Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

8
7362

Cara mengatasi pesan error error script host access is disabled on this machine. contact your administrator for details

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine. Windows Script Host atau WSH merupakan salah satu fitur bawaan yang terdapat pada Microsoft Windows. Fitur Windows Script Host memiliki fungsi untuk menjalankan script pada Komputer yang anda gunakan, seperti script Java atau script VB. Fitur WSH ini harus aktif pada sebuah komputer agar administrator mampu melakukan optimasi terhadap sejumlah proses di sistem Windows.

Contoh peranan WSH yang paling umum adalah pada optimasi jaringan drive dan koneksi printer ke Laptop atau Komputer Windows. Jika WSH tidak aktif, maka akan muncul error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine” pada saat anda menjalankan software atau program tertentu.

Ada beberapa kondisi yang membuat fitur Windows Script Host menjadi nonaktif. Penyebab yang paling sering membuat fitur WSH di Windows menjadi nonaktif adalah karena menginstall antivirus Smadav. Ketika anda menggunakan antivirus Smadav, maka Windows Script Host akan berubah statusnya menjadi nonaktif. Tujuannya mungkin agar virus maupun malware yang terbuat dalam bentuk script Java maupun VB tidak dapat berjalan pada Komputer atau Laptop yang menggunakan antivirus Smadav.

Mengatasi Error Windows Script Host Acces Disabled on This Machine

Ketika Windows Script Host dalam keadaan nonaktif, maka ada beberapa perintah yang tidak dapat anda lakukan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan aktivitas yang menjalankan script Java maupun VB.

Saat WSH dalam keadaan nonaktif, maka Laptop yang anda gunakan akan menampilkan error yang berisi pesan “script host run.vbs” atau biasa juga berisi pesan “error script host access is disabled on this machine”. Masalah ini bisa terjadi pada semua Windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10.

Baca Juga :
8 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

Masalah yang sangat sering terjadi akibat Windows Script Host nonaktif adalah ketika melakukan aktivasi Office atau aktivasi Windows menggunakan software aktivator. Pada kasus-kasus tersebut, akan muncul pesan error saat memulai proses aktivasi.

Ketika muncul pesan error seperti ini, maka tentu saja proses aktivasi Office maupun Windows tidak dapat anda lanjutkan. Oleh karena itu, anda harus mengatasi masalah error ini terlebih dahulu. Selain itu, jika ingin melanjutkan aktivasi pada Windows 10 atau Windows 8.1 menggunakan KMS, anda juga perlu mematikan Windows Defender untuk sementara waktu.

Mengatasi Masalah Windows Script Host yang Nonaktif karena Smadav

Jika menggunakan antivirus Smadav, maka sebenarnya anda bisa mengatasi masalah munculnya pesan error Windows Script Host Acces yang nonaktif dengan sangat mudah. Anda bisa mengatasi masalah ini dan menjalankan kembali script atau software yang terblock. Cara yang perlu anda lakukan adalah dengan meng-enable Windows Script Host di Smadav. Bagaimana cara enable Windows Script Host? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan klik pada icon segitiga kecil yang terdapat di pojok kanan taskbar Windows untuk menampilkan ikon-ikon program yang berjalan di background. Setelah itu, akan muncul beberapa ikon software yang berjalan di latar belakang, termasuk icon Smadav.

Silahkan klik kanan pada ikon Smadav yang muncul. Setelah itu, klik Allow Windows-Script & Office-Macro untuk meng-enable Windows Script Host. Anda bisa memilih opsi Permanent jika ingin Windows Script Host aktif selamanya. Atau bisa juga memilih Until Restart jika hanya ingin WSH aktif sampai Komputer atau Laptop mati. Jika anda memilih opsi kedua, maka WSH akan nonaktif lagi setelah Laptop atau Komputer Restart atau Shutdown.

Baca Juga :
Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit yang Harus Diketahui

Cara mengatasi Windows Host disabled menggunakan Smadav

Setelah itu, akan muncul jendela pemberitahuan bahwa Windows Scripting Host akan berubah menjadi Allow. Pada jendela ini silahkan klik Ok untuk memberi izin.

Enabled Windows Script Host menggunakan Smadav

Jika sudah selesai, maka anda bisa mencoba menjalankan kembali software atau script yang sebelumnya mendapat error. Jika sudah berhasil, maka anda tidak akan menemukan error lagi, termasuk ketika melakukan aktivasi menggunakan KMS aktivator.

Itulah solusi atau cara mengatasi pesan error “Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine” yang muncul karena ulah antivirus Smadav. Jadi, jika anda mengalami masalah ini dan ternyata pada komputer anda terinstall antivirus Smadav, maka solusi di atas akan mengatasinya.

8 KOMENTAR

    • Antivirus akan menganggap software aktivator sebagai ancaman, jadi perlu matikan antivirus terlebih dahulu agar aktivator dapat dijalankan. Tapi, setelah melakukan aktivasi wajib mengaktifkan antivirus kembali.

  1. saya ngeliat blog lu bagus dah konten IT semua. kalo jago bagi bagi ilmunya dong kaya jual buku gitu dah nanti gua beli

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda