Cara Update Microsoft Edge ke Versi Chromium di Windows 10

|Diupdate 10 Maret 2020
2
1021

Cara update Microsoft Edge ke versi Chromium

Microsoft Edge merupakan browser bawaan yang ditanamkan Microsoft pada Windows 10. Browser ini pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Internet Explorer yang terdapat pada Windows 7 dan Windows 8. Tapi, karena pengguna kurang tertarik dengan keberadaan Microsoft Edge tersebut, sehingga pengguna internet masih lebih memilih menggunakan browser Google Chrome sebagai salah satu browser terbaik. Akhirnya, Microsoft melakukan perombakan dengan mengubah basisnya menjadi Chromium. Tapi, jika anda ingin menggunakan Microsoft Edge versi Chromium, maka satu-satunya cara adalah dengan melakukan update secara manual.

Bagi anda yang belum tahu, Chromium merupakan browser open source yang memiliki banyak kemiripan dengan Google Chrome. Meskipun demikian, tetap saja ada beberapa perbedaan antara Chromium dan Google Chrome. Dengan adanya Microsoft Edge versi Chromium, maka setidaknya beberapa fitur yang terdapat pada browser Google Chrome dapat digunakan pada Microsoft Edge tersebut. Misalnya saja, anda dapat menggunakan ekstensi yang terdapat pada Google Chrome pada browser Microsoft Edge.

Tidak hanya itu saja, beberapa fitur menarik lainnya yang terdapat pada browser Microsoft Edge versi Chromium diantaranya tampilan UI yang lebih baru, perlindungan pelacakan, dan lainnya. Jadi, jika anda terbiasa menggunakan browser Google Chrome saat berselancar di Internet, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Microsoft Edge basis Chromium tersebut. Karena browser tersebut merupakan bawaan Windows 10, sehingga kemungkinan akan terus diupayakan agar lebih ringan saat digunakan.

Cara Update Microsoft Edge ke Versi Chromium di Windows 10

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda ingin update Microsoft Edge ke versi Chromium, maka hal ini tidak dapat berjalan secara otomatis. Anda tidak dapat melakukannya hanya dengan melakukan cek update pada browser Microsoft Edge layaknya saat melakukan update software.

Untuk melakukan proses update tersebut, maka anda perlu mengunduh dan memasang paket Chromium di Laptop Windows 10 yang digunakan. Setelah itu, maka browser Microsoft Edge yang anda gunakan akan berubah menjadi versi Chromium. Cara melakukannya sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload Microsoft Edge versi Chromium. Silahkan buka situs download resmi untuk mendownload paket software tersebut. Kemudian, pada halaman situs tersebut, silahkan klik Download untuk mengunduh paket pembaharuan Microsoft Edge Chromium.

Cara install Microsoft Edge Chromium

Setelah itu, silahkan jalankan file MicrosoftEdgeSetup yang sudah anda downlaod sebelumnya. Pastikan pada jendela User Account Control anda klik Yes agar proses install dijalankan sebagai Administrator. Setelah itu anda hanya perlu menunggu hingga proses install browser Microsoft Edge versi Chromium selesai.

Pemasangan Microsoft Edge Chromium

Setelah proses install selesai, maka software Microsoft Edge Chromium akan terbuka secara otomatis dan sudah dapat langsung digunakan. Silahkan gunakan browser tersebut untuk berselancar di internet dengan nyaman.

browser Edge terbaru

Itulah cara mudah melakukan update browser Microsoft Edge ke versi Chromium di Windows 10. Perlu diketahui bahwa karena Microsoft Edge hanya tersedia pada Windows 10, jadi anda hanya dapat melakukan cara ini pada Windows 10.

2 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda