ada beragam cara yang bisa anda lakukan jika ingin top up saldo aplikasi Dana. Pada artikel ini akan dijelaskan cara untuk mengisi ulang saldo Dana menggunakan Mobile Banking. Mobile Banking dipilih karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama anda memiliki uang di rekening Bank tersebut.

1. Topup Saldo Aplikasi Dana Melalui BRImo BRI

Jika anda menggunakan rekening BRI, maka cara pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan top up saldo Dana melalui BRImo BRI. Dengan menggunakan cara ini, maka anda tidak perlu pergi ke mesin ATM BRI hanya untuk mengisi saldo Dana.

Keuntungan lainnya jika melakukan proses top up melalui BRImo BRI adalah karena tidak dikenakan biaya admin. Jadi, anda bisa melakukan pengisian saldo aplikasi Dana berkali-kali tanpa dikenakan biaya admin sekalipun.

Baca Juga :
Cara Top Up Saldo atau Isi Saldo ShopeePay Lewat M Banking

Namun, anda hanya bisa melakukan cara ini jika sudah memiliki akun internet banking BRI. Jika sudah memilikinya, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengisi ulang saldo aplikasi Dana menggunakan BRImo.

Pastikan anda sudah menginstall aplikasi BRImo BRI di Smartphone Android yang digunakan, jika belum maka silahkan install dulu. Kalau anda sudah menginstallnya, maka silahkan buka aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi BRImo terbuka, silahkan masukkan Username dan Password internet Banking BRI anda, kemudian ketuk Login. Setelah masuk ke menu utama BRImo, silahkan ketuk menu BRIVA untuk melakukan top up menggunakan BRI Virtual Account.

Melakukan pembayaran dengan BRIVA BRI

Selanjutnya, silahkan masukkan kode pembayaran berupa nomor Virtual Account Dana anda untuk Bank BRI. Nomor rekening virtual akun Dana untuk Bank BRI adalah 88810 + Nomor HP yang terdaftar pada akun Dana anda. Setelah memasukkan nomor pembayaran dengan benar, maka silahkan ketuk Lanjut.

Setelah itu, perhatikan pada bagian Nama Pelanggan dan pastikan bahwa nomor anda yang tertera disitu sudah benar. Jika sudah benar, maka silahkan masukkan jumlah saldo yang akan diisi ke akun Dana anda pada bagian Nominal bayar. Anda juga bisa mengisi bagian Deskripsi jika merasa diperlukan. Jika sudah mengisi nominal, maka silahkan ketuk Konfirmasi.

Isi ulang saldo dana menggunakan BRImo BRI

Pada halaman konfirmasi, silahkan periksa kembali nominal yang akan anda isikan ke akun Dana. Jika sudah sesuai, maka silahkan ketuk Lanjut untuk mengkonfirmasi.

Setelah itu, anda akan diminta untuk memasukkan password internet banking BRI anda. Silahkan masukkan password anda, kemudian ketuk Lanjut untuk memproses transaksi anda.

Cara topup saldo Dana dengan BRImo

Selanjutnya anda hanya perlu menuggu hingga transaksi selesai dan proses top up saldo dana berhasil. Jika berhasil, maka akan muncul halaman yang mengatakan bahwa Transaksi Berhasil. Sekarang anda sudah bisa menutup aplikasi BRImo tersebut.

Baca Juga :
Cara Tarik Saldo LinkAja di ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BTN

Saldo dana berhasil diisi ulang dengan BRImo

Selanjutnya, silahkan buka aplikasi Dana anda kemudian pastikan bahwa saldo yang anda isikan tadi sudah masuk. Jika sudah masuk, maka jumlah uang pada dompet Dana anda akan bertambah.

Dengan demikian, anda sudah berhasil melakukan top up atau isi ulang saldo aplikasi Dana menggunakan layanan BRImo BRI.

2. Topup Saldo Aplikasi Dana Melalui BCA Mobile

Jika menggunakan rekening Bank BCA, maka anda juga bisa mengisi saldo aplikasi Dana menggunakan uang dari rekening anda. Anda juga tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk pergi ke mesin ATM karena bisa topup menggunakan aplikasi BCA Mobile.

Namun, jika anda ingin top up saldo akun Dana menggunakan rekening BCA, maka anda akan dikenakan biaya admin Rp.1000,-. Angka tersebut tentu tidak masalah jika dibanding harus menggunakan jasa orang lain atau mengisi saldo via Minimarket yang lebih mahal.

Selain itu, prosedur untuk top up saldo aplikasi Dana menggunakan BCA Mobile juga sangat mudah sehingga siapa saja bisa melakukan cara kedua ini. Yang penting anda sudah menginstall aplikasi BCA Mobile dan anda juga sudah memiliki akun internet banking BCA. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk isi saldo Dana melalui BCA Mobile.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka aplikasi BCA Mobile yang terdapat pada Smartphone Android yang digunakan. Setelah aplikasi tersebut terbuka silahkan ketuk opsi m-BCA kemudian masukkan 6 digit kode akses (bukan PIN) aplikasi BCA Mobile anda, lalu ketuk tombol Login.

Selanjutnya, pada menu utama BCA Mobile silahkan anda ketuk menu m-Transfer agar bisa transfer saldo ke aplikasi Dana. Kemudian, pada halaman selanjutnya silakan anda ketuk opsi BCA Virtual Account.

top up dana pake virtual account BCA

Setelah itu, anda harus memasukkan nomor rekening virtual akun Dana anda. Silahkan anda masukkan akun virtual dengan format 3901 + Nomor HP akun Dana anda pada bagian Input No Virtual Account. Jika anda sudah memasukkan nomor virtual account Dana dengan benar, silahkan ketuk tombol Ok.

Baca Juga :
Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu di ATM BRI, Pakai HP Saja

Untuk memproses permitaan anda, silahkan ketuk tombol Send yang ada dibagian kanan atas aplikasi BCA Mobile. Setelah itu, akan muncul popup yang menampilkan inisial ID akun Dana anda. Jika ID tersebut sudah sesuai dengan akun Dana yang akan anda isi saldo, silahkan ketuk tombol Ok.

isi ulang saldo dana menggunakan BCA Mobile

Pada pop-up selanjutnya yang muncul, silahkan anda masukkan nominal yang akan diisikan ke akun Dana. Jika sudah memasukkan nominal dengan benar, silahkan ketuk tombol Ok.

Setelah itu, akan muncul kembali pop up konfirmasi, silahkan anda periksa kembali inisial ID akun Dana anda beserta nominal yang akan ditransfer. Jika semua sudah sesuai, maka silahkan ketuk tombol Ok untuk memprosesnya.

cara mengisi saldo Dana menggunakan rekening BCA

Terakhir, silahkan masukkan 6 digit PIN akun internet banking BCA anda, kemudian ketuk tombol Ok. Setelah memasukkan PIN dengan benar, maka permintaan anda akan diproses. Jika transaksi sukses, maka akan muncul keterangan Berhasil pada aplikasi BCA Mobile dan saldo anda di aplikasi Dana akan bertambah.

saldo dana sudah diisi menggunakan BCA Mobile

Dengan demikian anda sudah berhasil mengisi ulang saldo akun Dana menggunakan aplikasi BCA Mobile.

Penutup

Demikian cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengisi ulang atau top up saldo aplikasi Dana menggunakan mobile banking. Silahkan lakukan cara ini jika kehabisan saldo Dana dan ingin menggunakannya.

Jadi, anda tidak perlu lagi keluar rumah seperti ke mesin ATM atau minimarket hanya untuk top up saldo Dana. Bahkan, anda bisa melakukan proses top up ini saat sedang berada dalam antrian untuk melakukan pembayaran menggunakan aplikasi Dana.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda