Cara Mengambil Gambar dari File PDF dan Simpan ke JPG / PNG

0
54

Cara mengambil gambar dari dalam file PDF dan simpan ke JPG atau PNG

Penggunaan gambar dalam dokumen tentu sangat sering untuk melengkapi dokumen tersebut, termasuk pada file PDF. Gambar dalam file PDF akan membuat isi file dokumen tersebut menjadi semakin menarik. Karena menarik, maka tidak jarang pengguna ingin mengambil gambar dari file PDF tersebut untuk disimpan sebagai file JPG atau PNG.

Gambar yang ada dalam file PDF bisa saja beraneka ragam, terutama jika anda download file tersebut dari internet. Jika anda merasa tertarik dengan gambar dalam file PDF atau butuh untuk menggunakannya di tempat lain, maka silahkan mengambil gambar tersebut dan simpan menjadi gambar JPG atau PNG yang terpisah.

Anda bisa mengeluarkan gambar dari file PDF untuk berbagai tujuan, misalnya saja karena ingin digunakan pada dokumen lain. Atau mungkin anda hanya ingin menyimpannya di folder penyimpanan Laptop Windows. Jadi, saat nantinya anda butuh untuk melampirkan gambar tersebut, bisa langsung digunakan karena sudah menjadi file JPG / PNG terpisah. Apapun alasannya, anda bisa melakukan proses ekstrak gambar dari dalam PDF tersebut dengan beragam cara.

Mengambil Gambar dari File PDF dan Simpan Sebagai JPG / PNG

Proses mengambil atau mengeluarkan gambar dari dalam file PDF tentu tidaklah sama dengan jika anda ingin mengubah PDF menjadi JPG. Anda hanya perlu mengeluarkan gambar tersebut dari PDF agar bisa tersimpan sebagai file JPG / PNG yang terpisah.

Jika sudah menjadi file terpisah, maka akan mudah dipindahkan ke penyimpanan Android atau Laptop lain. Selain itu, anda juga akan bisa membagikan file gambar yang sudah diekstrak dari PDF tersebut ke sosial media jika memang menarik. Tapi, sebelum itu anda harus mengeluarkan gambar tersebut dari file PDF dengan menggunakan salah satu cara berikut.

1. Ekstrak Gambar dari File PDF Menggunakan Adobe Acrobat Reader DC

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika ingin mengambil gambar dari dalam file PDF dan menyimpannya sebagai JPG / PNG adalah dengan menggunakan Adobe Reader DC. Software ini memang merupakan pembaca PDF, tapi mampu juga untuk mengekstrak multimedia yang ada di dalam file PDF.

Tapi, agar anda bisa menggunakan software ini, maka tentu harus menginstall Adobe Acrobat Reader DC terlebih dahulu di Laptop Windows yang digunakan. Kalau sudah terinstall, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengekstrak gambar dari file PDF.

Baca Juga :
Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape di Satu Dokumen Word

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka file PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader DC. Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada file PDF, kemudian klik Open with, lalu klik Adobe Acrobat Reader DC.

Setelah file PDF tersebut terbuka, silahkan klik icon Pointer pada jendela Adobe Reader tersebut. Kemudian, cari dan klik pada area gambar yang ingin anda ekstrak. Setelah itu, klik kanan pada area gambar yang sudah anda pilih, lalu klik Copy Image.

Menyeleksi gambar di Adobe Reader

Selanjutnya, silahkan anda membuka software Paint yang sudah ada pada bawaan semua Laptop Windows. Kemudian, silahkan klik kanan pada jendela Paint lalu klik Paste. Atau, anda juga bisa langsung mempaste gambar tersebut dengan menekan tombol Ctrl + V di Keyboard.

Setelah gambar tersebut ter-Paste pada aplikasi Paint, silahkan klik tombol Crop. Atau, anda juga bisa Crop dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + X di Keyboard.

Crop gambar di Paint

Setelah itu, silahkan simpan dengan cara klik menu File kemudian klik Save, atau menekan Ctrl + S di Keyboard untuk menyimpan gambar tersebut. Pada jendela Save As yang terbuka, silahkan pilih direktori tempat anda ingin menyimpan gambar tersebut. Ubah juga nama file, serta ubah tipe file menjadi JPG atau PNG, kemudian klik Save.

Mengeluarkan gambar dari PDF

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka file gambar yang tadinya ada dalam PDF sekarang sudah tersimpan sebagai file JPG / PNG yang terpisah. Jadi, anda sudah bisa menggunakan gambar tersebut pada dokumen lain, mengunggahnya ke website atau sosial media, dan lain sebagainya.

2. Ekstrak Gambar dari File PDF Menggunakan Adobe Photoshop

Cara lainnya yang bisa anda lakukan jika ingin mengambil gambar dari dalam file PDF adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop. Meskipun software ini biasanya digunakan untuk mengedit foto, tapi bisa juga untuk mengambil gambar dari dalam PDF.

Tapi, karena software yang digunakan bukan bawaan Windows, maka tentu anda harus menginstall Adobe Photoshop terlebih dahulu. Kalau software ini sudah terinstall pada Laptop atau Komputer PC anda, maka silahkan lakukan langkah-langkah berikut untuk mengekstrak gambar dari PDF.

Pertama-tama, silahkan membuka aplikasi Adobe Photoshop yang sudah terinstall di Laptop Windows yang anda gunakan. Setelah terbuka, silahkan klik menu File kemudian klik Open.

Membuka pdf di Photoshop

Setelah itu akan terbuka jendela Open, silahkan anda cari dan pilih file PDF yang memiliki gambar yang ingin diekstrak. Kalau file PDF tersebut sudah dipilih, silahkan klik tombol Open untuk membukanya di Adobe Photoshop.

Baca Juga :
2 Cara Mengubah File PDF ke JPG Secara Online dan Offline

Buka file PDF di Adobe Photoshop

Selanjutnya akan terbuka jendela Import PDF, silahkan anda klik opsi Images untuk menampilkan semua gambar dalam file PDF tersebut. Setelah itu, silahkan anda pilih gambar mana yang ingin disimpan sebagai file JPG / PNG terpisah. Kalau gambar yang ingin dikeluarkan sudah dipilih, maka silahkan klik Ok untuk membuka gambar tersebut.

Memilih gambar yang ingin dieksport

Setelah itu, Adobe Photoshop akan menampilkan gambar yang anda pilih saja, tanpa teks dan gambar lainnya. Selanjutnya anda cukup menyimpan gambar tersebut ke format JPG / PNG dengan cara klik menu File kemudian klik Save.

Mengambil gambar dari dalam file PDF dan sisimpan sebagai JPG atau PNG

Pada jendela Save As yang terbuka, silahkan pilih lokasi folder tempat anda ingin menyimpan file gambar tersebut. Ubah juga tipe file menjadi JPG atau PNG, serta anda juga bisa mengganti nama file tersebut. Jika sudah anda atur sesuai keinginan, maka silahkan klik tombol Save untuk menyimpan gambar tersebut.

Setelah itu, gambar tersebut akan tersimpan sebagai file JPG / PNG yang terpisah sehingga sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

3. Ekstrak Gambar dari File PDF Menggunakan Microsoft Word

Jika kedua software sebelumnya tidak anda miliki, maka tidak usah khawatir karena masih ada alternatif lainnya. Cara ketiga yang bisa anda lakukan jika ingin mengambil gambar dari dalam file PDF adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Software pengelolah dokumen ini bisa dikatakan pasti ada pada semua Komputer dan Laptop Windows.

Untuk melakukan cara ini juga sangat mudah dan praktis, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah anda harus membuka file PDF yang memiliki gambar yang ingin diambil di Microsoft Word. Silahkan buka dengan cara klik kanan pada file PDF, kemudian klik Open with, lalu klik Word.

Membuka PDF dengan Word

Setelah file PDF tersebut terbuka di Microsoft Word, maka silahkan cari gambar yang ingin diekstrak. Kalau sudah ketemu, silahkan klik kanan pada gambar tersebut kemudian klik Save as Picture.

Mengambil gambar file PDF dengan Word

Setelah itu akan terbuka jendela File Save, silahkan anda pilih folder tempat untuk menyimpan gambar tersebut. Selain itu, anda juga perlu mengganti format atau tipe file menjadi JPG atau PNG, serta mengganti nama file tersebut. Kalau semua sudah selesai, maka silahkan klik tombol Save untuk menyimpannya.

Baca Juga :
Cara Mengambil Foto dari Video yang Diputar pada VLC / KMP

Dengan demikian file gambar yang tadinya ada dalam PDF akan tersimpan sebagai file JPG atau PNG yang terpisah.

4. Ekstrak Gambar dari File PDF dengan Melakukan Screenshot

Cara yang paling mudah jika anda ingin mengambil gambar dari PDF adalah dengan melakukan screenshot. Tapi, sebenarnya cara ini kurang direkomendasikan karena resolusi gambar tersebut biasanya tidak sesuai aslinya jika diperoleh dengan cara screenshot.

Tapi, kalau hanya untuk menggunakan gambar tersebut pada dokumen lain, maka gambar hasil screenshot juga akan cukup bagus. Sementara itu, ada banyak metode screenshot di Windows yang bisa anda pilih. Jadi, jika anda lebih memilih untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda membuka file PDF menggunakan pembaca PDF yang ada pada Laptop, bisa juga menggunakan browser seperti Google Chrome. Setelah terbuka, maka silahkan cari gambar tersebut dan buat agar seluruh bagian gambar tampil di layar. Setelah itu, anda cukup melakukan screenshot menggunakan cara yang mana saja.

Salah satu caranya adalah anda bisa melakukan screenshot dengan menggunakan Snipping Tool. Jadi, silahkan buka program Snipping Tool yang ada pada Komputer Windows anda. Setelah terbuka, silahkan klik New untuk mengambil tangkapan layar yang baru.

Screenshot gambar dalam file PDF

Selanjutnya, silahkan ambil screenshot pada area gambar dalam PDF yang ingin disimpan. Kalau sudah, maka akan muncul preview gambar hasil screenshot anda tadi, silahkan klik icon Save untuk menyimpannya.

Simpan gambar PDF hasil screenshot

Setelah itu akan terbuka jendela Save As, silahkan anda pilih lokasi folder yang ingin ditempati untuk menyimpan gambar tersebut. Ubah juga tipe file menjadi JPG atau PNG, serta ubah nama file, kemudian klik Save.

Kalau sudah tersimpan sebagai file JPG / PNG, maka anda sudah bisa menggunakannya untuk dilampirkan pada dokumen lain.

Penutup

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengambil atau mengeluarkan gambar dari PDF dan menyimpannya menjadi format JPG / PNG. Semua cara di atas bisa anda lakukan pada Komputer PC atau Laptop Windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1, atau Windows 10. Jadi, jika anda memiliki gambar yang menarik dalam PDF, maka silahkan ekstrak menggunakan salah satu cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda