15 Fitur Baru Windows 10 October 2018 Update

1385

Daftar fitur baru Windows 10 October 2018 Update

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Microsoft akan merilis update mayor Windows 10 setiap dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Pada bulan Oktober tahun 2018, seperti janjinya pihak Microsoft meluncurkan update mayor Windows 10 ke publik yang diberi nama Windows 10 October 2018 Update. Windows 10 Redstone 4 ini hadir dan menjadi Windows 10 versi 1809 yang secara otomatis menggantikan Windows 10 versi 1803.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan jika ingin menggunakan Windows 10 versi terbaru ini. Cara pertama yang seperti biasanya adalah dimana anda dapat melakukan update dari Windows 1803, entah itu melalui Windows Update atau menggunakan file ISO Windows 10 1809. Sementara cara lainnya yang dapat anda tempuh adalah dengan melakukan install ulang dan memasang Windows 10 October 2018 Update. Namun, tentu saja yang akan menjadi pertimbangan penting sebelum anda memutuskan untuk menginstall pembaharuan sebuah program apalagi sistem operasi adalah terkait apa saja yang baru pada update mayor tersebut.

Daftar Fitur Baru Windows 10 October 2018 Update

Bagian yang paling menarik dari sebuah peluncuran update mayor adalah mengenai apa saja yang baru pada update tersebut. Terlebih lagi OS sejuta ummat ini dikabarkan akan membawa perubahan yang lumayan banyak. Jika anda merupakan salah satu pengguna setia Windows 10 yang penasaran mengenai fitur baru apa saja yang dibawa Windows 10 October 2018 Update, silahkan simak ulasan berikut.

1. Dark Mode File Explorer

Jika pada versi Windows 10 sebelumnya telah hadir fitur Dark Mode pada tema Windows 10 yang mencakup pada Settings, Microsoft Edge, Groove Music, Calculator, dan aplikasi bawaan Windows 10 lainnya. Namun, sangat disayangkan karena fitur Dark Mode tersebut belum tersedia pada File Explorer. Tentu saja ini bisa dikatakan sebagai salah satu kekurangan, padahal File Explorer merupakan tool Windows yang paling sering digunakan.

Pada Windows 10 October 2018 Update, pihak Microsoft melengkapi kekurangan tersebut dengan menambahkan fitur Dark Mode pada File Explorer. Kehadiran Dark Mode pada Windows 10 October 2018 Update ini tentu melengkapi experience Dark Mode di Windows 10. Selain itu, bagi anda yang senang menggunakan mode gelap dan bekerja pada malam hari, maka ini bisa menjadi salah satu fitur unggulan yang pasti akan sangat disenangi. Anda bisa melakukan pengolahan file dan melakukan eksekusi file melalui context menu (klik kanan pada mouse) dengan tampilan background gelap dengan tulisan terang.

Fitur Dark Mode File Explorer pada Windows 10 October 2018 Update

2. Clipboard History

Fitur baru selanjutnya yang dibawa Windows 10 October 2018 Update adalah ditambahkannya Clipboard History. Jika anda melakukan perintah Copy atau Cut, maka data tersebut akan tersimpan di Clipboard. Selama ini, jika anda melakukan Copy atau Cut, maka hanya data terakhir yang dapat anda Paste. Dengan kehadiran fitur Clipboard History ini maka hukum tersebut tidak berlaku lagi.

Fitur Clipboard History memungkinkan anda melihat semua data baik berupa teks atau file yang pernah anda Copy atau Cut. Tidak hanya sebatas melihat saja, anda juga dengan bebas bisa memilih yang mana yang hendak di Paste. Jadi, anda bisa melakukan Copy teks secara berurutan kemudian melakukan Paste dengan urutan yang sesuai kehendak.

Clipboard History pada Windows 10 October 2018 Update

Tidak hanya itu saja, jika anda memiliki perangkat yang saling terhubung menggunakan akun Microsoft, maka anda bisa Paste data dari satu perangkat di perangkat lainnya. Caranya sangat mudah, anda hanya cukup tekan Windows + V untuk menampilkan jendela Clipboard History dan akan muncul semua daftar yang telah anda Copy atau Cut.

3. Snip & Sketch

Fitur baru Windows 10 October 2018 Update selanjutnya adalah Snip & Sketch. Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan anda melakukan editing atau mencoret-coret hasil Screenshot yang baru saja diambil. Aktifitas yang dapat anda lakukan mulai dari Cropping, Memberi tanda, Mencoret-coret, bahkan anda juga dapat menggambar menggunakan mistar dan busur.

Fitur Snip and Sketch pada Windows 10 October 2018 Update

Cara menggunakan fitur ini pun sangat mudah, anda hanya perlu menekan Windows + Shift + S untuk melakukan Screenshoot. Setelah itu, silahkan klik gambar yang muncul pada Floating Window. Maka selanjutnya anda bisa mengedit dan membuat sketsa pada hasil Screenshoot tadi sesuai selera.

4. SMS dari Laptop

Pada Windows 10 October 2018 Update, anda bisa mengirim dan membaca SMS langsung dari Laptop. Pada versi Windows 10 ini memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi Windows 10 pada Laptop dengan Smartphone Android anda. Jadi, anda bisa langsung melihat SMS yang terdapat pada Smartphone Android anda dan juga membalasnya menggunakan Laptop.

Tidak hanya melihat dan mengirim SMS, anda juga dapat melihat foto-foto yang terdapat pada Smartphone anda. Jadi, setiap anda melakukan pengambilan foto baru menggunakan Smartphone, maka anda bisa langsung melihat foto tersebut melalui Laptop. Namun, agar dapat menggunakan fitur ini maka anda harus menginstall Microsoft Launcher atau aplikasi Your Phone Companion pada Smartphone Android. Kemudian, silahkan login menggunakan akun Microsoft yang digunakan pada Laptop.

5. Swiftkey

Fitur baru selanjutnya adalah ditambahkannya Swiftkey pada Windows 10. Tapi, tentu saja fitur ini akan berguna jika anda menggunakan Windows 10 pada perangkat Tablet atau menggunakan Windows 10 Tablet Mode. Jadi Touch Keyboard pada Windows 10 October 2018 Update sudah menggunakan Swiftkey yang sebenarnya telah dibeli oleh Microsoft sejak tahun 2016 lalu. Dengan keberadaan Swiftkey ini anda bisa mengetik dengan swipe typing di Windows, sayangnya untuk Text Suggestion dan autocorrect masih belum support Indonesia. Jadi saat ini masih terbatas pada bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis, dan Rusia.

6. Search Preview

Fitur baru Windows 10 October 2018 Update selanjutnya adalah tampilan Windows Search yang dirombak dengan menambahkan previews. Jadi, jika anda mengetikkan keyword tertentu maka akan ditampilkan preview dari hasil pencarian yang anda pilih. Misalnya, jika anda mengetikkan sebuah judul lagu, maka akan ditampilkan judul lagu tersebut secara lengkap, lokasi file dan informasi lainnya. Selain itu, jika anda mencari aplikasi, maka akan ditampilkan juga beberapa aksi yang bisa anda gunakan.

Fitur Search Preview pada Windows 10 October 2018 Update

7. Pembaharuan Microsoft Edge

Fitur baru selanjutnya adalah adanya perubahan yang diberikan pada Microsoft Edge. Diantara perubahan-perubahan tersebut adalah adanya shadow yang membuat efek depth tampilan menjadi lebih terasa. Kemudian semua pengaturan pada Microsoft Edge dikelompokkan dalam kategori yang tentu saja memudahkan pengguna menemukan pengaturan yang dicari. Tidak hanya itu, anda juga kini bisa mengatur autoplay media untuk mengatur apakah sebuah video akan diputar otomatis atau tidak.

Ketika anda membaca PDF menggunakan Browser Edge, maka anda kini bisa menambahkan notes dan anotasi. Ini tentu saja akan menarik jika anda ingin menambahkan catatan-catatan tertentu saat membaca sebuah ebook. Kemudian, jika anda membuka reading view, saat ini tersedia Learning Tools dengan Text Options yang bisa diatur tampilan dan warnanya seperti apa. Lalu ada juga Line Focus, untuk membuat teks fokus di satu, tiga, atau lima baris saja sesuai pengaturan.

7. Pembaharuan pada Notepad

Fitur selanjutnya adalah ditambahkannya sentuhan baru pada salah satu tool yang selama ini dianggap kaku sehingga jarang digunakan, yaitu Notepad. Perubahan tersebut diantaranya ditambahkannya Line Breaks dari Linux atau Mac. Sehingga, jika anda membuka file yang berasal dari Linux atau Mac menggunakan Notepad, maka tidak akan berantakan lagi seperti pada versi sebelumnya.

Perubahan selanjutnya adalah dimana anda dapat melakukan pencarian Bing dengan keyword dari teks Notepad. Caranya cukup blok teks yang akan dicari kemudian klik kanan dan pilih Search with Bing. Maka browser akan terbuka dan langsung menampilkan hasil pencarian anda. Tidak hanya itu, anda juga kini bisa melakukan Zoom pada Notepad yang ditandai dengan adanya submenu Zoom pada menu View. Dan masih banyak lagi perubahan lainnya dari Notepad yang dapat anda telusuri.

8. Power Usage pada Task Manager

Fitur baru Windows 10 October 2018 Update yang selanjutnya adalah ditambahkannya informasi terkait Power Usage pada Task Manager. Tidak hanya Power Usage saja, Power Usage Trend juga ikut ditambahkan untuk mempermudah anda memonitor penggunaan daya pada Windows 10. Keduanya bisa anda gunakan untuk memonitor aplikasi mana saja yang menggunakan daya tinggi hingga rendah. Dengan demikian, anda dapat melihat daftar aplikasi yang membuat baterai Laptop cepat habis.

Fitur Power Usage pada Windows 10 October 2018 Update

9. Pengaturan Font Size

Fitur baru yang tidak kalah menarik adalah dimana anda dapat mengatur ukuran font pada semua bagian Windows melalui satu pengaturan. Anda bisa dengan sangat mudah mengatur ukuran teks melalui Settings > Ease of Access > Display. Pada bagian tersebut, silahkan geser slider untuk mengatur ukuran teks sesuai keinginan anda.

10. Autocomplete pada Regedit

Fitur baru yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang senang mengutak-atik Windows. Pada Windows 10 October 2018 Update telah ditambahkan fitur Autocomplete pada Regedit. Registry Editor yang sudah ditambahkan fitur Autocomplete akan memudahkan anda untuk menemukan string registry yang dicari.

11. Support HDR

Fitur baru selanjutnya adalah adanya dukungan HDR pada Laptop yang menggunakan Windows 10 versi terbaru ini. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat jika anda senang menggunakan layar monitor dengan resolusi besar, misalnya saja 4K dengan dukungan HDR. Windows 10 October 2018 Update kini punya opsi khusus untuk melakukan pengaturan HDR di Settings > Display > Windows HD Color. Pada pengaturan ini akan ditampilkan layar yang anda gunakan support HDR untuk apa saja, mulai dari video stream, game, aplikasi, dll.

12. Windows Security

Perubahan lain yang hadir pada Windows 10 October 2018 Update adalah adanya pergantian nama Windows Defender menjadi Windows Security. Antivirus bawaan Windows ini juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru. Misalnya saja fitur anti ransomware yaitu Controlled Folder Access yang dengan mudah anda bisa atur aplikasi apa saja yang punya akses ke folder tersebut. Tentu saja ini akan memudahkan anda melindungi data dari ransomware dan tetap mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengaksesnya.

Windows Security pada Windows 10 October 2018 Update

13. Focus Assist Otomatis

Fitur selanjutnya adalah perubahan pada Focus Assist Windows 10 yang merupakan sebutan lain dari fitur Do Not Distrub. Fitur ini pada dasarnya dibuat agar anda tidak diganggu oleh notifikasi ketika melakukan aktifitas tertentu. Pada Windows 10 October 2018 Update, Focus Assist akan aktif secara otomatis ketika anda memainkan game dengan layar fullscreen. Artinya, anda tidak perlu mengaturnya secara manual dan tetap tidak terganggu oleh notifikasi selama bermain game.

14. Emoji Baru

Adanya Emoji Baru merupakan fitur selanjutnya pada Windows 10 October 2018 Update. Pada versi Windows 10 ini sudah disertakan 157 emoji dari Unicode 11, dan beberapa diantaranya merupakan emoji baru yang tidak tersedia pada Windows 10 versi sebelumnya. Anda cukup menekan Windows + titik untuk membuka panel emoji di Windows. Selanjutnya silahkan eksplorasi dan gunakan emoji baru yang ada, termasuk emoji superhero, teddy bear, dsb.

Tambahan Emoji baru pada Windows 10 October 2018 Update

15. Menu Linux Shell di File Explorer

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa pada Windows 10 anda dapat menginstall dan mengeksekusi bash Linux. Kini pada Windows 10 October 2018 Update, dari dalam File Explorer anda bisa langsung menjalankan Linux Shell. Caranya cukup tekan tahan Shift + klik kanan, maka akan muncul opsi Open Linux Shell Here, dan bash Linux akanterbuka di folder tersebut.

Itulah 15 daftar fitur baru yang tersedia pada Windows 10 October 2018 Update. Bagi anda yang sudah menginstall versi terbaru Windows 10 ini maka silahkan langsung coba sendiri. Sementara jika anda belum menggunakan Windows 10 October 2018 Update, maka daftar diatas dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan upgrade Windows.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here