Cara Mematikan/Mengatur Sleep Otomatis Laptop Windows 10,8,7

232

Cara mengatur sleep otomatis di Laptop Windows

Sistem operasi Windows yang terinstall pada Laptop atau Komputer memang dilengkapi dengan fitur Sleep Mode. Varian fitur sleep tersebut ada yang dapat dilakukan secara manual. Sementara itu, Windows juga dilengkapi dengan fitur sleep otomatis. Fitur sleep otomatis ini akan membuat Laptop atau PC Desktop menjadi sleep saat tidak ada aktivitas apapun selama waktu tertentu.

Fitur sleep otomatis ini memang sangat bermanfaat karena akan membuat Laptop sleep jika anda tidak sengaja meninggalkannya. Misalnya saja, anda tertidur atau pergi keluar dan lupa mematikan Laptop atau Komputer, maka setelah beberapa saat Laptop akan sleep secara otomatis. Manfaat fitur sleep ini juga baik untuk Laptop yang anda gunakan. Beberapa manfaat keberadaan fitur sleep otomatis pada Laptop adalah menghemat daya dan juga membuat umur komponen menjadi lebih lama.

Namun, meskipun demikian kadang kala ditemukan masalah dimana Laptop atau Komputer PC yang digunakan melakukan sleep otomatis terlalu cepat. Misalnya saja ketika baru ditinggal beberapa menit, sudah langsung sleep otomatis. Tentu saja ini bisa menjadi kendala ketika anda buru-buru mengerjakan sesuatu karena harus diaktifkan kembali. Atau bahkan anda tidak ingin agar Laptop tersebut sleep secara otomatis, hal ini juga sangat mungkin dilakukan.

Cara Mematikan/Mengatur Sleep Otomatis di Laptop Windows 10,8,7

Jika anda ingin mengatur atau bahkan mematikan fitur sleep otomatis di Laptop Windows, maka hal ini sangat mudah dilakukan melalui cara-cara berikut. Anda dapat mengatur fitur tersebut baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun pada Windows 10. Namun, terdapat perbedaan pengaturan pada Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10.

Mengatur Sleep Otomatis di Windows 7 atau Windows 8/8.1

Jika anda ingin mengatur waktu sleep otomatis di Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka hal ini sangat mudah dilakukan. Anda dapat mengatur setelah berapa menit tidak ada aktivitas di Laptop Windows maka akan sleep otomatis. Pengaturan ini dapat dilakukan melalui Control Panel, seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka Control Panel di Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan. Lalu, pada jendela utama Control Panel silahkan klik Hardware and Sound.

Pengaturan Hardware and Sound di Control Panel

Selanjutnya, pada jendela Hardware and Sound yang terbuka silahkan klik Change when the computer sleeps. Pada jendela tersebut anda akan menetapkan waktu kapan Laptop anda akan sleep otomatis.

Setting sleep Laptop

Kemudian, pada jendela tersebut silahkan perhatikan bagian Put the computer to sleep yang merupakan bagian untuk menentukan waktu standby hingga PC Desktop atau Laptop akan sleep otomatis. Silahkan klik combo box yang terdapat di sebelah kanan untuk memilih opsi waktu. Misalnya, jika anda ingin Laptop atau PC Desktop sleep otomatis setelah tidak ada aktivitas selama 2 jam, maka silahkan pilih 2 hours. Begitu pula jika anda ingin lebih lama, maka cukup pilih waktu yang lebih lama juga. Jika sudah selesai, silakan klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

Setting kapan komputer sleep di Windows 7 atau 8/8.1

Jika menggunakan Laptop, maka anda harus mengatur waktu saat Laptop menggunakan daya baterai, yaitu pada bagian On battery. Dan, anda juga harus mengatur waktu saat Laptop melakukan pengisian ulang daya bateraiĀ (charging), yaitu pada bagian Plugged in.

Setelah itu, Laptop anda tidak akan sleep otomatis terlalu cepat, melainkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan melalui pengaturan diatas.

Cara Agar Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 Tidak Sleep Otomatis

Pada bagian diatas anda dapat mengatur waktu kapan Laptop Windows yang digunakan akan sleep otomatis. Namun, jika anda ingin mematikan fitur sleep otomatis ini juga sangat mungkin. Anda dapat mengatur agar Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang digunakan tidak sleep otomatis lagi. Jadi, Laptop akan tetap aktif standby meskipun ditinggal lama.

Ada beragam alasan yang akan membuat pengguna lebih memilih untuk mematikan fitur sleep otomatis. Salah satunya adalah karena Laptop atau PC Desktop susah dan memerlukan waktu lama jika diaktifkan kembali saat dalam keadaan sleep.

Untuk mengatur agar Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 tidak sleep otomatis, silahkan perhatikan kembali bagianĀ Put the computer to sleep. Jika anda ingin mematikan fitur sleep otomatis di Laptop Windows, maka silahkan pilih Never pada opsi tersebut. Setelah itu, silahkan klik Save changes untuk menyimpan perubahan. Dengan demikian Laptop Windows 7 atau Windows 8/8.1 anda tidak akan sleep otomatis meskipun ditinggal lama.

Cara agar laptop tidak sleep otomatis di Windows 7 atau 8/8.1

Mengatur Sleep Otomatis di Windows 10

Jika anda ingin mengatur kapan Laptop Windows 10 yang digunakan akan sleep otomatis, maka hal ini dapat dilakukan melalui Settings. Melalui pengaturan tersebut, anda dapat mengatur waktu standby hingga Laptop sleep otomatis. Untuk melakukan pengaturan ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka Settings di Windows 10 yang anda gunakan. Lalu, pada jendela utama Settings Windows 10, silahkan klik System untuk membuka pengaturan sistem.

Windows 10 System Settings

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Power & sleep pada panel sebelah kiri. Lalu, pada panel sebelah kanan, silahkan perhatikan pada bagian Sleep. Silahkan klik pada combo box untuk memilih waktu kapan Laptop atau Komputer akan sleep otomatis. Misalnya, jika anda ingin Komputer sleep otomatis setelah tidak ada aktivitas selama 3 jam, maka silahkan pilih opsi 3 hours. Begitu juga jika anda ingin waktu yang lebih lama, silahkan sesuaikan waktunya.

Setting Power and Sleep Windows 10

Jika menggunakan Laptop, maka anda harus mengatur waktu saat Laptop menggunakan daya dari baterai, yaitu pada bagian On battery. Dan, anda juga harus mengatur waktu saat Laptop melakukan pengisian ulang daya bateraiĀ (charging), yaitu pada bagian When plugged in.

Setelah itu, maka Laptop anda akan sleep otomatis setelah waktu yang anda tentukan. Jadi, Laptop Windows 10 tidak akan sleep otomatis terlalu cepat ataupun terlalu lambat karena sudah anda atur waktunya sesuai keinginan.

Cara Agar Laptop Windows 10 Tidak Sleep Otomatis

Jika anda ingin agar Laptop Windows 10 yang digunakan tidak pernah sleep otomatis, maka hal ini juga mungkin dilakukan. Misalnya saja, jika Laptop anda susah atau memerlukan waktu lama saat diaktifkan kembali jika dalam keadaan sleep, maka lebih baik mematikan fitur sleep otomatis tersebut.

Untuk mematikan fitur sleep otomatis di Laptop Windows 10, silahkan perhatikan kembali bagian Sleep di Settings. Jika anda ingin agar Laptop Windows 10 yang digunakan tidak sleep otomatis, maka silahkan pilih opsi Never. Dengan demikian, Laptop atau Komputer Windows 10 anda tidak akan pernah lagi sleep otomatis.

Cara agar Windows 10 tidak sleep otomatis

Sebagai informasi tambahan, pada bagian pengaturan diatas anda juga dapat mengatur kapan Layar laptop atau Komputer akan mati. Tidak hanya itu, anda juga dapat mengatur kecerahan layar Laptop atau Komputer agar tidak terlalu terang atau terlalu redup.

Itulah cara untuk mengatur waktu kapan Komputer atau Laptop sleep otomatis. Pada pembahasan ini juga dibahas cara jika anda tidak ingin Laptop atau Komputer yang digunakan sleep secara otomatis. Cara tersebut dapat anda terapkan pada berbagai jenis OS Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun pada Windows 10.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here