3 Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak (100% Terbukti Akurat)

0
117

cara cek windows 10 ori atau tidak

Mungkin anda penasaran apakah Windows 10 yang terinstall pada Laptop yang digunakan original atau bajakan. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara cek Windows 10 ori atau tidak yang bisa anda lakukan, dan semua cara tersebut sudah terbukti akurat.

Tentu anda sudah tahu bahwa jika ingin menggunakan semua fitur yang terdapat pada Laptop Windows 10, maka anda perlu mengaktivasi Windows 10 tersebut. Untuk melakukan aktivasi, maka bisa dengan menggunakan lisensi original maupun pakai tool aktivator.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apakah Windows 10 anda ori atau tidak. Terutama jika anda membeli Laptop baru atau bekas yang sudah memiliki Windows 10 didalamnya dan sudah teraktivasi. Anda perlu mengetahui apakah Laptop yang anda beli tersebut sudah diaktivasi menggunakan lisensi original atau bajakan. Apalagi kalau dikatakan Windows 10 didalamnya asli, segera periksa untuk memastikan anda tidak tertipu.

Cara Cek Windows 10 Ori atau Tidak dengan Mudah

Ada beberapa cara mengetahui Windows 10 ori atau tidak yang bisa anda lakukan. Namun, sebelum mengeceknya silahkan cek status aktivasi Windows 10 anda untuk memastikan bahwa Laptop yang digunakan sudah teraktivasi. Jangan sampai anda ingin mengetahui Windows 10 ori atau tidak, tapi justru Windows 10 belum teraktivasi.

Jika sudah teraktivasi, anda bisa melakukan salah satu cara berikut untuk memastikan apakah Laptop anda menggunakan Windows 10 asli atau bajakan. Anda bisa melakukan pengecekan ini pada Windows 10 Home, Pro, dan jenis Windows 10 yang lainnya.

Semua cara berikut tidak membutuhkan aplikasi khusus sehingga sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Jadi, silahkan anda pilih mau menggunakan cara yang mana untuk mengecek keaslian Windows 10 yang terinstall di Laptop atau Komputer PC.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Cek Status Aktivasi Windows 10 di Laptop

1. Cek Melalui Program Run

cara cek Windows 10 ori atau tidak yang pertama adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi bawaan Windows, yaitu program Run. Cara ini sangat mudah karena anda hanya perlu mengetikkan kode dan sudah bisa langsung mengetahui apakah Windows 10 original atau tidak. Untuk melakukan pengecekan menggunakan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka program Run dengan cara tekan tombol Windows + R di Keyboard.
  2. Setelah terbuka jendela Run, silahkan ketikkan slmgr.vbs /dli, kemudian klik Ok.
    cara cek windows ori atau tidak
  3. Setelah itu akan terbuka jendela Windows Script Host yang menampilkan beberapa informasi, silahkan perhatikan baris Description.
  4. Jika yang tertulis adalah Volume_KMSclient, artinya Windows 10 anda diaktivasi menggunakan tool aktivator, sehingga tidak original.
    cara mengetahui windows ori atau tidak
  5. Tapi, jika yang tertulis adalah Retail atau OEM, itu artinya Windows 10 anda ori dan bukan bajakan.
    cara mengecek windows ori atau tidak
  6. Setelah mengetahuinya, maka silahkan tutup jendela Windows Script Host tersebut.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka seharusnya sekarang anda sudah tahu Windows 10 di Laptop yang digunakan ori atau tidak.

2. Cek Melalui CMD

Cara mengetahui Windows 10 original atau bukan yang selanjutnya adalah dengan melihat melalui CMD atau Command Prompt. Tentu anda sudah tahu bahwa CMD merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa melakukan banyak hal, termasuk untuk mengecek Windows 10 asli atau bajakan. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan anda membuka CMD sebagai admin (Run as administrator).
  2. Selanjutnya, pada jendela CMD yang terbuka, silahkan ketikkan slmgr /dli kemudian tekan Enter di Keyboard.
    cara cek windows 10 original atau tidak
  3. Setelah itu akan terbuka jendela Windows Script Host dan menampilkan info masa aktif Windows 10 anda.
  4. Jika yang tertulis adalah Volume activation will expire disertai tanggal, artinya Windows 10 anda diaktivasi menggunakan aktivator dan tidak ori.
    cara mengetahui windows 10 original atau tidak
  5. Tapi, jika yang tertulis adalah The machine is permanently activated, artinya Windows 10 anda adalah asli dan bukan bajakan.
    cara melihat windows 10 original atau tidak
  6. Setelah mengetahuinya, maka anda sudah bisa menutup jendela Windows Script Host tersebut.
Baca Juga : 13+ Tips dan Trik Menggunakan File Explorer di Windows 10

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka anda sudah bisa mengetahui Windows 10 ori atau bukan dengan melihat masa aktifnya, apakah permanen atau tidak. Jika tidak permanen, artinya Windows 10 anda diaktivasi menggunakan tool aktivator. Hal ini karena secara umum Windows 10 yang diaktivasi menggunakan aktivator hanya akan aktif selama 180 hari atau 6 bulan.

3. Cek Melalui Windows Settings

Cara mengecek Windows 10 ori atau tidak yang selanjutnya adalah melalui aplikasi Settings. Biasanya aplikasi Settings ini digunakan untuk mengubah pengaturan atau melakukan konfigurasi Windows, tapi bisa juga untuk melihat informasi tertentu. Untuk melakukan pengecekan dengan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda membuka aplikasi Settings di Laptop Windows yang digunakan.
  2. Pada jendela Settings, silahkan buka menu Update & Security.
    cara mengetahui windows 10 asli atau bukan
  3. Kemudian, pada halaman selanjutnya silahkan klik Activation yang ada di sebelah kiri.
  4. Setelah itu silahkan anda perhatikan bagian Activation yang terbuka.
  5. Jika yang tertulis adalah Windows is activated using your organisation’s activation service, artinya Windows anda tidak ori.
    cara cek windows 10 ori atau bukan
  6. Tapi, jika yang tertulis adalah Windows is activated with a digital license atau yang lainnya, artinya Windows 10 anda original.
    bagaimana cara cek windows 10 asli
  7. Setelah mengetahuinya, maka sekarang anda sudah bisa menutup jendela Settings tersebut.

Dengan demikian, anda sekarang sudah mengetahui Windows 10 yang terdapat di Laptop asli atau bajakan, hanya dengan mengeceknya melalui Settings.

Penutup

Demikian beberapa cara cek Windows 10 ori atau tidak yang bisa anda lakukan jika ingin mengetahui Windows yang digunakan asli atau bajakan. Anda bisa melakukan salah satu cara di atas jika bukan anda sendiri yang melakukan aktivasi. Terutama, jika saat anda membeli Laptop tersebut memang sudah ada Windows didalamnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda