Cara Mengatasi Laptop Susah Konek WiFi di Windows 10 / 11

0
396

cara mengatasi Laptop susah konek WiFi pada Windows 10 / 11

Saat menggunakan Laptop, maka salah satu hal yang sering dilakukan adalah internetan. Agar dapat internetan maka tentunya Laptop anda harus tersambung ke jaringan WiFi. Namun, ada kalanya muncul masalah dimana Laptop susah konek ke jaringan WiFi.

Hal seperti ini memang biasa terjadi, terutama pada Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 / 11. Jika anda mengalami hal tersebut, maka tentu akan sangat menjengkelkan karena Laptop yang tidak mau tersambung ke jaringan WiFi saat sedang dibutuhkan.

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab Laptop Windows yang anda gunakan menjadi susah konek atau nyambung ke jaringan WiFi. Penyebabnya bisa dari sisi jaringan WiFi yang ingin anda sambungkan seperti sinyal lemah dan koneksi yang buruk. Atau bisa juga karena WiFi Laptop anda yang bermasalah seperti masalah driver. Apapun penyebabnya, anda harus segera mengatasi masalah tersebut jika ingin menggunakan internet di Laptop.

Cara Mengatasi Laptop Susak Konek WiFi di Windows

Jika Laptop yang anda gunakan susah konek atau tersambung ke jaringan WiFi, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, silahkan anda coba solusi berikut agar Laptop yang digunakan bisa tersambung ke jaringan WiFi dengan mudah.

1. Periksa Sinyal WiFi

Hal pertama yang harus anda lakukan jika Laptop susah tersambung ke jaringan WiFi adalah memeriksa sinyal WiFi yang ingin disambungkan. Pastikan sinyal WiFi tersebut kuat, yaitu minimal dua bar agar perangkat yang digunakan bisa tersambung dengan mudah.

Jika sinyal WiFi yang ingin digunakan sinyalnya lemah, maka itu bisa menjadi penyebab kenapa Laptop anda susah tersambung ke jaringan tersebut. Anda bisa membawa Laptop ke posisi yang lebih dekat dengan router agar sinyal WiFi menjadi lebih kuat. Atau, sambungkan Laptop ke jaringan WiFi lain yang memiliki sinyal WiFi lebih kuat.

Baca Juga : Cara Reset PC Windows 10 Tanpa Kehilangan File Data Pribadi

2. Pastikan WiFi Laptop Sudah Diaktifkan

Pada Laptop Windows 10 / 11 sudah disertakan pengaturan untuk mematikan dan mengaktifkan WiFi, entah itu via pengaturan Windows maupun dengan menggunakan tombol di Keyboard Laptop. Tujuan dari adanya pengaturan ini adalah agar pengguna bisa mematikan fitur WiFi Laptop saat sedang tidak digunakan agar lebih hemat daya.

Namun, terkadang pengguna yang sedang terburu-buru ingin menyambungkan jaringan WiFi lupa bahwa pengaturan WiFi di Laptop sedang mati. Jadi, pastikan bahwa pengaturan WiFi di Laptop sudah diaktifkan sebelum mencoba tersambung ke jaringan WiFi.

3. Pastikan Password WiFi Sudah Benar

Jika WiFi yang ingin anda sambungkan menggunakan password, maka pastikan anda sudah memasukkan password yang benar agar bisa tersambung. Jika anda memasukkan password yang salah, maka tentu saja Laptop yang digunakan tidak akan bisa tersambung ke jaringan WiFi tersebut. Jadi, silahkan sambungkan kembali Laptop ke jaringan WiFi dan masukkan password yang benar.

4. Restart Router WiFi

Salah satu penyebab yang membuat perangkat susah terhubung ke jaringan WiFi adalah karena masalah pada router WiFi tersebut. Masalahnya bisa karena router tersebut sudah aktif terlalu lama dan tidak pernah restart.

Router WiFi yang sudah aktif terlalu lama akan mengalami penurunan performa. Jadi, sesekali router WiFi perlu direstart agar performanya bisa tetap maksimal.

Jika anda memiliki akses ke router WiFi, maka silahkan anda restart router WiFi tersebut. Atau, jika anda menggunakan jaringan WiFi di tempat umum seperti @wifi.id, maka silahkan minta tolong kepada penanggung jawab tempat tersebut untuk merestart routernya.

Jika router sudah direstart, maka silahkan anda coba kembali menyambungkan Laptop ke jaringan WiFi tersebut.

Baca Juga : Cara Membersihkan Drive hingga 20 GB setelah Update Windows

5. Restart WiFi di Laptop

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pada Windows 10 / 11 sudah ada pengaturan yang memungkinkan anda untuk mematikan dan mengaktifkan WiFi di Laptop. Jadi, jika Laptop anda susah konek ke jaringan WiFi, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah merestart WiFi di Laptop.

Untuk merestart WiFi di Laptop bisa dengan mematikan pengaturan WiFi kemudian mengaktifkannya kembali. Untuk melakukan hal ini bisa melalui pengaturan WiFi di Windows ataupun menggunakan tombol pintasan di Keyboard Laptop. Jika WiFi Laptop sudah direstart, maka silahkan coba kembali tersambung ke jaringan WiFi.

6. Update Driver WiFi

Solusi lain yang bisa anda coba lakukan jika Laptop susah konek ke jaringan WiFi adalah mengupdate driver WiFi. Driver WiFi merupakan program yang memungkinkan fitur WiFi di Laptop bisa bekerja dan membuat Laptop dapat tersambung ke jaringan WiFi.

Driver WiFi yang tidak cocok dengan perangkat WiFi yang ada pada Laptop akan membuat WiFi tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya, bisa membuat Laptop anda susah atau tidak bisa sama sekali terhubung ke jaringan WiFi.

Jadi, silahkan anda mengupdate driver WiFi yang ada di Laptop agar WiFi bisa bekerja dengan baik. Untuk melakukan update tersebut, maka anda bisa melakukan pembaharuan pada Windows 10 / 11 dan jika ada driver WiFi terbaru yang tersedia akan otomatis terupdate juga.

Setelah anda mengupdate driver WiFi, maka silahkan coba sambungkan lagi Laptop ke jaringan WiFi tersebut.

7. Reinstall atau Ganti Driver WiFi

Solusi lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Laptop yang susah konek ke jaringan WiFi adalah dengan reinstall atau mengganti driver WiFi. Hal ini perlu dilakukan karena bisa saja driver WiFi yang ada pada Laptop anda tidak cocok.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Shortcut di Desktop Laptop Windows 10,8,7

Jika Laptop anda menggunakan driver WiFi yang salah dan tidak cocok, maka akan membuat Laptop tersebut susah atau tidak bisa tersambung ke jaringan WiFi. Oleh karena itu, anda bisa mengganti driver WiFi Laptop anda agar cocok.

Misalnya, jika saat ini Laptop anda menggunakan driver WiFi bawaan Windows, maka anda bisa menggantinya dengan driver WiFi dari Realtek atau Intel sesuai dengan yang cocok dengan Laptop yang digunakan.

Untuk melakukannya, silahkan anda buka saja situs resmi download driver sesuai dengan merk Laptop yang digunakan. Pada situs tersebut masukkan type Laptop anda, dan pada bagian WiFi akan ditampilkan driver WiFi yang cocok dengan Laptop dan OS yang anda gunakan.

Jika sudah ketemu driver WiFi yang cocok, maka anda cukup download driver tersebut kemudian menginstallnya. Jika sudah selesai diinstall, maka secara otomatis driver WiFi yang lama akan tergantikan.

Setelah mengganti driver WiFi dengan yang cocok, maka sekarang anda sudah bisa coba sambungkan kembali Laptop ke jaringan WiFi.

8. Update Windows 10 / 11 ke Versi Terbaru

Salah satu penyebab yang membuat Laptop susah konek ke jaringan WiFi adalah karena bug pada Windows 10 / 11 yang terinstall pada Laptop anda. Untuk mengatasi bug tersebut, maka silahkan update Windows anda ke versi terbaru.

Jika anda mengupdate Windows ke versi terbaru, maka bug yang ada akan mendapatkan perbaikan. Setelah anda mengupdate Windows, silahkan coba sambungkan lagi Laptop ke jaringan WiFi.

Penutup

Demikian beberapa tips atau cara mengatasi Laptop susah konek WiFi yang bisa anda lakukan pada Windows 10 / 11. Jadi, jika Laptop anda susah tersambung ke jaringan WiFi, silahkan anda coba lakukan salah satu cara di atas untuk mengatasinya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda