5 Fitur Menarik Browser Microsoft Edge Chromium Windows 10

0
486

Fitur menarik microsoft edge chromium

Microsoft kini sudah memiliki browser baru pengganti Microsoft Edge yang ditanamkan pada Windows 10, yaitu Edge Chromium. Seperti pada namanya, Microsoft Edge Chromium merupakan browser yang berbasis chromium, sehingga memiliki kemiripan dengan Google Chrome. Artinya, terdapat beberapa fitur penting dan menarik Microsoft Edge Chromium yang sama dengan fitur yang dimiliki oleh Google Chrome.

Tentu saja anda dapat menggunakan browser ini jika merasa tidak ingin repot menginstall browser lain dan ingin menggunakan bawaan Windows 10. Microsoft Edge sebelumnya memang masih kurang diminati karena minim fitur. Jadi, dengan kombinasi Microsoft Edge dan Chromium, maka tentu fitur yang dihadirkan akan menjadi lebih beragam.

Saat ingin menggunakan sebuah browser, maka tentu saja yang paling penting untuk dijadikan pertimbangan adalah fitur dari browser tersebut. Selain sebagai browser bawaan Windows 10, Microsoft Edge Chromium juga sudah dibekali dengan beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Chrome. Jadi, setelah anda mengupdate Microsoft Edge menjadi Edge Chromium, maka anda sudah dapat menikmati beberapa fitur unggulan Chrome pada browser tersebut. Tentu saja tidak semuanya sama, dan juga terdapat fitur lain yang tidak dimiliki oleh browser lain seperti Google Chrome.

Fitur Menarik Browser Microsoft Edge Chromium

Microsoft Edge Chromium merupakan hasil kerjasama antara Microsoft dan Google. Ada banyak fitur yang disediakan pada browser baru ini, seperti pada penjelasan berikut ini.

1. Tampilan Lebih Menarik

Salah satu bagian penting yang paling pertama diperhatikan dari sebuah perangkat lunak adalah tampilan. Melalui tampilan, pengguna dapat tertarik dan merasa nyaman menggunakan software tersebut, termasuk pada penggunaan browser.

Tampilan User Interface browser Edge Chromium terlihat bersih, elegan dan sederahana. Tampilan ini akan membuat anda merasa nyaman untuk internetan dalam waktu yang lama. Tentu saja salah satu alasannya adalah karena tampilan yang memberikan daya pandang lebih luas serta tombol dan fungsi penting yang mudah dijangkau. Misalnya saja peletakan tombol navigasi di sebelah kiri, address bar di tengah, dan menu lainnya dapat anda akses pada bagian sebelah kanan. Jadi, semuanya tersedia pada satu baris yang akan menghemat tempat sehingga ruang untuk menampilkan halaman website menjadi lebih luas.

Tampilan UI edge chromium

2. Profil dan Sinkronisasi

Fitur menarik lainnya adalah keberadaan profil dan fitur sinkronisasi. Jika anda pengguna Google Chrome, maka tentu fitur ini sudah menjadi hal yang biasa. Fitur ini memungkinkan anda untuk login ke akun Microsoft dan melakukan sinkronisasi sehingga semua informasi seperti riwayat penelusuran, halaman website yang sering dibuka, dan informasi lainnya akan tersimpan.

Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan rekomendasi saat melakukan aktivitas yang sama di kemudian hari. Atau, jika anda menggunakan Edge Chromium di perangkat lain, maka semua riwayat tersebut akan langsung terhubung pada perangkat yang baru tersebut.

3. Perlindungan Pelacakan

Fitur menarik lainnya dari browser Microsoft Edge Chromium adalah dari segi keamanan, yaitu berupa perlindungan pelacakan. Fitur ini akan membuat aktivitas browsing anda tidak terlacak oleh pihak manapun.

Jadi, anda tetap dapat bersembunyi di internet meskipun sedang melakukan penelusuran. Artinya, fitur ini akan mencegah vendor atau pihak lain untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas browsing anda, seperti halaman website yang sering diakses, apa yang membuat anda tertarik, dan lainnya. Pengaturan ini memiliki tiga tingkatan yang dapat anda pilih, yaitu Basic, Balanced, dan Strict.

Perlindungan pelacakan edge

4. Dapat Memasang Ekstensi Google Chrome

Fitur ini bisa dikatakan yang paling menarik diantara semuanya. Mengingat bahwa salah satu faktor Microsoft Edge sebelumnya kurang dimintai karena kurangnya ekstensi atau add-on.

Microsoft Edge memang memiliki tempat sendiri yang menampung semua add-on yang dapat anda tambahkan. Tapi, pada Edge Chromium ini anda juga sudah dapat menambahkan ekstensi Google Chrome pada Edge Chromium, seperti ekstensi IDM dan lainnya. Jadi, browser tersebut dapat menjadi lebih powerfull karena dapat dikombinasikan dengan setiap ekstensi Chrome yang anda butuhkan.

Menambahkan ekstensi chrome di edge

5. Dark Mode

Microsoft Edge Chromium juga sudah dilengkapi dengan fitur dark mode yang dapat anda aktifkan kapan saja. Jadi, jika anda biasanya internetan di malam hari, maka silahkan gunakan mode gelap tersebut. Ditambah lagi jika anda sudah menggunakan dark mode pada Windows 10 yang terinstall di Laptop.

Dark mode microsoft edge chromium

Itulah beberapa fitur menarik yang terdapat pada Microsoft Edge Chromium. Tentu saja masih banyak fitur lain yang dapat anda rasakan sendiri saat menggunakannya. Jadi, jika ingin menggunakan browser bawaan Windows 10, maka silahkan coba gunakan Microsoft Edge Chromium ini.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda