Cara Menghilangkan Teks Icon Taskbar di Windows 10,8,7

155

Cara menghilangkan teks atau label icon di taskbar Windows

Salah satu fungsi taskbar adalah menampilkan icon aplikasi yang sedang anda jalankan. Keberadaan taskbar tersebut akan memudahkan anda mengelolah aplikasi yang sedang dijalankan. Secara default, taskbar akan menampilkan teks atau label di samping icon aplikasi yang sedang anda buka. Jika anda tidak suka dengan keberadaan teks atau tulisan di samping icon taskbar Windows, maka cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan teks tersebut.

Keberadaan teks atau label disamping icon aplikasi yang terdapat pada taskbar Windows memiliki tujuan untuk memberikan informasi terkait aplikasi tersebut. Biasanya, tulisan yang akan ditampilkan adalah nama aplikasi yang sedang terbuka. Tapi, jika anda membuka aplikasi yang memiliki tab, maka yang akan ditampilkan adalah judul tab yang sedang terbuka. Dan juga, setiap tab akan ditampilkan berbeda, sehingga menggunakan lebih banyak ruang pada taskbar jika anda membuka banyak tab di satu aplikasi.

Sebenarnya, teks atau tulisan tersebut tidak terlalu bermanfaat bagi beberapa orang. Icon-icon yang ditampilkan pada taskbar tentu sudah cukup familiar bagi pengguna, sehingga aplikasi yang sedang terbuka dapat diketahui hanya dengan melihat icon tersebut. Selain itu, keberadaan teks atau label icon di samping setiap icon aplikasi tentu akan menggunakan lebih banyak ruang di taskbar. Oleh karena itu, anda dapat menghilangkan teks atau tulisan pada taskbar Windows menggunakan cara berikut. (Baca juga: Cara Menyembunyikan Taskbar pada Laptop Windows)

Cara Menghilangkan Teks Icon Taskbar di Windows 10,8,7

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika pada taskbar ditampilkan label atau teks icon aplikasi, maka akan menggunakan banyak ruang di taskbar Windows. Apalagi jika anda sudah mengecilkan ukuran taskbar, maka sebaiknya menghilangkah teks icon di taskbar tersebut agar lebih minimalis.

Untuk menghilangkan teks atau label icon aplikasi di taskbar Windows, cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Anda tidak memerlukan software atau aplikasi khusus, karena sudah tersedia pada pengaturan bawaan Windows. Hanya saja, pengaturan pada Windows 7 atau Windows 8/8.1 dan Windows 10 sedikit berbeda.

Cara Menghilangkan Teks Icon Aplikasi di Taskbar Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka cara menghilangkan label icon aplikasi dapat dilakukan melalui Control Panel. Tapi, agar lebih mudah dan cepat, maka anda dapat menggunakan jalan pintas, seperti pada langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Properties untuk membuka pengaturan taskbar.

Properties taskbar Windows 7 dan Windows 8

Selanjutnya, pada jendela Taskbar and Navigation properties yang muncul, silahkan klik opsi pada bagian Taskbar buttons. Kemudian, silahkan anda pilih opsi Always combine, hide labels. Setelah itu, silahkan klik Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.

Menyembunyikan tulisan icon di taskbar Windows 7 dan Windows 8/8.1

Setelah anda melakukan perubahan tersebut, maka teks atau label icon aplikasi yang terbuka tidak akan tampil lagi di taskbar. Selain itu, setiap tab dari aplikasi yang sama akan disatukan dan hanya akan muncul semua saat disorot kursor.

Cara Menghilangkan Teks Icon Aplikasi di Taskbar Windows 10

Jika anda menggunakan Windows 10, maka cara untuk menghilangkan teks atau label icon aplikasi di taskbar dapat dilakukan melalui Settings. Tapi, anda juga dapat menggunakan cara pintas seperti berikut ini.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 10 yang anda gunakan, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik Taskbar settings.

Pengaturan taskbar Windows 10

Selanjutnya, pada jendela Settings yang muncul, silahkan klik opsi pada bagian Combine taskbar buttons. Silahkan anda pilih opsi Always hide labels untuk menghilangkan tulisan di samping icon aplikasi pada taskbar Windows 10.

Cara menghilangkan teks icon di taskbar Windows 10

Setelah itu, maka teks atau label icon aplikasi di taskbar Windows 10 anda akan hilang. Selain itu, setiap tab dari aplikasi yang sama akan disatukan dan hanya muncul semua saat diarahkan kursor.

Itulah cara mudah untuk menghilangkan teks atau label icon aplikasi pada taskbar Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda tidak suka dengan keberadaan tulisan di samping icon aplikasi pada taskbar, maka silahkan singkirkan dengan cara diatas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here