Cara Mengatur Icon yang Tampil di Sisi Kanan Taskbar Windows 10,8,7

0
1025

Cara mengatur icon yang tampil di sebelah kanan taskbar Windows

Salah satu fungsi taskbar yang terdapat pada sistem operasi Windows adalah menampilkan icon dan informasi pada System Tray. System Tray merupakan bagian sebelah kanan taskbar Windows yang akan menampilkan beberapa icon. Icon-icon tersebut bisa berupa pintasan aplikasi atau pengaturan, ataupun informasi dan status dari sebuah program.

Beberapa informasi atau status yang akan ditampilkan pada system tray Windows seperti jam dan tanggal, volume, jaringan, baterai, dan lain sebagainya. Selain menampilkan status atau informasi dari sebuah program, pada system tray tersebut juga bisa saja muncul pintasan aplikasi atau pengaturan.

Jika anda manginstall banyak aplikasi, maka secara default jumlah icon pada sebelah kanan taskbar tersbeut akan terus bertambah. Biasanya beberapa icon akan disembunyikan pada panel hidden, dan akan tampil saat anda klik tombol segitiga atas. Akibatnya, icon-icon tersebut akan terlihat tidak rapih, dan seringkali icon yang ingin ditampilkan justru disembunyikan. Anda dapat mengatur untuk menampilkan semua icon tanpa ada yang disembunyikan, atau mengatur icon apa saja yang tampil pada system tray di sebelah kanan taskbar tersebut. (Baca juga: Cara Menghilangkan Teks Icon Taskbar di Windows 10,8,7)

Cara Mengatur Icon di System Tray (Sisi Kanan Taskbar Windows)

Anda dapat mengatur icon-icon yang terdapat pada system tray atau icon-icon yang terdapat di sebelah kanan taskbar Windows. Pengaturan yang dapat anda lakukan diantaranya, menyembunyikan icon tertentu pada hidden panel, menampilkan semua icon tanpa ada hidden panel, dan menghilangkan dan menampilkan icon yang diinginkan.

Cara untuk melakukan pengaturan tersebut sangat mudah, hanya saja terdapat perbedaan pada Windows 7 atau Windows 8/8.1 dan Windows 10. Agar lebih jelas, silahkan anda simak masing-masing cara berikut.

Mengatur Icon di System Tray Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka pengaturan icon yang terdapat di sebelah kanan taskbar Windows dapat dilakukan melalui Control Panel. Atau, secara pintas dilakukan melalui properties taskbar, seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Properties untuk membuka taskbar properties.

Taskbar properties Windows 7 dan 8

Selanjutnya, pada jendela Taskbar and Navigation properties, silahkan klik Costumize pada bagian Notification area.

Kostumisasi icon system tray Windows

Kemudian, pada jendela Notification Area Icons, silahkan anda pilih icon mana yang ingin diatur, entah itu ditampilkan atau dihilangkan dari system tray. Kemudian, klik combo box di sebelah kanan icon tersebut, dan pilih salah satu opsi berikut.

  • Show icon and notifications jika ingin menampilkan icon tersebut di system tray.
  • Hide icon and notifications jika ingin menghilangkan icon tersebut dari system tray.
  • Only show notifications jika hanya ingin menampilkan notifikasi dari program tersebut di system tray.

Jika sudah selesai, maka silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan tersebut.

Menampilkan atau menghilangkan icon di sebelah kanan taskbar Windows 7 dan Windows 8/8.1

Menampilkan Semua Icon di Sebelah Kanan Taskbar Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda ingin menghilangkan hidden panel dan menampilkan semua icon-icon tersebut di system tray, maka caranya juga sangat mudah dilakukan. Hal ini dapat dilakukan jika ingin membuat semua icon tersebut berjejer panjang, tanpa ada yang tersembunyi.

Silahkan buka kembali jendela Notification Area Icons yang sebelumnya anda buka. Kemudian, pada jendela tersebut, silahkan centang pada checkbox Always show all icons and notifications on the taskbar. Setelah itu, silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan tersebut.

Menampilkan semua icon di sebelah kanan taskbar Windows

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka icon-icon pada system tray Windows 7 dan Windows 8/8.1 anda akan lebih rapih dan sesuai keinginan.

Mengatur Icon di System Tray Windows 10

Jika anda menggunakan Windows 10, maka pengaturan icon-icon yang terdapat di sebelah kanan taskbar dapat dilakukan melalui Settings. Tapi, anda juga dapat melakukannya menggunakan cara pintas seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 10 yang anda gunakan, kemudian klik Taskbar settings.

Taskbar settings Windows 10

Selanjutnya, pada jendela Settings, silahkan klik Turn system icons on or off jika ingin mengatur icon apa saja yang tampil di sebelah kanan taskbar tersebut.

Menampilkan atau menyembunyikan icon di sebelah kanan taskbar Windows 10

Kemudian, pada jendela selanjutnya yang muncul, silahkan pilih icon mana yang ingin ditampilkan di system tray atau sebelah kanan taskbar Windows 10. Silahkan ubah menjadi On jika ingin menampilkan icon tersebut, dan ubah menjadi Off untuk menghilangkannya.

Mengatur icon system tray Windows 10

Menampilkan Semua Icon di Sebelah Kanan Taskbar Windows 10

Jika pada taskbar Windows 10 yang anda gunakan ingin ditampilkan semua icon pada system tray, maka hal ini juga sangat mungkin dilakukan. Dengan demikian semua icon tersebut akan berjejer dan tidak ada lagi yang tersembunyi.

Silahkan buka kembali Taskbar settings di Windows 10 anda, kemudian klik Select which icons appear on the taskbar.

Menyembunyikkan hidden panel di Windows 10

Setelah itu, pada jendela selanjutnya yang muncul silahkan ubah bagian Always show all icons in the notification area menjadi On.

Menampilkan semua icon di system tray Windows 10

Setelah anda melakukan pengaturan di atas, maka tampilan icon pada system tray Windows 10 anda akan lebih rapih dan sesuai keinginan.

Itulah cara mudah mengatur icon apa saja yang tampil pada system tray di sebelah kanan taskbar Windows. Anda juga dapat mengatur agar semua icon ditampilkan, tanpa ada hidden panel.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda